Ide Usaha Modal Kecil, Depot Dawet Ireng

Ide Usaha Modal Kecil, Depot Dawet Ireng

Ide Usaha Modal Kecil, Depot Dawet Ireng

Bila Anda sedang dalam perjalanan menuju Yogyakarta melalui jalur selatan, Anda akan menemukan deretan penjaja dawet ireng di sepanjang jalur antara Kebumen dan Purworejo. Dawet ireng dalah bahasa Indonesia berarti dawet hitam. Inilah yang akan coba saya angkat menjadi ide usaha modal kecil untuk Anda.

Di daerah asalnya kawasan sepanjang Kebumen hingga Purworejo, dawet ireng ini adalah rajanya. Ada sangat banyak penjaja baik yang keliling maupun yang membuka warung kecil di pinggir jalan. Dawet yang terbuat dari tepung beras dan air bakaran merang atau padi kering ini memang salah satu sajian khas dari daerah ini, tepatnya di daerah Butuh, perbatasan kedua kabupaten.

Kalau Anda pernah berkesempatan mencicipi dawet ireng ala Butuh ini, Anda akan menyadari kalau dawet ireng ini memiliki rasa lebih segar dan dingin bila Anda bandingkan dengan dawet hijau. Merang sendiri memang sangat baik sebagai obat panas dalam, jadi tentu saja memberi rasa adem.

Sayangnya meski sangat populer di kedua kabupaten, ternyata tidak mudah menemukan dawet ireng di kota lain. Sekalipun itu di kota Yogya, Semarang atau Purwokerto. Di luar kawasan Kebumen dan Purworejo, dawet ireng masih kalah populer dari dawet ayu yang berwarna hijau.

Artikel lain: Bisnis rumahan, usaha jus buah segar

Inilah ide usaha modal kecil yang bisa Anda kembangkan. Karena untuk membuka depot kecil penjualan dawet ireng Anda sebenarnya tidak membutuhkan banyak modal. Tetapi soal potensi, dengan strategi yang tepat Anda bisa mengeruk hasil yang cukup menggiurkan. Apalagi persaingan dari produk minuman ini masih kecil, jadi anda bisa lebih leluasa memasarkan produk Anda tanpa harus bersaing ketat.

Apa sajakah strategi yang harus Anda siapkan untuk mewujudkan ide usaha modal kecil dawet ireng?

  1. Pemilihan lokasi depot
    Lokasi menjadi penentu nomer satu dalam bisnis ini. Dawet ireng ini kurang populer di luar kawasan Kebumen dan Purworejo, jadi Anda harus lebih tepat dalam memilih lokasi. Utamakan kawasan yang cukup ramai dengan populasi kalangan muda yang tinggi. Pasalnya, kalangan ini lebih konsumtif dengan jajanan dan suka menjajal hal yang baru. Pilihan lain adalah dengan membuka depot di kawasan kuliner, misalkan di dekat deretan warung penjaja hidangan kuliner kaki lima atau malah bekerja sama dengan sebuah restaurant atau food square.
  2. Pelajari cara membuatnya
    Sebelum Anda memulai usaha ini, sebaiknya Anda mempelajari cara membuatnya dengan benar. Pastikan Anda sudah memahami takaran tepat dalam proses pembuatannya demi menjaga konsistensi dan originalitas rasa dari produk dawet yang Anda jual.
  3. Pastikan suplai
    Bila Anda berencana membuka usaha di kota besar, seperti Jakarta misalkan. Maka Anda harus mempertimbangkan ketersediaan bahan baku, seperti merang yang tidak mudah Anda dapatkan di kota besar.
  4. Pembuatan depot usaha
    Untuk berjualan dawet ireng, Anda bisa mencoba dua model gagasan, yakni dengan membuka depot disajikan di tempat atau take away. Cara take away memang lebih praktis dan bisa menekan biaya. Tetapi Anda bisa menambah nilai jual produk dawet ireng Anda dengan membuka depot minum dengan model semi tradisional, lengkap dengan mangkuk dari tempurung, dinding anyaman bambu dan gerobak dagang model pikul. Dijamin pembeli jadi serasa sedang menikmati dawet ireng langsung di daerah Butuh. Depot yang menarik adalah teknik pemasaran paling jitu untuk ide usaha modal kecil ini.
  5. Persiapkan modal
    Untuk mempersiapkan usaha ini, Anda setidaknya membutuhkan modal seitar 1 juta hingga 5 jutaan. Berikut ini adalah rincian modal beserta asumsi keuntungan untuk usaha dawet ireng model depot minum.
Modal awal    
Gerobak pikul 700.000  
Dekorasi dengan anyaman bambu 300.000  
Kursi kayu 550.000  
Peralatan masak 700.000  
Mangkuk tempurung dan sendok 200.000  
Wadah Es 150.000 2.600.000
     
Modal Produksi    
Bahan Baku
(tepung, merang, santan, gula jawa, DLL)
3.200.000  
Bahan Bakar 100.000  
Tenaga Kerja 1.600.000  
DLL 200.000  
Biaya sewa tempat 700.000 5.700.000
     
Asumsi Penjualan (5000 x 50 porsi x 30 hari) 7.500.000
Keuntungan   1.800.000

Bagaimana menurut Anda? Dari ide usaha modal kecil macam ini Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan bukan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha es dawet, usaha dawet ireng, gerobak dawet, franchise dawet ireng, Usaha dawet hitam, bisnis dawet ireng, usaha dawet, dawet hitam wirausaha, resep dawet hitam surga, bisnis dawet
Ide Usaha Modal Kecil, Depot Dawet Ireng | Hari Murti | 4.5

Komentar :