Ini Dia 5 Langkah Strategis Dalam Membuka Bisnis Minuman Kopi Dengan Penuh Kreatifitas

Ini Dia 5 Langkah Strategis Dalam Membuka Bisnis Minuman Kopi Dengan Penuh Kreatifitasn

Ini Dia 5 Langkah Strategis Dalam Membuka Bisnis Minuman Kopi Dengan Penuh Kreatifitasn

Peluang Bisnis minuman kopi memang sudah menjadi salah satu trend di dunia bisnis kuliner dan minuman di Indonesia sejak kisaran 1 dekade ini. Berawal dari munculnya beragam café premium di berbagai pusat perbelanjaan dan perkantoran di Indonesia. Dan kini merambah ke pasar kelas menengah yang semakin membuat minuman kopi tak ubahnya menjadi bagian dari pergaulan berbagai kalangan dan usia.

Sebenarnya kedai kopi dalam konsep modern masa kini yang diterjemahkan dalam beragam rupa café itu bukan hal baru di Indonesia. Anda yang bertinggal di kawasan kota Banda Aceh atau kota Yogya misalkan pasti tidak asing dengan warung kopi gayo ala Aceh atau café gaya ndeso Angkringan Kopi Joss. Kopi menjadi salah satu sajian yang akrab menemani acara ngobrol dan tongkrong-tongkrong sejak jaman dulu dan rupanya tetap tidak berubah hingga kini.

Dan kini Anda dengan mudah menemukan beragam bisnis minuman kopi café dalam beragam rupa. Mulai dari usaha café gaya premium dengan harga per cangkir yang cukup menguras kantong, café kelas menengah yang mengetengahkan gaya modern kalangan mapan hingga booth kopi take away yang praktis, murah dan simpel.

Lalu dengan persaingan seketat ini, terutama dengan sajian kopi yang sebenarnya hampir serupa dan itu-itu saja, maka diperlukan beberapa langkah strategis yang mampu membantu bisnis minuman kopi Anda bertahan bahkan mereguk sukses. Apa saja langkah strategis tersebut?

  1. Jadikan sajian pelengkap
    Kebanyakan usaha café hadir dengan menjadikan kopi sebagai bintang utama. Coba ubah pemikiran ini dengan mengubah kiblat usaha Anda pada produk lain dan menjadikan kopi sebagai sajian pendamping. Anda pernah mengunjungi J-Co? Nama J-Co identik dengan donat, tetapi disana juga terdapat sajian kopi yang diam-diam juga menguasai pasar. Ide ini juga muncul pada sebuah bistro wafel terkenal di kota Yogya yang menyajikan hidangan serba wafel dan beragam minuman serba kopi sebagai pendamping wafel.
  2. Coba ide-ide sajian kopi unik
    Capucinno, macchiato, Americanno, Latte dan sebagainya sudah tidak asing di berbagai usaha café. Kenapa tidak coba sajian kopi dengan rasa yang berbeda, baru dan inovatif. Anda bisa mengangkat aneka kopi khas daerah yang unik dan asing di daerah lain, misalkan kopi ijo khas Tulung Agung, Kopi Joss khas Yogya atau Kopi thalua khas melayu. Ide lain misalkan dengan mengangkat sajian kopi dengan bahan baku kopi khas Nusantara yang belum populer seperti kopi Wamena atau kopi Flores.
  3. Ide Mobile Café
    Ide kreatif ini bisa Anda lihat di beberapa lokasi perkantoran di mana Anda bisa membuka café dengan sajian utama minuman kopi aneka rasa dengan hidangan sarapan take away. Yang membuatnya istimewa karena Anda menggunakan mobil dengan bak belakang modifikasi sehingga bisa menjadi café berjalan. Anda bisa membuka café ini di beberapa tempat dalam satu hari dan Anda pindahkan ke lokasi-lokasi yang potensial secara mudah.
  4. Kerjasama dengan kantor atau kampus
    Kelompok konsumen terbesar dari kopi adalah kalangan mahasiswa dan karyawan. Aktivitas mereka sehari-hari ditambah gaya pergaulan mereka menghantarkan mereka dekat dengan kopi. Anda bisa mendekatkan diri dengan konsumen Anda dengan mendirikan café di dalam kantor atau kampus. Untuk itu perlu ada kerjasama dan perijinan khusus untuk Anda bisa mendirikan café dalam kantor ataupun kampus. Tetapi dengan ide ini Anda memperbesar peluang target pasar Anda terpikat dengan sajian Anda.
  5. Ide café unik
    Café tidak harus tampil dengan gaya modern dan cozy yang konvensional. Anda bisa saja membuat tema dan gaya khusus yang akan memberi nuansa berbeda pada ruang tongkrong konsumen Anda. Anda mungkin pernah menemukan café dengan gaya ruangan masa kolonial, café dengan gaya rumah adat atau café dengan gaya rustic khas bangunan country klasik. Ide interior dan konsep yang berbeda ini membuat pengunjung menemukan atmosfer berbeda dari kebanyakan café pada umumnya dan bisa jadi membuat mereka lebih betah di dalamnya.

Salah satu rahasia bertahan dalam persaingan adalah keberanian untuk hadir dengan kreativitas dan inovasi. Dan ide-ide langkah strategis di atas merupakan contoh nyata dari kreativitas dan inovasi dalam menjalankan bisnis minuman kopi.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

sajian kopi unik, inovasi minuman kopi, bisnis minuman ala cafe, Membuka warung minuman, ide usaha minuman unik, bisnis minuman kopi, usaha minuman kopi, inovasi kopi, jualan minuman fariatif, inovasi warung
Ini Dia 5 Langkah Strategis Dalam Membuka Bisnis Minuman Kopi Dengan Penuh Kreatifitas | Hari Murti | 4.5

Komentar :