Ini Dia 5 Persiapan Menjalankan Bisnis Modal Dengkul Dalam Dunia Fotografi

Ini Dia 5 Persiapan Menjanlankan Bisnis Modal Dengkul Dalam Dunia Fotografi

Ini Dia 5 Persiapan Menjanlankan Bisnis Modal Dengkul Dalam Dunia Fotografi

Anda penggemar fotografi, dan satu-satunya modal yang Anda punya adalah hobi Anda dan seperangkat sederhana kamera yang tidak terlalu lengkap. Adakah kemungkinan memulai bisnis modal dengkul hanya dengan kondisi yang demikian minim?

Kenapa tidak,

Ada banyak cara untuk bisa memulai sebuah peluang bisnis modal dengkul di dunia fotografi. Yang Anda perlukan adalah keyakinan dan niat, tentu saja dengan beberapa siasat yang akan membuat modal serba minim Anda bisa teratasi.

Pasalnya, modal utama dari seorang fotografer sebenarnya adalah kemampuan dan bakat. Anda perlu memiliki insting dan kemampuan menemukan angle yang baik dalam fotografi memadukan kemajuan teknologi kamera dengan keindahan untuk menghasilkan foto bernilai. Bahkan untuk itu, tidak mutlak Anda membutuhkan kamera dengan harga super mahal dan teknologi supercanggih, kamera DSLR sederhana saja kadang cukup mumpuni menghasilkan foto memikat.

Hasil foto bukan bergantung pada kamera dan aksesoris apa yang Anda gunakan, meski kamera berkualitas jelas akan membantu Anda lebih jauh enghasilkan foto yang memikat. Tetapi kemampuan Anda menemukan sudut terbaik, pencahayaan terbaik, efek terbaik yang terpadu cantik dalam foto yang Anda hasilkan.

Lalu bagaimana dengan bisnis modal dengkul ini Anda bisa memulai bisnis fotografi?

  1. Buat portofolio
    Ajak teman atau saudara Anda menjadi model untuk pembuatan portofolio untuk jasa fotografi yang akan Anda rintis. Setidaknya Anda membutuhkan portofolio untuk memasarkan jasa Anda, untuk menunjukan ke calon konsumen sejauh mana kualitas foto yang Anda hasilkan. Dengan menggunakan jasa rekan atau saudara Anda tidak perlu menyewa model.

    Buat dalam beragam tema untuk menunjukan kemampuan Anda dalam menghantarkan beragam tema dan konsep dalam pemotretan. Anda juga perlu meminta “model” Anda memilih tema dan konsep yang mereka inginkan untuk melatih kemampuan Anda mewujudkan konsep dari klien.
  2. Pinjam kamera dan aksesorisnya pada persewaan
    kalau memang Anda tidak memiliki peralata fotografi lengkap, jangan terburu-buru membeli apalagi kalau modal Anda terbatas Coba untuk menemukan persewaan kamera dan aksesoris ketika Anda membutuhkannya. Cara ini untuk jangka pendek akan lebih efektif daripada menanamkan banyak dana pada pembelian aksesoris yang memakan biaya besar. Anda lebih baik membeli secara bertahap ketika sudah mulai menerima pesanan secara kontinyu dengan skala prioritas.
  3. Ikuti beragam lomba foto
    Lomba foto memberi Anda banyak manfaat, terutama untuk Anda para pemain baru dunia fotografi. Lomba bisa menjadi sarana mengasah kemampuan, mengasah ketajaman dan insting dan tentu saja menambah koleksi portofolio Anda. Selain itu dengan mengikuti perlombaan Anda dapat menunjukan eksistensi Anda di dunia pergaulan fotografi. Dan dari sanalah Anda dengan lebih mudah dikenal oleh sesama fotografer dan tentu saja akhirnya dikenal konsumen.
  4. Buka blog promosi
    Muat semua hasil foto Anda dalam blog. Blog ini akan menjadi portofolio virtual Anda yang akan membantu Anda memperkenalkan karya Anda ke pasar dan menjadi media pemasaran Anda. Buat blog Anda simpel, hanya memuat koleksi foto Anda,buat pengelompokan untuk membuatnya lebih terorganisir, sertakan halaman penawaran untuk jasa yang Anda tawarkan ke pasar. Template blog fotografi memang sebaiknya sederhana karena akan membuat foto tampil lebih terlihat, jangan sampai foto yang Anda pasang pada blog terbanting oleh template yang terlalu heboh. Untuk Anda yang bermodal terbatas, tidak harus membuat blog berbayar untuk sementara, melainkan menggunakan blog free.
  5. Kaitkan blog dengan media sosial
    Instagram, facebook dan pinterest adalah media sosial yang sangat cocok untuk Anda yang ingin menjual jasa fotografi Anda via online. Sosial media ini mudah dipromosikan, disebarluaskan dan dibagikan sampai Anda juga dengan mudah membuat foto-foto yang Anda muat bisa lebih mudah populer di pengguna internet. Dari sinilah Anda bisa menjual kemampuan Anda, ketika pengguna internet melihat hasil foto karya Anda dan tertarik dengan jasa Anda. Dari media sosial ini kaitkan dengan blog promosi Anda sehingga Anda bisa meningkatkan interaksi pengunjung media sosial Anda dengan blog dan sebaliknya.

Dengan langkah-lamgkah di atas, Anda bisa memulai usaha fotografi hanya dengan modal super terbatas. Tinggal Anda terus meningkatkan ketekunan Anda, maka bukan mustahil Anda sukses dengan bisnis modal dengkul yang Anda rintis ini.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha modal dengkul, bisnis modal dengkul, cara bisnis kamera, bisnis jual beli aksesoris kamera, bisnis dengan camera, bisnis dengan slr, bisnis dunia fotografi, usahadgn camera, bisnis fotografi rumahan, bisnis fotografi tanpa modal
Ini Dia 5 Persiapan Menjalankan Bisnis Modal Dengkul Dalam Dunia Fotografi | Hari Murti | 4.5

Komentar :