Informasi Bisnis Online Dan 4 Cara Pemasaran Via Media Sosial Yang Terkenal Ampuh

Informasi Bisnis Online Dan 4 Cara Pemasaran Via Media Sosial Yang Terkenal Ampuh

Informasi Bisnis Online Dan 4 Cara Pemasaran Via Media Sosial Yang Terkenal Ampuh

Pada kesempatan sebelumnya kami sempat mengulas mengenai beberapa tips bisnis online shop menurut seorang pakar online shop Indonesia, ShopFair Chairman & E-Commerce Expert, Andi S Boediman. Pada kesempatan ini kami kembali akan mengulas mengenai informasi bisnis online berdasar bahasan dari beliau kembali pada kesempatan yang sama.

Baca juga : Usaha kuliner makanan kecil

Beliau sempat membahas mengenai betapa pentingnya teknik dan strategi pemasaran yang khusus dalam mengembangkan sebuah bisnis online. Bisnis online bukan bisnis yang sulit tetapi juga bukan lantas demikian mudah sehingga tidak memerlukan kiat khusus. Terutama dalam memasarkan produk dan melakukan konvensi konsumen.

Dan menurut beliau cara yang paling canggih dan ampuh dalam melakukan memperluas informasi bisnis online dan konvensi konsumen adalah pemasaran via media sosial. Rasanya sudah pernah kami bahas sebelumnya bagaimana media sosial sebut saja misalak Facebook tak ubahnya degan sebuah populasi dunia maya dimana semua orang datang, berkumpul “kongow-kongkow” di dalamnya. Saat ini saja setidaknya terdaftar tak urang dari 60 juta pengguna internet yang aktif di dalam facebook.

Belum kalau harus menyebut sederet media sosial lainnya yang belakangan juga marak di kerumuni pengguna internet. Ketika dunia internet sudah dengan mudahnya diakses selama 24 jam, maka dunia maya tak ubahnya sebagai ajang bergaul yang demikian padatnya. Jadi tidak hanya facebook saja yang dipadati pengunjung dan pengguna, seperti twitter yang memiliki pengguna sampai 20an juta. Belum instagram, Linkedin, Pinterest, Google+ dan masih sederet lagi.

Dalam mencari informasi bisnis online, dimana ada kerumunan maka jelas disana ada potensi yang besar, dan hukum ini rupanya tidak hilang meski Anda menjalankan bisnis di dunia maya. Populasi terbesar para penghuni dunia maya adalah media sosial, jadi fungsikan populasi virtual ini sebagai pasar.

Menurut Budiman, kalau Anda tertarik membuka bisnis online, maka ada beberapa hal yang harus Anda kembangkan terlebih dulu sebagai titik awal, yakni

  1. Membuka sebuah web atau blog
    Web atau blog sebenarnya bersifat wajib sebagai informasi bisnis online anda. Pasalnya degan memiliki web atau blog maka anda menunjukan diri sebagai professional yang siap melayani dengan kesungguhan. Jadikan web atau blog Anda sebagai portal Anda dalam menawarkan produk Anda. Lampirkan semua produk Anda baik itu berupa gambar, informasi mengenai spesifikasi, bahkan berbagai konten terkait seperti cara pakai, cara pemeliharaan dan hal-hal lainnya.
  2. Jaringkan dengan media sosial
    Jalin web atau blog Anda dengan sebuah media sosial, setidaknya facebook untuk online shop lokal, karena sampai saat ini facebook masih menjadi populasi tebesar dunia maya di Indonesia. Buka page facebook dengan nama web Anda, bukan akun twitter dan kalau memungkinkan tambahkan lagi dengan akun pada instagram populer lain yang sekiranya sesuai dengan pasar dari produk Anda. Misalkan Anda bergerak dalam bidang bisnis konten writer maka akan lebih efektif Anda membuka akun Google+, tapi dengan produk tas impor, maka jelas Instagram akan jauh lebih tepat untuk online shop Anda.
  3. Pahami cara pemasaran masing-masing media sosial
    Berpromosi via instagram jauh lebh efektif dengan mengunggah foto produk lengkap dengan hashtag terkait. Namun berpromosi via facebook bisa dengan memuat beberapa konten ringan seperti informasi atau humor di antara update unggahan Anda mengenai produk. Setiap media sosial memiliki metode berbeda untuk Anda berdayakan sebagai mesin pemasaran. Jadi Anda perlu memahami metode masing-masing dan mempelajarinya dengan baik supaya langkah pemasaran Anda akurat dan tepat sasaran.
  4. Kaitan update dalam web dengan media sosial
    Selalu pancing likers facebook page Anda, follower akun twitter dan instagram Anda untuk mencari informasi bisnis online anda dan berkunjung ke dalam web Anda. Karena penawaran sesungguhnya memang sebaiknya berada pada web. Ada beberapa keterbatasan dengan media sosial yang membuat Anda tidak leluasa menawarkan produk. Jadi selalu kaitkan update dalam web melalui akun media sosial sehingga para likers dan followers ini akan mengklik link yang Anda bangun dan akhirnya tiba di web And secara kontinyu.

Itulah tadi beberapa kiat dari ShopFair Chairman & E-Commerce Expert, Andi S Boediman mengenai bagaimana mengembangkan strategi pemasaran via media sosial untuk bisnis online yang Anda jalankan. Semoga bisa menjadi informasi bisnis online bermanfaat untuk Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.webtitan.com

Tag:

cara memasarkan donat via medsos, CARA PROMOSI MAKANAN VIA MEDIA SOSIAL
Informasi Bisnis Online Dan 4 Cara Pemasaran Via Media Sosial Yang Terkenal Ampuh | Hari Murti | 4.5

Komentar :