Ini Dia 5 Macam Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Jurusan Sastra

Ini Dia 5 Macam Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Jurusan Sastra

Ini Dia 5 Macam Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Jurusan Sastra

Tidak sulit sebenarnya mencari pekerjaan sampingan untuk mahasiswa, tetapi tidak banyak yang bisa memberikan penghasilan yang cukup besar. Anda perlu menemukan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa denga lebih spesifik untuk bisa menemukan pekerjaan yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi di pasaran.

Salah satu caranya adalah mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan kemampuan atau latar belakang pendidikan Anda. Karena dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Anda, maka anda sudah memiliki modal yang memadai untuk bekerja dalam dunia semi professional yang tentu saja akan memberi Anda hasil yang lebih baik.

Di sisi lain para penyedia pekerjaan akan lebih percaya pada mereka yang memiliki latar belakang sesuai dengan kebutuhan mereka, meski Anda belum benar-benar merampungkan pendidikan Anda. Peluang Anda akan lebih besar ketika Anda memfokuskan diri pada pekerjaan sampingan yang sesuai dengan pendidikan Anda.

Dan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai beberapa pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa dengan latar belakang jurusan sastra. Mahasiswa sastra yang secara otomatis akan memiliki kemampuan lebih baik dalam berbahasa asing atau bahasa daerah, akan memberi Anda beberapa peluang pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang sifatnya khusus seperti

  1. Penerjemah
    Berada dalam lingkungan akademik memberi Anda sebuah peluang unik dengan kemampuan berbahasa Anda. Ada banyak kebutuhan artikel, ulasan dan karya ilmiah asing yang membutuhkan senuhan tenaga penerjemah dalam mentranslatekannya dalam bahasa Indonesia. Atau justru mengalihkan tulisan dalam bahasa Indonesia menjadi tulisan berbahasa asing. Tenaga penerjemah biasanya akan dihargai cukup tinggi tentu saja bila Anda bisa menghasilkan pekerjaan terjemahan yang berkualitas. Dan menariknya tenaga penerjemah juga dibutuhkan tidak hanya oleh kalangan akademis, seperti kalangan pebisnis, dunia hiburan dan masih banyak lagi.
  2. Guide wisata
    Ada banyak pekerjaan sampingan sebagai tenaga guide wisata di kota-kota besar, terutama kota wisata. Bila kebetulah Anda kuliah di kawasan yang juga merupakan salah satu pusat wisata di Indonesia, Anda bisa mencari informasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa di hotel-hotel, jasa perjalanan wisata dan destinasi wisata di kota tersebut. Ada banyak permintaan tenaga guide dengan kemampuan bahasa asing yang sangat memadai untuk melayani para wisatawan asing. Permintaan tertinggi justru datang bagi Anda dengan kemampuan bahasa Korea, Jepang, China dan bahasan dari benua Eropa semacam bahasa Spanyol dan bahasa Prancis.
  3. Penulis subtitle dan penyusun dubber
    Ada pekerjaan sampingan untuk mahasiswa lain yang bisa saja menarik untuk Anda jajal, terutama kalau Anda kuliah di kota besar, terutama Jakarta. Di kota ini terdapat bisnis TV dan dunia hiburan yang cukup besar. Dan salah satu komoditasnya adalah produk film dan drama asing yang memerlukan jasa tenaga dengan kemampuan bahasa asing yang memadai untuk membuat naskah dubbing atau naskah subtitlenya. Hanya mereka dengan kemampuan bahasa asing yang memadailah yang bisa menangani pekerjaan semacam ini karena di sini penting bagi Anda untuk menemukan pilihan kalimat yang sesuai dengan gambaran emosi dari cerita dalam film atau drama bersangkutan secara tepat.
  4. Penulis online
    Banyak mahasiswa sastra yang memang memiliki hobi dan kemampuan menulis yang baik akan tertarik untuk menjadi penulis online. Pekerjaan ini sangat fleksibel dan mudah Anda atur pengerjaannya dengan jadwal kuliah Anda. Anda bisa menjadi penulis artikel bahasa Indonesia yang bersumber dari artikel bahasa asing atau malah sebaliknya, membuat artikel dalam bahasa asing. Beberapa tulisan dalam bahasa asing tertentu memiliki nilai jual yang relatif cukup tinggi
  5. Review film dan drama
    Mungkin pekerjaan ini sedikit serupa dengan pekerjaan pada point empat, hanya saja pekerjaan Anda kali ini lebih berupa membuat synopsis atau review atas sebuah drama atau film asing untuk sumber referensi para penyuka drama dan film asing di Indonesia. Anda akan memuat tulisan review atau synopsis Anda tadi dalam blog dan menjadikannya sebagai sumber informasi terkait drama atau film asing tersebut. Lagi-lagi di sini dibutuhkan kemampuan berbahasa asing yang sangat memadai untuk bisa mengerjakan tugas ini. Dan nilai jual jasa semacam ini juga tergolong cukup baik di pasaran. Dan bagi Anda penggemar film dan drama asing, bukankah ini menjadi pekerjaan yang menarik?

Ternyata mencari hasil tambahan dengan status Anda sebagai mahasiswa sastra sangat mudah dan menarik bukan? Anda bisa menjalankan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa, mendapatkan hasil tambahan sembari mengembangkan kemampuan berbahasa Anda.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha sampingan mahasiswa sastra, sampingan kerja di hotel jadi apa aja, peluang bisnis menjadi dubber, pekerjaan yang menghasil banyak uang untuk anak sastra jepang, Pekerjaan sambilan mahasiswa sastra asing, lowongan kerja di hotel untuk anak sastra, kerja sampingan untuk mahasiswa di china, kerja sambilan yang beda dengan jurusan, kerja sambilan di hotel disebut, Kerja Part time mahasiswa sastra
Ini Dia 5 Macam Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa Jurusan Sastra | Hari Murti | 4.5

Komentar :