Ingin Memulai Usaha Baru Dengan Membeli Bisnis Yang Sudah Jalan? Ini Tipsnya

Ingin Memulai Usaha Baru Dengan Membeli Bisnis Yang Sudah Jalan? Ini Tipsnya

Ingin Memulai Usaha Baru Dengan Membeli Bisnis Yang Sudah Jalan? Ini Tipsnya

Dewasa ini banyak pengusaha sukses yang giat melebarkan sayap bisnisnya, semakin berkembang bisnisnya dan pundi-pundi keuangan sebakin meningkat keinginan untuk ekspansi bisnis dan akan selalu menjadi prioritas bagi para pengusaha. Bagi anda yang memiliki keuangan yang berlebih pilihan untuk memulai usaha baru dengan membeli sebuah bisnis atau bidang usahayang sudah berjalan bisa menjadi pilihan yang jitu, karena akan lebih mudah dalam memulainya selain itu resiko yang di tanggung oleh pemilik baru relatif lebih kecil dikarenakan usaha tersebut sudah berjalan beberapa waktu, jadi bisa di analisa prospek ke depanya.

Disamping resiko yang relatif kecil, tim manajemen dan budaya kerja yang sudah berjalan akan memberikan kemudahan dalam memulai usaha baru bagi calon pemilik untuk mengelolanya, selain itu produk dan pasar yang sudah jelas akan memudahkan calon pemilik untuk mendesain strategi marketing ke depanya dan banyak lagi factor yang menggntungkan lainya. Namun selain kemudahan kan keuntungan yang di paparkan di atas ada beberapa factor yang harus menjadi perhatian saat akan membeli sebuah bisnis, factor-faktor tersebut di antaranya adalah:

Pelanggan

Pelanggan merupakan aset yang sangat luar biasa penting dalam kelangsungan hidup sebuah usaha, jika anda membeli bisnis yang sudah berjalan pastikan bahwa suatu bisnis yang akan di beli memiliki pelanggan yang loyal, di karenakan bahwa untuk membangun dan memulai usaha baru yang memiliki pelanggan loyal akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan kesabaran yang ekstra. Bagi pemilik baru pelanggan yang loyal adalah aset yang besar dan pemilik baru harus bisa mengelola pelanggan yang sudah ada dengan sebaik mungkin dan pastikan para pelanggan merasakan kepuasan dari produk yang di jual.

Pegawai

Meskipun para pegawai di rekrut oleh manajemen yang terdahulu, pemilik baru harus mengetahui kualitas para karyawanya, selalu adakan koorsinasi yang bisa mengetahui pegawai mana yang memiliki kemampuan istimewa, misalnya kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan dengan baik, kemampuan untuk menghasilkan produk yang istimewa, berikan penghargaan bagi karyawan tersebut. Dari pada memulai usaha baru akan lebih lama untuk memberikan apresiasi kepada karyawan karena mereka masih di baru dan belum memiliki pengalaman di perusahaan anda.

Fasilitas

Lakukan perhitungan kembali tentang fasilitas yang ada di perusahaan, banyak fasilitas-fasilitas di perusahaan di dapatkan dari sewaan yang justru akan membebani keuangan perusahaan, calon pemilik baru bisa menggunakan jasa audit dan tim manajemen independen untuk menghitung khusus semua aset dan fasilitas yang sudah di gunakan hal tersebut akan berdampak pada efektifitas dan efisiensi di perusahaan. Jika usaha tersebut menghasilkan limbah industri lakukan pengecekan kondisi pemrosesan limbah dan sistem daur ulang hal tersebut akan berdampak besar bagi kelangsungan hidup sebuah usaha.

Laporan keuangan

Dalam melihat laporan keuangan calon pemilik baru sebaiknya memeriksa dengan teliti benar, jika perlu bawalah seorang konsultan keuangan untuk membantu dalam menganalisa laporan keuangan tersebut, calon pemilik baru juga berhak untuk meminta surat hasil audit perusahaan tersebut yang di sertakan sertifikat audit, karena hanya seorang auditor yang baik yang akan memberikan penilaian terhadap kondisi keuangan perusahaan, apapun kondisinya.

Piutang

Penggelembungan piutang oleh pemilik perusahaan harus senetiasa di waspadai oleh calon pembeli, oleh karenanya calon pemilik atau pembeli harus dengan seksama untuk memerikasa kondisi piutang dan hutang yang tertera di laporan keuangan, lagi-lagi anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan untuk bagian ini, karena bagian ini membutuhkan keahlian dan kecermatan dalam menganalisanya.

Inventaris

Barang-barang inventaris yang banyak jumlahnya tentunya memiliki nilai depresiasi, lakukanlah taksiran berapa penyusutan asset yang telah di inventarisir dengan cara melakukan perhitungan depresiasi akan terlihat nilai yang sesungguhnya berapa nilai jumlah barang inventaris dan asset yang ada, dan anda bias mengambilkeputusan untuk menjual ataupun memakainya lagi.

Kerahasiaan

Dalam hal ini anda bisa memakai jasa pengacara atau notaris sebagai konsultan dalam menandatangani persetujuan dan perjanjian yang di buat. Berikan pengertian dalam perjanjian bahwa pemilik lama untuk selalu menjaga segala kerahasiaan perusahaan tersebut. Dan hal yang lebih penting pemilik lama harus jujur dan tidak ada rahasia yang di tutup-tutupi terhadap perusahaan yang ingin dia jual.

Artikel lain: Menjadi wirausaha sukses dengan kantong tebal

Demikian faktor-faktor dan tips yang harus di perhatikan dalam memulai usaha baru dengan proses membeli sebuah usaha yang sudah berjalan, semoga artikel singkat di atas bias memberi pencerahan. –Tim Siap Bisnis-

Tag:

membeli usaha yang sedang berjalan, kesempatan membeli bisnis yang sudah ada, makalah membeli bisnis yang sudah ada, membeli bisnis yang sudah ada, membeli bisnis yang telah ada, memualai usaha dengan yang sudah ada, membeli usaha, memulai bisnis baru atau membeli bisnis yang sudah ada, kesempatan membeli bisnis yg sudah ada, cara membeli bisnis yang sudah ada dengan modal yang kecil
Ingin Memulai Usaha Baru Dengan Membeli Bisnis Yang Sudah Jalan? Ini Tipsnya | Hari Murti | 4.5

Komentar :