Ingin Kerja Online Tanpa Modal? Baca Artikel Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Ingin Kerja Online Tanpa Modal? Baca Artikel Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Ingin Kerja Online Tanpa Modal? Baca Artikel Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Begitu ada kata-kata peluang usaha tanpa modal, gratis, bebas biaya dan sebagainya muncul dalam sebuah penawaran atau iklan online, tidak sulit menemukan orang yang langsung memasang mata berbinar. Hanya saja sebenarnya Anda justru perlu berkali lebih waspada penawaran kerja online tanpa modal atau segala sesuatu yang menggunakan konsep serupa.

Karena begitu mudahnya kata gratis, free atau tanpa modal ini memikat orang maka kata-kata macam ini kerap disalahgunakan menjadi senjata pamungkas menyelubungi maksud buruk di dalamnya, termasuk juga penipuan dan spam.

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas berbagai informasi seputar tips menghindarkan Anda dari bahaya jebakan para spammer penyedia kerja. Bila sebelumnya kami sudah membahas soal bagaimana ciri dari para pelaku spam dan bagaimana bentuk-bentuk spam yang banyak beredar di dunia maya itu, kini kami akan membantu Anda mengetahui tidakan preventif apa yang patut Anda tempuh untuk menghindari jebakan spam.

Pada dasarnya yang perlu Anda pahami adalah tetap mengedepankan prinsip “trust after verify”. Prinsip ini akan mengarahkan Anda untuk selalu melakukan verifikasi untuk setiap informasi penawaran dan peluang yang masuk, pastikan semua bisa Anda percaya dan sesuai dengan kenyataannya dan barulah Anda berikan kepercayaan Anda.

Dan berikut inilah tips dalam menghindari diri Anda terjebak oleh ulah para spammer.

  1. Waspada pada tulisan
    Ketika pertama kali Anda membaca sebuah penawaran kerja online tanpa modal, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bacaan. Pastikan semua bebas kesalahan penulisan, menggunakan tata bahasa yang tepat, perhatikan pula kemungkinan kerancuan informasi yang muncul seperti pada penggunaan nama, url, tanggal dan sebagainya. Hindari penawaran kerja online tanpa modal yang dari bentuk tulisannya saja terlihat tidak dibuat secara professional atau penawaran yang informasi pemberi kerjanya tidak lengkap dan tidak jelas.
  2. Perhatikan identitas pengirim atau penyedia kerja
    Hal lain yang perlu Anda perhatikan dengan seksama adalah identitas dari pengirim, siapa pengirim informasi atau penyedia informasi ini. Bila mereka menggunakan email, siapa pengirim emailnya? Apakah alamatnya resmi? Perhatikan alamat url mereka, apakah itu adalah alamat official?
  3. Lakukan pengecekan via search engine
    Senjata terbesar Anda adalah mesin pencari, karena sebenarnya Anda sungguh sungguh bisa mengandalkannya untuk melakukan verifikasi. Jajal untuk melakukan pencarian dengan URL, namun coba lakukan pencarian lagi dengan mengetik nama perusahaan. Cari tau kebenaran keberadaan perusahaan dengan cross cek pada departemen perdagangan. Coba telusuri beberapa informasi seputar reputasi perusahaan di dunia online yang Anda akan masuki ini untuk memastikan Anda tidak terjebak.
  4. Pengecekan offline
    Anda bisa mencoba mendatangi alamat yang mereka berikan, mengecek langsung keberadaan perusahaan dan mencoba mencari tau dari masyarakat di sekitar kantor tersebut. Anda juga bisa mencoba menghubungi no telp yang mereka bagikan atau mencoba mencari informasi via yellow pages,
  5. Hindari membagi informasi lengkap ketika Anda mendaftar di website job seeker
    Ini membantu Anda terhindar dari para spammer yang bisa saja menghujani Anda dengan penawaran. Akan menjadi buruk karena mereka tau infomasi soal identitas dan keberadaan Anda, mereka bisa mengganggu Anda lebih dan lebih lagi karena mereka butuh Anda untuk masuk dan join dalam perusahaan imaginer mereka.
  6. Pengecekan domain
    Selain dengan berburu informasi melalui search engine, Anda bisa memanfaatkan fitur dunia maya lain dengan mengecek url dan domain mereka di DomainTools.com, GoDaddy.com, or NetworkSolutions.com. Di sini Anda bisa melihat kebenaran akan domain tersebut, Anda bisa pula menemukan nama di balik domain tersebut, siapa wewenang dibaliknya dan ini akan semakin membantu Anda menilai penawaran.

Itu tadi beberapa tindakan preventif yang efektif membantu Anda menghindarkan Anda dari jebakan spammer. Pada dasarnya justru sebuah pekerjaan seharusnya bisa Anda dapatkan tanpa ada uang pembayaran dengan alasan apapun di muka. Jadi kata gratis seharusnya tidak perlu disematkan sebagai penekanan. Dan ketika dengan lihainya mereka menyematkannya menjadi kerja online tanpa modal atau sejenisnya, sudah sepatutnya Anda sedikit lebih waspada.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

tips berbisnis online agar tak tertipu
Ingin Kerja Online Tanpa Modal? Baca Artikel Ini Agar Anda Tidak Tertipu | Hari Murti | 4.5

Komentar :