Ingin Mencari Kerja Sampingan Secara Online ? Hindari 9 Kesalahan Ini

Ingin Mencari Kerja Sampingan Secara Online ? Hindari 9 Kesalahan Ini

Ingin Mencari Kerja Sampingan Secara Online ? Hindari 9 Kesalahan Ini

Ada banyak peluang kerja yang bisa Anda temukan di dunia maya. Jadi memang tidak ada yang salah dengan ide mencari kerja sampingan secara online. Hanya saja kadang karena status sebagai kerja sampingan dan karena Anda tidak menyadari sejak awal adanya perbedaan harfiah antara kerja secara online an secara non online, maka kerap kali muncul kesalahan yang seharusnya tidak Anda jalankan dalam proses Anda mencari kerja sampingan via online.

Dan tanpa berbasa basi, berikut ini setidaknya beberapa kesalahan yang patut Anda hindari dalam proses Anda mencari kerja sampingan via online.

  1. Kurang berhati-hati menghadapi spammer
    Spammer tak ubahnya dengan jebakan yang siap menjebak Anda dimanapun Anda berada. Bahkan ketika Anda mencari kerja sampingan melalui situs job seeker resmi. Mereka sendiri memang sudah membuat regulasi yang menyaring para spammer, tetapi bukan berarti mereka pasti 100% bebas spammer bukan? Berhati-hati pula dalam memilih situs job seeker dan sumber-sumber lain. Karena Anda juga perlu memahami betul keamanan para situs ini dalam menjaga resume yang Anda buat. Tidak jarang malah mereka sendiri memiliki modus menjual data Anda kepada pihak-pihak tertentu.
  2. Kurang berhati-hati melakukan upload resume
    Ketika Anda memasuki sebuah situs job seeker, Anda akan diminta mendaftar dengan memberikan informasi terkait diri Anda. Ingat data dan informasi pribadi Anda bagaimanapun adalah prifacy, jadi buat akses terbatas dan informasi terbatas terkait diri Anda dalam resume, karena sebenarnya pihak employer lebih berkepentingan pada kualitas dan sistem kerja Anda ketimbang siapa Anda, setidaknya demikian prinsip dalam dunia kerja online.
  3. Kurang mencari
    terpaku dan hanya mengandalkan pada satu atau dua sumber pekerjaan saja hanya akan membuat Anda menutup kesempatan lain yang terbuka. Anda bisa menemukan peluang yang lebih banyak justru dengan membuka sayap lebih lebar, melihat dari jalur offline dan online. Anda bisa melihat cara menemukan pekerjaan dan bisnis sampingan dari peluang-peluang tersembunyi di sini.
  4. Buat resume secara massal
    Memang praktis membuat satu buah resume dan menjadikannya tinggal copy paste untuk Anda kirim ke setiap lowongan yang terbuka. Sayangnya ide ini tidak praktis bagi proses Anda mencari kerja sampingan. Karena setiap perusahaan memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda, jadi jelas menyamaratakannya akan menjadikan lamaran Anda tidak menyentuh kebutuhan mereka.
  5. Tidak membuat spesifikasi atas kawasan kemampuan Anda
    Anda sendiri secara pribadi adalah seseorang dengan kelebihan di satu sisi dan kekurangan di sisi lain. Jadi mustahil bukan kalau Anda bisa melakukan segala type pekerjaan? Coba identifikasi kemampuan Anda dan kelebihan Anda jadi Anda bisa melakukan spesifikasi kerja. Justru dengan cara ini Anda akan lebih mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda.
  6. Hanya bergantung pada email
    Email memang salah satu contact yang paling penting dalam aktivitas bisnis dan pencarian kerja Anda di dunia online. Hampir semua aktivitas resmi cenderung menjadikan email sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi. Hanya sistem kebijakan dalam email yang kadang melakukan penyaringan otomatis terhadap segala input masuk yang diduga sebagai spam membuat bisa jadi email Anda terbuang bahkan sebelum Anda sempat membacanya. Jadi pastikan Anda memiliki beberapa contact person selain email tersebut, seperti email lain, facebook akun, messanger, telepon dan sebagainya.
  7. Tidak serius dengan ID Anda
    Nama alay memang sedang beken, tapi sangat tidak lucu kalau ID email Anda di yahoo lalu juga menjadi lovingyooouuucelalou@yahoo.com. Nickname berbeda dengan nama alay macam itu, karena banyak juga pelaku usaha dan pekerja online yang menggunakan ID nick name sebagai identitas mereka di dunia maya dan sukses dengan nama ini. Tapi apapun berhati-hati dalam memberi nama dalam ID virtual Anda atau Anda justru membangun citra tidak serius dari nama ID Anda.
  8. Menjadi rata-rata
    Membuat resume yang sama dengan yang lain dalam susunan yang sama dan tata bahasa yang sama dan bahkan tampilan sama. Apa bedanya Anda dengan calon pekerja online lain? Jadilah berbeda dengan memberi lebih dari yang orang lain tawarkan, terutama bila ini terkait kemampuan kerja dan hasil kerja Anda.
  9. Meremehkan kerja sampingan
    Anda mungkin punya pekerjaan utama, tetapi Anda memutuskan mencari kerja sampingan artinya Anda memang membutuhkan sumber tambahan bukan? Jadi kesalahan besar ketika Anda terlihat tidak serius dengan kerja sampingan Anda, menjawab email dengan ditunda-tunda, menyepelekan bentuk resume Anda dan meremehkan calon employer Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari ketika Anda sedang mencari kerja sampingan melalui dunia maya untuk bisa mendapatkan kerja sampingan secara online dengan cepat. Semoga bisa membantu Anda menjadi pelamar kerja yang lebih efektif. -Tim Siap Bisnis-

Ingin Mencari Kerja Sampingan Secara Online ? Hindari 9 Kesalahan Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :