Ini Dia 5 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Pelaku Usaha Wajib Baca

Ini Dia 5 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Pelaku Usaha Wajib Baca

Ini Dia 5 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Pelaku Usaha Wajib Baca

Memulai usaha dan menjadi mandiri dengan usaha yang Anda rintis adalah impian banyak orang. Namun kebanyakan orang akan terbentur dengan satu masalah klasik, ketidakpunyaan modal. Masalah satu ini meski tampak simpel tetapi sangat krusial. Bagaimanapun modal bersifat mutlak Anda perlukan meski itu hanya dalam jumlah kecil. Maka harus di cari solusi untuk mencari modal usaha tanpa jaminan.

Ada beberapa solusi dalam memulai usaha dengan modal yang nol. Anda bisa mencari usaha dengan memanfaatkan asset yang Anda punya saat ini atau mencari sumber modal dari luar. Masalah lain yang muncul dari opsi kedua adalah kebanyakan sumber modal bersedia memberikan dananya dengan jaminan dan kesepakatan pembayaran dengan bunga.

Baca juga: Cara meningkatkan penjualan  dengan gaya klasik

Asumsikan saja Anda bersedia dengan aturan bunga atau bagi hasil yang sudah disepakati, namun ketika Anda sendiri juga tidak memiliki asset yang bisa Anda agunkan, akankah harapan Anda pupus. Ternyata ada beberapa solusi sumber modal usaha tanpa jaminan yang bisa menjadi alternatif jalan keluar masalah Anda. Tentu saja ada konsekuensi dari sumber moda usaha tanpa jaminan semacam ini. Jadi kembali pada Anda apakah Anda tertarik dengan kesepakatan tersebut.

Adapun sumber sumber modal usaha tanpa jaminan antara lain :

  1. Angel investor
    Kadang Anda bisa bertemu dengan pemilik modal yang enggan dibuat pusing dengan tetek bengek pelaksanaan usaha mandiri. Bagi mereka yang terpenting dana mereka bisa produktif dan menghasilkan. Mereka cenderung mencari pelaku usaha dengan modal terbatas semacam Anda, mencoba mendiskusikan rencana usaha Anda dan bila mereka tertarik dengan konsep dan proyeksi Anda, mereka akan menanamkan dana mereka tanpa agunan. Sebagai imbalan, kelak pada masa tertentu Anda berkewajiban mengembalikan modal dengan nilai bagi hasil tertentu yang ditentukan. Tidak mudah bertemu dengan angel investor, bisa rekan atau kolega Anda. Tetapi beberapa kali kami menemukan angel investor skala kecil bertebaran di forum-forum dunia maya.
  2. Investor Mitra
    Anda bisa juga mencoba menjadi mitra bagi investor dengan membuka penawaran investasi kepada para pemilik modal via forum atau komunitas bisnis. Untuk hal semacam ini memang Anda perlu membuat proposal usaha yang lengkap, reliable dan professional, termasuk memuat hak-hak dari para investor mitra pada usaha Anda. Karena lagi-lagi tidak mudah menemukan merka yang mempercayakan modalnya pada Anda. Libatkan notaries untuk semakin menguatkan ikatan kemitraan ini.
  3. Pinjaman tanpa agunan
    Perbankan kini menyediakan sistem pinjaman tanpa agunan. Biasanya pinjaman ini merupakan layanan tambahan bagi pengguna kartu kredit atau layanan khusus untuk karyawan. KAda beberapa catatan yang perlu Anda cermati dalam pinjaman tanpa agunan mengingat pihak bank sendiri pasti enggan berhadapan dengan resiko. Khusus pinjaman tanpa agunan untuk kartu kredit, Anda akan dikenakan biaya dan bunga relatif besar. Sedang pada pinjaman khusus karyawan, pihak bank akan meminta perusahaan tempat peminjam bekerja memberikan jaminan bahwa yang bersangkutan akan berada dalam perusahaan selama masa pinjaman belum berakhir.
  4. Pinjaman dari koperasi komunitas
    Anda mungkin terlibat dalam sebuah komunitas pelaku usaha atau malah komunitas peminat tertentu. Biasanya disana tersedia koperasi simpan pinjam khusus internal. Anda bisa memanfaatkan keanggotaan Anda untuk meminjam sejumlah dana sebagai modal usaha tanpa jaminan dari sana. Bahkan di perkampungan dan perumahan saja Anda bisa mendapatkan sumber dana serupa dari koperasi arisan RT dan RW.
  5. Pinjaman lunak pemerintah
    Anda juga bisa mencari informasi seputar pinjaman usaha dari pemerintah. Biasanya secara berkala ada sejumlah dana khusus yang digelontorkan pemerintah untuk membantu pelaku usaha kecil untuk memperkuat permodalan mereka. Dengan nominal pinjaman relatif kecil, biasanya jaminan hanyalah KTP dan KK Anda. Anda bisa mencoba mencari informasi di dinas koperasi dan erdagangan setempat, atau malah di kelurahan desa setempat.

Adakah sumber modal usaha tanpa jaminan di atas yang bisa Anda jangkau dengan mudah? Ternyata ada saja solusi alternatif untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan. Selama Anda menjamin komitmen Anda dengan bisnis Anda, permodalan bukan kendala besar. Masih ada jalan yang bisa Anda tempuh demi bisa mendapatkan modal sekalipun tidak ada asset yang bisa Anda agunkan sebagai jaminan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan, cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan, mencari modal usaha tanpa jaminan, cari modal usaha tanpa jaminan, cara mendapatkan modal tanpa jaminan, cara cari modal usaha tanpa jaminan, cari pemilik modal usaha, cara mencari modal usaha tanpa jaminan, modal usaha tanpa jaminan, cara cari modal tanpa jaminan
Ini Dia 5 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan, Pelaku Usaha Wajib Baca | Hari Murti | 4.5

Komentar :