Ini Dia 5 Ide Sederhana Kerja Sampingan Mahasiswa, Para Mahasiswa Wajib Baca

Ini Dia 5 Ide Sederhana Kerja Sampingan Mahasiswa, Para Mahasiswa Wajib Baca

Ini Dia 5 Ide Sederhana Kerja Sampingan Mahasiswa, Para Mahasiswa Wajib Baca

Mahasiswa mencari kerja sampingan? Itu memang sudah biasa, rasanya hampir semua mahasiswa pasti pernah terbersit pemikiran untuk memiliki kerja sampingan mahasiswa yang memiliki jam kerja cukup fleksibel untuk diadaptasi dengan jam kuliah.

Kebanyakan mahasiswa adalah anak kost yang terpaksa menggantungkan hidup dari uang kiriman orang tua yang mepet. Mau meminta uang lebih dari orang tua kadang tidak tega karena benar-benar tau seberapa berat orang tua berupaya mengirim uang dalam jumlah besar setiap bulannya. Jadilah mereka terpikir untuk mencari kerja sampingan mahasiswa.

Masalahnya, kerja sampingan mahasiswa itu haruslah pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang relatif rendah, mudah dijalankan tanpa perlu mengganggu aktivitas akademis termasuk pula fleksibel untuk dijalankan sembari kuliah.

Pekerjaan macam apa saja yang biasanya cukup mendekati syarat di atas? Berikut beberapa pilihan kerja sampingan mahasiwa terbaik untuk Anda.

  1. Karyawan café atau resto
    Biasanya di kawasan sekitar mahasiswa akan berdiri banyak café dan resto dengan harga sesuai kocek mahasiswa. Menariknya, karena mereka berdiri di kawasan mahasiswa, mereka juga membuka lowongan kerja pramusaji dengan sistem kerja fleksibel. Anda bisa mengatur sendiri shift yang bisa Anda ambil, jadwal kerja yang bisa Anda sesuaikan dengan jadwal Anda yang lain dan tentu saja karena lokasinya dekat kampus, biasanya juga berarti dekat dengan kost-kostan Anda, jadi mudah Anda jangkau.
  2. Tenaga Tutor privat dan non privat
    Bila Anda memiliki kemampuan cukup baik dalam bahasa asing, matematika, fisika, kimia, akuntansi atau pelajaran lain Anda bisa juga memanfaatkan kebisaan ini sebagai asset bagi sebuah kerja sampingan mahasiswa. Anda bisa mendaftar pada usaha kursus bimbel atau kursus bahasa asing di sekitar tempat Anda sebagai tenaga pengajar atau malah menawarkan jasa pengajar privat untuk siswa sekolah. Anda bisa mencari kursus yang bisa bekerjasama dengan Anda yang berstatus mahasiswa dengan memberikan Anda ruang untuk mengatur jadwal Anda sesuai jadwal kuliah. Pilihan lain dengan mendaftar sebagai tenaga tutor online. Di sini juga jadwal Anda untuk tutoring bisa disesuaikan dengan jadwal sebagai mahasiswa.
  3. Asisten dosen
    Kadang beberapa dosen membutuhkan tenaga asisten untuk membantunya dalam kelas. Mulai dari mengorganisir berkas, tugas-tugas mahasiswa dan mengatur jadwal. Kadang asisten juga membantu dosen untuk memeriksa tugas dan ujian mahasiswa, menyiapkan bahan kuliah, bahan tugas sampai materi ujian. Biasanya dosen akan mencari mahasiswa dengan prestasi yang baik dalam mata kuliah bersangkutan, jadi tidak semua mahasiswa bisa memenuhi klasifikasi rekruitmen. Tapi kabar baiknya pekerjaan ini sifatnya tidak mengikat karena memang sejak awal dosen menyadari bahwa mereka merekruit tenaga asisten dari kalangan mahasiswa.
  4. Petugas perpustakaan
    Anda juga bisa menjadi tenaga penjaga perpustakaan di kampus. Biasanya beberapa perpustakaan kota, perpustakaan instansi sampai perpustakaan kampus membuka lowongan tenaga pekerja penjaga untuk meringkan beban pekerja tetap perpustakaan. Pekerjaan ini bisa Anda sesuaikan dengan jadwal kuliah Anda dan di sisi lain Anda bebas mencari referensi untuk materi kuliah dengan gratis dan mudah. Pilihan lain adalah menjadi penjaga taman bacaan yang biasanya mudah Anda temukan di kawasan kisaran kampus-kampus.
  5. Pelatih olahraga atau musik
    Anda mahir dalam sepak bola, bela diri, yoga atau malah cukup baik dalam bermain musik? Anda bisa menjadikan kebisaan dan kegemaran Anda ini sebagai sumber penghasilan. Misalkan dengan mendaftar sebagai pelatih sepak bola sekolah menengah atau menjadi pelatih privat yoga di kawasan perumahan. Pilihan lain adalah menjadi pelatih musik privat atau pelatih musik di sekolah musik sekitar Anda. Pekerjaan macam ini juga lagi-lagi sifatnya cukup fleksibel untuk Anda jalankan di sela tugas dan jadwal kuliah Anda.

Artikel lainya: Dasar dasar pemasaran

Tidak sulit bukan mencari kerja sampingan mahasiswa yang mampu memberi mahasiswa uang saku tambahan tanpa benar-benar mengusik jadwal kuliah dan jadwal untuk mengerjakan tugas-tugas kampus. Apalagi kunci dalam mencari kerja sampingan mahasiswa terbilang sederhana, cukup dengan kepekaan untuk menemukan kemampuan dan kelebihan pada diri Anda yang bisa Anda jadikan modal atau asset untuk mencari kerja sampingan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

apakah kerja sampingan yang mudah dan sederhana, bisnis sampingan sederhana untuk mahasiswa, bisnis tanpa mengangu aktivitas lain, kerja sampingan jadi penjaga, Kerja sampingan mahasiswa gampang, kerja sampingan untuk mahasiswa dan anak kost, kerja yang dapat untuk anak mahasiswa akuntansi, pekerjaan menguntungkan mahasiswa
Ini Dia 5 Ide Sederhana Kerja Sampingan Mahasiswa, Para Mahasiswa Wajib Baca | Hari Murti | 4.5

Komentar :