Ingin Bisnis Bumbu Resep Masakan Indonesia ? Anda Wajib Baca Tips Ini

Ingin Bisnis Bumbu Resep Masakan Indonesia ? Anda Wajib Baca Tips Ini

Ingin Bisnis Bumbu Resep Masakan Indonesia ? Anda Wajib Baca Tips Ini

Ketika semua orang mulai tenggelam dalam kesibukannya masing-masing, mereka semakin hobi dengan segala sesuatu yang bersifat instant dan cepat. Demi bisa menenuhi kebutuhan dengan cepat, banyak orang mengabaikan nilai-nilai kesehatan dan kualitas, terutama bila bicara soal makanan. Melihat realitas tersebut bagi seorang wirausaha bisnis bumbu resep masakan Indonesia mungkin bisa di jadikan lahan bisnis baru yang menjanjikan.

Itulah peluang dari bisnis bumbu resep masakan Indonesia. Ketika semua orang sibuk memilih makanan instant yang tidak sehat, Anda bisa membuka cara lain untuk tetap menyajikan makanan sehat yang berkualitas dan segar dengan cara yang instant.

Karena Anda menawarkan sesuatu yang berbeda, bumbu resep masakan Indonesia yang 100% alami, bebas pengawet. Bumbu menjadi awet karena sudah Anda tumis hingga sepenuhnya tanak dan kemudian Anda kemas dalam wadah khusus hampa udara. Hasilnya bumbu siap pakai ini bisa disimpan dalam jangka panjang, dan bisa langsung diaplikasikan untuk membumbui beragam hidangan istimewa yang sehat untuk keluarga.

Proses racik bumbu yang memakan waktu lama akan terpotong dengan bumbu masak siap pakai ini. Dengan begitu, proses masak akan terpotong setidaknya ½ lebih pendek masanya. Anda juga bisa menghemat peralatan karena proses masak bebas ulekan, blender atau alat apapun yang bisa Anda gunakan untuk meracik bumbu. Otomatis Anda juga menghemat waktu untuk membersihkan kembali dapur setelah masak.

Di sisi lain, produk bumbu resep masakan Indonesia ini akan sangat membantu bagi pasangan atau ibu muda yang masih cukup awam dengan dapur. Karena biasanya masih sedikit meraba dengan masakan tertentu yang rumit, maka bumbu siap pakai ini akan membantu mereka menyajikan hidangan sehat dan enak dengan mudah. Jelas produsen bumbu resep masakan Indonesia tidak mungkin sembarangan dalam menyiapkan rasa dari bumbu masakan yang mereka jual kan?

Tapi rupanya menjalankan bisnis ini tidak lantas semudah membalikan tangan. Coba beberapa hal spesifik ini untuk bisa membantu Anda sukses dengan bisnis bumbu resep masakan Indonesia yang Anda jalankan. Berikut ini beberapa tips sukses dengan bisnis bumbu resep masakan Indonesia.

  1. Survei rasa dan kualitas
    Karena usaha yang Anda jalankan bergerak dalam bidang kuliner, mau tidak mau Anda harus pastikan bumbu masakan yang Anda siapkan untuk bisnis bumbu resep masakan Indonesia ini memang sudah uji kualitas, keawetan dan rasa dengan cukup baik.

    Pelanggan akan enggan membeli kembali produk bumbu dari Anda bila Anda tidak bisa konstan dalam menjaga rasa, bumbu lebih mudah busuk yang artinya proses masak kurang tanak atau pengemasan kurang higienis, atau justru konsumen masih menemukan serpihan bumbu kasar yang seharusnya tidak perlu ada.

    Jangan ragu berburu bumbu dan resep untuk mendapatkan formula bumbu terbaik, dan selalu dahulukan ujicoba dan tes pasar untuk tiap jenis bumbu untuk memastikan rasa dan kualitas bumbu sudah sesuai dengan permintaan pasar.

  2. Update bumbu
    Selama ini bumbu masak dari berbagai bisnis bumbu resep masakan Indonesia ini selalu berkisar pada bumbu rendang, bumbu soto, bumbu gulai dan sejenisnya. Masalahnya sudah banyak bisnis bumbu resep masakan Indonesia macam ini bertebaran di Indonesia dan semuanya menyediakan bumbu yang sama.

    Anda harus bisa menemukan inovasi berbeda dengan mencari terobosan lain, menyediakan bumbu favorit lain yang belum banyak disediakan di pasar. Untuk itu Anda perlu bersedia berburu ilmu kuliner baik itu manca maupun tradisional demi bisa mendapatkan ide bumbu masak baru yang inovatif.

  3. Beri sampel
    Menjalankan usaha ini sebaiknya berawal dari skala kecil dengan mempromosikan ke lingkungan sekitar Anda. Anda bisa mencoba menyediakan masakan dengan menggunakan bumbu masak yang Anda jual dan jadikan sebagai sampel penawaran ke kelompok ibu rumah tangga seperti di arisan dan pengajian. Dari sinilah mintakan testimony jujur dari mereka untuk membantu Anda membangun opini baik dari bisnis bumbu resep masakan Indonesia yang Anda rintis.
  4. Sistem promosi online
    Siapa sangka bumbu masak juga bisa Anda kelola secara online. Modal awal Anda justru terletak dari opini baik yang Anda ciptakan dari pasar terdekat Anda. Dari sini Anda sudah bermodal testimony yang tadi Anda kumpulkan untuk meyakinkan calon konsumen Anda yang berkunjung di blog atau page Anda.

    Untuk itu Anda tidak harus bermodal besar, cukup dengan blog gratis dulu di awal, atau page facebook yang Anda jaringkan dengan relasi Anda di facebook. Selama Anda selalu kontinyu berbagi informasi bermanfaat yang terkait dengan produk Anda di dalamnya, secara perlahan kunjungan ke jaringan online Anda akan meningkat, dari sinilah Anda bisa mendapatkan beberpa konsumen.

  5. Sistem promosi offline
    Salah satu kekuatan dari sistem promosi offline adalah calon konsumen bisa berinteraksi langsung dengan produk Anda. Di sini calon konsumen bisa meraba bahkan mencium bumbu yang disediakan pada bisnis bumbu resep masakan Indonesia milik Anda. Kembali Anda juga bisa memancing ketertarikan konsumen dengan demo masak atau pemberian sampel masakan jadi supaya konsumen merasakan sendiri bagaimana hasil masakan dengan bumbu siap jadi.

    Yang bisa Anda lakukan dengan promosi offline antara lain adalah dengan membuka stand di pameran kuliner, membuka stand bazaar yang diselenggarakan di kawasan Anda dan masih banyak langkah strategis lain.

  6. Jual dengan terbatas
    untuk bersaing dengan produk dari vendor ternama rasanya memang sulit, jadi sama sekali bukan ide yang baik bila Anda mengincar memasuki pasar supermarket. Justru beri efek eksklusif dan original dengan menjual dalam jumlah terbatas. Karena pasar produk bumbu dari pelaku bisnis bumbu resep masakan Indonesia yang sudah lebih besar tentu saja sudah terlanjur memiliki nama di pasar dan tidak mudah menyainginya.

    Dengan menjaga eksklusifitas, justru menunjukan Anda secara khusus hanya memproduksi dengan jumlah terbatas, hanya menggunakan bahan berkualitas sebagai bahan baku, sehingga berbeda dengan produk vendor besar yang diproduksi massal dengan bahan baku yang mungkin tidak selalu dalam kualitas terbaiknya.

  7. Beri nilai diferensiasi
    Di pasar sudah sangat banyak pelaku bisnis bumbu resep masakan Indonesia yang melempar produk yang hampir serupa di pasar. Jadi jangan ragu untuk membuat sesuatu yang berbeda dari sekedar bumbu rendang biasa atau bumbu gulai biasa.

    Sebelumnya kami menyarankan Anda untuk mengupdate bumbu denan resep masakan yang berbeda dari yang sudah ada dipasaran, tetapi Anda juga bisa tetap menjual produk bumbu yang serupa dengan di pasar dengan syarat memberikan nilai diferensiasi pada produk. Misalkan dengan menambahkan keterangan bumbu organik atau bebas MSG yang saat ini sedang trend.

Artikel lain: Usaha Kursus masak untuk anak

Jadi demikian tadi beberapa tips yang bisa Anda jadikan rujukan dalam menjalankan bisnis bumbu resep masakan Indonesia. Dengan memberikan nilai lebih pada produk Anda dengan lebih seksama, siapa yang bilang bisnis ini tidak memiliki potensi besar?Kalau sudah soal perut, memang selalu bisa menjadi peluang yang tidak Anda duga. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis bumbu masak, bisnis bumbu siap pakai, bisnis bumbu jadi, peluang usaha bumbu masak, usaha bumbu masak, bisnis bumbu kuliner, usaha jual bumbu dapur, bisnis bumbu, bisnis jual bumbu, usaha bumbu
Ingin Bisnis Bumbu Resep Masakan Indonesia ? Anda Wajib Baca Tips Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :