Ingin Usaha Ternak Kelinci Pedaging ? Baca 4 Tips Berikut Ini

Ingin Usaha Ternak Kelinci Pedaging ? Baca 4 Tips Berikut Ini

Ingin Usaha Ternak Kelinci Pedaging ? Baca 4 Tips Berikut Ini

Sebagai seorang wirausahawan kita memang wajib dan dituntut untuk bisa menemukan peluang usaha – peluang usaha yang potensial. Dari sekian banyak peluang usaha yang ada, peluang usaha ternak kelinci pedaging merupakan salah satu yang sangat potensial. Nah, berikut kami akan berikan beberapa tips usaha ternak kelinci pedaging yang perlu anda ketahui.

Tapi, sebelum kami memulai memberikan tips – tips mengenai usaha ternak kelinci pedaging, ada baiknya anda mengetahui mengapa usaha ternak kelinci pedaging menjadi peluang usaha yang potensial. Mungkin yang terbayang di benak anda saat ini adalah bagaimana mungkin kelinci yang notabene merupakan hewan peliharaan bisa menjadi peluang usaha ?

Sekedar anda ketahui saja, kelinci merupakan mamalia yang memiliki daya adabtasi yang sangat tinggi, sehingga memungkinkan untuk dapat tinggal di berbagai iklim di dunia. Oleh sebab itu ada beragam jenis kelinci yang ada di dunia. Nah, yang akan kita bahas saat ini ialah jenis kelinci pedaging, dimana kelinci ini memang di khususkan untuk ternak, selayaknya sapi atau kambing pada umumnya.

Oleh sebab itu ternak kelinci pedaging menjadi salah satu dari bermacam peluang usaha yang bisa kita manfaatkan untuk mendapat penghasilan yang cukup tinggi. Maka, sebelum kita memulai untuk berkecimpung di usaha ternak kelinci ini, ada baiknya anda memperhatikan tips usaha ternak kelinci pedaging berikut ini :

1. Sarana Perlengkapan

Mempersiapkan sarana perlengkapan dengan baik menjadi hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai usaha ternak kelinci pedaging ini. Diantaranya ialah membuat kandang yang mudah saat dibersihkan, memisahkan kandang jantan dengan betina, memisahkan sesuai umur, dan tentunya pastikan untuk system pemberian pakan yang baik.

Hal, ini ditujukan agar pada saat pemberian pakan dapat mudah dilakukan, sekaligus juga pada saat pembersihan kandang juga mudah dilakukan. Dengan system yang baik, kandang kelinci akan selalu terjaga kebersihanya.

2. Pemilihan Bibit Unggul

Memilih bibit kelinci pedaging sangatlah penting, sebab ini merupakan factor penentu dari hasil akhir nanti. Ciri-ciri dari bibit unggul yang baik sebagai berikut.

* Bulu halus dengan ciri tidak rontok

* Bentuk ekor mengikuti arus tulang punggung yang naik

* Fisik nampak tegap, dengan gerak yang gesit

* Nafsu makan sangat baik

Selain itu juga perhatikan keturunan indukan, sebab ini akan berpengaruh pada kualitas anak-anak kelinci pedaging nantinya.

3. Penyakit Pada Kelinci Pedaging

Biasanya penyakit yang sering menjangkit kelinci pedaging ini disebabkan oleh kandang yang tidak sehat, seperti pada tips pertama anda harus membuat system kandang yang jelas agar

memudahkan anda saat pemberian pakan maupun saat pembersihan kandang, sehingga tidak menggangu pertumbuhan kelinci pedaging.

Jika kandang sudah tidak ramah terhadap kelinci maka biasanya kelinci akan mengalami penyakit kulit seperti kudis, eksim, penyakit telinga yang disebabkan kutu, penyakit kulit kepala, penyakit mata, dan bisul. Oleh sebab itu menjaga kandang tetap bersih akan membuat kelinci tetap sehat dan bebas dari penyakit. Selain itu juga perlu dijaga asupan nutrisi pada saat pemberian pakan.

4. Manajemen Modal

Mengatur manajemen modal harus terperinci dan tentunya sistematis. Sebab ini akan memudahkan anda dikemudian hari, karena untuk mengatur modal usaha ternak kelinci ini anda dituntut untuk teliti dalam pengelolaanya. Sebab, hasil pengelolaan keuangan ini akan menentukan seberapa besar untung yang akan anda dapatkan nanti.

Nah, cukup sederhana kan tips – tips nya? Karena tips – tips diatas merupakan saripati semua alias hasil rangkuman dari yang kami dapatkan dari wirausahawan peternak kelinci pedaging yang sudah berpengalaman di usaha ternak kelinci ini. Karena pada intinya untuk memulai usaha ternak kelinci, lakukan saja tips diatas sebagai dasar dari langkah anda untuk memulai.

Artikel lainya: Usaha ternak ayam pelung

Sebab berbagai faktor lainya akan tidak jauh berbeda dari tips – tips yang kami berikan ini. Permasalahan dan rintangan yang akan anda hadapi nanti akan menjadi pembelajaran yang berharga untuk bisa berhasil di usaha ternak kelinci pedaging ini. Baiklah, demikian tadi tips usaha ternak kelinci pedaging yang bisa kami berikan semoga bermanfaat dan salam sukses. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak kelinci pedaging, ternak kelinci, usaha ternak kelinci, Kelinci pedaging, bisnis kelinci, cara ternak kelinci potong, cara ternak kelinci pedaging, usaha kelinci, budidaya kelinci pedaging, peluang usaha ternak kelinci
Ingin Usaha Ternak Kelinci Pedaging ? Baca 4 Tips Berikut Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :