Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa; Usaha Cetak Hardcase Handphone

Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa; Usaha Cetak Hardcase Handphone

Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa; Usaha Cetak Hardcase Handphone

Mahasiswa memang kerap akrab dengan gadget dan teknologi. Dan itu sebabnya ide usaha sampingan untuk mahasiswa ini sangat cocok untuk Anda yang berstatus mahasiswa. Usaha itu adalah usaha percetakan hardcase handphone.

Sebenarnya tidak hanya jasa cetak hardcase handphone saja, karena dengan alat mesin cetak yang sama Anda bisa mencetak gambar pada media lain, mulai dari media kaca, batu, mug, piring bahkan plastik. Anda bisa memulai sebuah ide usaha sampingan untuk mahasiswa yang cukup beragam dengan jasa semacam ini.

Ya…modal Anda hanya seperangkat mesin cetak dengan sistem 3D Sublimasi. Mesin ini mencetak dengan teknik khusus yang memindahkan gambar yang sudah Anda cetak pada kertas sublime dengan perantara panas. Cara ini akan melekatkan gambar tadi pada media yang Anda maksud secara permanen dan awet. Mampu menyelubungi seluruh permukaan termasuk permukaan yang bersudut atau bergelombang. Termasuk Anda aplikasikan pada media yang lentur atau keras.

Meski ada kelemahan pada sistem cetak sublimasi dimana Anda tidak bisa mencetak dengan hasil cetak bertekstur atau timbul, tetapi sebenarnya kelemahan ini tidak sepenuhnya krusial. Kebanyakan konsumen atau pengguna hardcase handphone masih lebih menyukai permukaan case yang halus dari permukaan yang bertekstur.

Yang membuat usaha ini layak menjadi ide usaha sampingan untuk mahasiswa karena usaha ini terbilang simpel, yang Anda butuhkan dalam proses produksi adalah gambar atau desain grafis yang akan Anda torehkan pada produk media. Proses pengerjaan tidak lama, Anda bisa menggunakan 2 -3 jam waktu ssenggang Anda untuk memproduksi sampai 50 item produk.

Selain itu kebanyakan penggemar dari hardcase handphone ini adalah anak muda. Karena hasil cetak nantinya akan sangat cerah, penuh warna dan penuh gambar. Kadang mereka bisa menorehkan gambar artis favorit, club sepakbola idola, sampai gambar anime dan manga. Dengan demikian, tidak sulit bagi mahasiswa yang notabene juga anak muda untuk menyentuh pasar mereka dengan cepat.

Malah karena sistem cetak yang perpieces, maka Anda bisa menyediakan jasa cetak custom sesuai pesanan konsumen. Ini akan membuat Anda lebih mudah memikat konsumen karena mereka bisa mendandani handphone mereka sesuai selera pribadi mereka sendiri.

Untuk memulai usaha semacam ini, Anda membutuhkan modal kurang lebih sekitar 20 jutaan. Memang bukan angka yag ringan untuk mereka dari kalangan mahasiswa. Namun biasanya untuk mengakali masalah modal awal ini, banyak pelaku usaha sampingan ini yang memilih memulai usaha ini secara patungan dengan beberapa orang mahasiswa lain.

Modal ini diperuntukan membeli mesin cetak 3D sublimasi seperangkat yang biasanya dikenakan harga sekitar 17 jutaan. Harga sebesar ini termasuk alat cetak sublimasi, printer cetak untuk kertas sublime, set moulding untuk wadah mug dan wadah case handphone, siliko vakum dan sarung tangan tahan panas.Biaya ini akan ditambah biaya pembelian kertas sublim dan tinta sublimasi yang total akan memakan dana sekitar 3 jutaan.

Biarpun memerlukan modal relatif besar, terutama untuk kalangan mahasiswa, usaha semacam ini terbilang sangat menguntungkan. Ambil contoh saja ketika Anda memulai bisnis hardcase handphone. Maka untuk 1 lusin case polos Anda bisa dikenakan biaya sekitar 60 ribuan di pasar kulakan. Setelah Anda cetak harga per case bisa Anda jual dengan harga kisaran 60 ribu bahkan sampai 100 ribuan untuk case dengan desain rumit.

Ada pula ide lain dengan menggunakan sistem cetak direct print. Di sini pencetakan gambar pada case hape akan langsung di printkan pada case. Namun untuk cara kedua ini Anda membutuhkan kemahiran yang cukup tinggi dalam teknik cetak atau hasil cetak tidak rapi bahkan rusak. Dari sisi biaya, sebenarnya tidak banyak berbeda dengan siste cetak sublimasi.

Menariknya Anda bisa membuka usaha ini dengan jalur konvensional dengan membuka sebuah outlet di daerah yang potensial seperti kawasan dekat tongkrongan mahasiswa atau dekat kampus. Anda juga bisa membuka usaha online. Cara kedua ini malah bisa mempertemukan Anda dengan banyak konsumen dari seluruh Indonesia bahkan dari luar Indonesia. Apa Anda tertarik dengan ide usaha sampingan untuk mahasiswa satu ini? -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.kaskus.co.id

Tag:

cara membuat hardcase hp, cara membuat hardcase hp sendiri, cara membuat custom case sendiri, cara membuat casing hp bergambar, cara membuat custom case, harga mesin cetak case handphone, cara membuat case hp bergambar, harga mesin cetak 3d sublimasi sistem vakum, cara buat hardcase hp sendiri, cara membuat hardcase handphone sendiri
Ide Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa; Usaha Cetak Hardcase Handphone | Hari Murti | 4.5

Komentar :