Info Usaha Sampingan Bagi Pecinta Anak, Pernak-Pernik Kaleng Lukis

Info Usaha Sampingan Bagi Pecinta Anak, Pernak-Pernik Kaleng Lukis

Info Usaha Sampingan Bagi Pecinta Anak, Pernak-Pernik Kaleng Lukis

Hobi kadang bisa menjadi lantaran Anda menghasilkan uang. Itulah yang akan menjadi tema dari info usaha sampingan dari kami kali ini. Dan hal ini pula pastilah akan diamini oleh dua orang wanita yang memang sudah menggemari dua hal yang sama, seni lukis dan dunia anak. Dan dari sinilah muncul ide untuk membuat produk unik untuk anak dengan memanfaatkan ketertarikan mereka pada seni lukis.

Hanya saja ketika kebanyakan orang melukis dengan media kertas dan kanvas, maka mereka berdua memutuskan untuk membuat lukisan lucu bertema anak-anak di atas media kaleng. Sebagian besar malah berupa kaleng bekas yang mereka dapatkan dari pengepul. Tentu saja dengan ide usaha mereka akan turut berperan membantu meringankan beban kota akan tumpukan sampah kaleng yang terbilang dapat meracuni tanah dan air itu.

Info usaha sampingan semacam ini dirintis oleh Lani Cahyaningsari, seorang wanita yang berprofesi sebagai arsitektur ini awalnya hanya ingin meluapkan keinginan untuk menyalurkan hobi melukisnya pada tahun 1999. Kemudian muncul ide untuk melukis di media yang unik, awalnya pada kayu dan keramik. Namun muncul ide baru untuk melukis pada sebuah kaleng kerupuk dengan cat akrylik yang cerah dan memajangnya di usaha rumah makan milik keluarga.

Keunikan kaleng kerupuk yang terpajang manis di rumah makan itulah awal mula Lani kemudian mendapat banyak pesanan. Jadilah Lani di sela waktunya sebagai arsitek harus berburu kaleng bekas ke berbagai penampungan sampah. Sampai-sampai dia kerap diejek pemulung kaleng oleh teman-teman kerjanya sesama arsitek.

Lani yang cuek malah tetap berkeras dengan ide kreatifnya dan mencoba menggeluti usahanya disela waktunya. Beruntung Lani mengantongi dukungan dari keluarga malah suami memberikan support bantuan untuk memasarkan produknya, termasuk mengikutkannya dalam pameran.

Kini dalam sehari Lani bisa sebulan tak kurang dari 1000 buah produk kreasinya terjual laris manis dengan harga kisaran antara 20 ribuan sampai jutaan tergntung ukuran dan kerumitan gambar. Bahkan Lani juga membuka kelas kursus lukis kaleng untuk dewasa dan anak-anak di galerinya.

Kisah berbeda datang dari wanita muda lain bernama Siti Restamti yang justru mendapat inspirasi di tahun 2011 ketika dia melihat kisah Lani diungkap di sebuah info usaha sampingan di media televisi. Kebetulan Siti mengenal dekat seorang yang memiliki penampungan sampah dan memiliki banyak stok kaleng bekas dan juga memiliki ketertarikan mendalam pada dunia lukis dan dunia anak, Siti tertarik membuntut sukses Lani.

Harus Siti akui Lani sangat menginspirasi dan pada akhirnya kini Siti juga turut mencicipi sukses dari usaha kaleng lukis. Perlu proses 4 bulan bagi Siti mampu menghasilkan produk yang sesuai harapan dengan kualitas yang mampu dijual. Dan akhirnya usaha bertajuk Istana kaleng berhasil dia bangun di tahun 2011 dengan produk yang dia jual pada kisaran 15 ribu sampai 300 ribuan.

Tentu saja Siti tidak merasa khawatir akan bersaing ketat dengan Lani, karena Siti membuka usahanya di kota Solo sedang Lani di Jakarta. Justru Siti memiliki pasar yang besar berkat banyak konsumen di kota Solo sudah dibuat penasaran duluan oleh pemberitaan produk Kaleng Lani, branding dari karya kreatif Lani di Jakarta.

Karena merasa pasar lokal saja sudah sangat cukup untuk diolah, Siti lebih banyak bermain di pasar lokal. Itu sebabnya Siti sangat gemar mengikuti aneka bazaar, pameran dan ikut serta dalam berbagai perkumpulan pelaku usaha kecil untuk bisa semakin membangun usaha kecilnya ini. Siti memang hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tapi justru Siti mencari usaha sampingan yang bisa dia kerjakan tanpa membuatnya kehilangan peran sebagai ibu yang seutuhnya.

Tak berbeda dengan Lani, Siti juga sudah mampu memproduksi sampai 1000 buah kaleng lukis aneka bentuk dan model dan membuatnya yang hanya berawal dari modal 100 ribuan kini bisa memilii galeri Istana Kaleng sendiri.

Anda bisa lihat bukan? Para wanita muda ini ternyata mampu mengembangkan sebuah info usaha sampingan yang sukses hanya dari hobi dan kecintaannya pada dunia anak. Bagi Anda yang tertarik dengan info usaha sampingan ini, satu catatan yang perlu Anda ambil dari kedua kisah sukses ini, kreatifitas adalah sebuah modal besar dari kesuksesan.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar:www.tabloidnova.com

Tag:

usaha pernak pernik, usaha sampingan membuat pernak pernik, pernak pernik yg bisa dibuat usaha, pernak pernik yang dapat dijadikan usaha, peluang bisnis pernak pernik rumah, kaleng lukis kecil, jualan pernak pernik ap yg laku 2017, cara usaha pernak pernik, bisnis pernak pernik, bisnis kreatif pernak pernik
Info Usaha Sampingan Bagi Pecinta Anak, Pernak-Pernik Kaleng Lukis | Hari Murti | 4.5

Komentar :