Ini Dia 6 Kemampuan Dasar Untuk Cari Pekerjaan Sampingan Asisten Virtual

Ini Dia 6 Kemampuan Dasar Untuk Cari Pekerjaan Sampingan Asisten Virtual

Ini Dia 6 Kemampuan Dasar Untuk Cari Pekerjaan Sampingan Asisten Virtual

Kembali kami akan membahas mengenai cari pekerjaan sampingan asisten virtual. Kami memiliki ketertarikan mendalam untuk membahas pekerjaan sampingan satu ini dan mengarahkan Anda untuk cari pekerjaan sampingan model ini karena dari sisi penghasilan pekerjaan ini sangat menguntungkan dengan beban pekerjaan yang terbilang ringan, terutama untuk Anda yang sudah berpengalaman dengan pekerjaan sebagai asisten dan dunia sekretaris.

Karena sebenarnya semakin besar saja minat para pen cari pekerjaan sampingan untuk menggeluti dunia kerja online. Sayangnya kebanyakan orang masih berkutat pada pekerjaan yang itu-itu saja, seperti penulis online, bisnis online shop, programmer dan sebagainya. Padahal ada banyak pekerjaan sampingan lain yang bisa Anda jadikan pilihan di pasar tenaga kerja online dan tidak kalah menarik dan menjanjikan hasil besar untuk Anda.

Hanya saja sayangnya alternatif pekerjaan dunia online di pasar lokal memang tidak sebanyak bila Anda berburu di pasar global. Mungkin karena ketika Anda memasuki pasar pekerjaan online secara global, maka Anda akan bertemu dengan pekerjaan dari seluruh dunia, itu sebabnya ada demikian banyak penawaran kerja yang bisa Anda jajal.

Namun dengan demikian, untuk bisa mendapatkan pekerjaan, utamanya pekerjaan sebagai asisten virtual, Anda membutuhkan beberapa kemampuan dasar yang setidaknya menjadi modal dasar Adna dalam bertarung dalam persaingan kerja. Kemampuan dasar macam apa yang Anda perlukan untuk bisa bergelut dalam profesi sebagai asisten virtual dan cari pekerjaan sampingan ini di luar aktivitas utama Anda?

  1. Kemampuan berbahasa asing
    Bahasa Inggris sifatnya wajib untuk Anda kuasai dengan baik dan mendalam baik secara written dan oral. Karena mau tidak mau komunikasi Anda akan lebih banyak menggunakan bahasa Inggris dalam aktivitas kerja Anda. Bahkan mungkin 100% dari pekerjaan Anda. Bila Anda juga menguasai bahasa asing lain, ini bisa menjadi nilai tambah. Dan bila Anda beruntung justru kemampuan bahasa Indonesia Anda menjadi nilai tambah bagi Anda.
  2. Kemampuan olah data dan penulisan
    Banyak pekerjaan yang akan terkait dengan penyusunan data, penulisan no tulen dan catatan, penyusunan transkripsi, naskah, proposal dan masih banyak lagi Artinya Anda perlu cukup lihai dalam mengetik, data entry, olah data, menyusun file, bahkan beberapa tata baku penulisan seperti tata cara menulis laporan keuangan, laporan proyek atau proposal.
  3. Kemampuan officer atau sejenisnya.
    Anda mungkin secara umum cukup familier mengetik dalam MS word atau menyusun data dalam MS Excel. Tetapi Anda diharapkan lebih dari itu, Anda diharapkan mampu membuat proposal tampil lebih menarik dengan cover apik yang sesuai tema, membuat kartu ucapan virtual untuk klien dari klien Anda, membantu menghitungkan rencana keuangan proyek dengan berbagai rumus dan mungkin saja menyusun bahan presentasi untuk klien Anda. Untuk memenuhi kebutuhan ini Anda setidaknya harus mampu menyediakan sebuah MS office terbaru yang Anda kuasai dengan baik.
  4. Kemampuan Organizer
    Anda akan sangat banyak berurusan dengan pengaturan jadwal, perencanaan acara dan pemrograman acara. Kadang Anda diminta untuk membantu klien mengatur jadwal mereka dan membantu merencanakan aktivitas mereka bahkan mungkin pertemuan yang akan mereka jalankan. Dan satu lagi kemampuan ini juga perlu Anda miliki kalau Anda memiliki lebih dari satu klien.
  5. Dasar-dasar internet
    Anda harus setidaknya familier dalam menggunakan skypee, email, media sosial dan berbagai media komunikasi internet lain. Jangan lupa kadang Anda juga diminta terlibat dalam sebuah blog, dan mungkin membantu mereka menjawab keluhan dan komentar dalam blog. Kadang Anda harus mengerjakan proyek yang melibatkan Anda dengan klien Anda sekaligus dan itu memerlukan media penyimpanan khusus dalam cloud macam drop box dan sejenisnya.
  6. Kemampuan komunikasi
    Anda tidak hanya diharapkan baik dalam menggunakan bahasa Inggris juga mungkin bahasa asing lain. Tetapi Anda juga diharapkan mampu menggunakannya untuk membangun komunikasi yang baik, antara Anda dengan klien Anda dan kadang juga antara Anda dengan klien dan relasi dari klien Anda. Pekerjaan Anda tidak hanya mempertemukan Anda dengan klie Anda di dunia online, tetapi juga dengan klien dari klien Anda juga dengan relasi, partner dan supplier. Anda juga harus berkomunikasi dengan mereka secara tulisan mungkin via email atau melalui messanger, atau bahkan melalui line skypee dan telepon.

Apa kira-kira Anda merasa memiliki sederet syarat kemampuan di atas? Kalau Anda merasa Anda cukup memenuhi syarat, tidak ada salahnya mencoba cari pekerjaan sampingan sebagai asisten virtual yang menjanjikan hasil besar ini. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.timemanagementninja.com

Tag:

cara menjadi asisten online shop com, cari sampingan dipasar, menjadi asisten virtual, menjadi asisten virtual online, pekerjaan tentang virtual, tips menjadi asisten online yg menarik
Ini Dia 6 Kemampuan Dasar Untuk Cari Pekerjaan Sampingan Asisten Virtual | Hari Murti | 4.5

Komentar :