Ide Segar Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Penjaja Kentang Tornado

Ide Segar Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Penjaja Kentang Tornado

Ide Segar Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Penjaja Kentang Tornado

Ada sangat banyak potensi yang bisa Anda gali sebagai ide usaha dengan modal kecil. Salah satu yang cukup menggiurkan adalah usaha dalam bidang makanan ringan. Pasar yang sangat besar, bahkan seakan terus tumbuh dan berkembang tanpa ada habisnya, bagaimana tidak akan menggoda Anda?

Ide usaha makanan ringan termasuk usaha yang menguntungkan dengan modal kecil. Dengan potensi demikian besar, kebanyakan usaha sejenis tidak membutuhkan banyak modal besar untuk mengawalinya. Bukan mustahil memulainya dengan hanya bermodal beberapa ratus ribu saja dan menghasilkan beberapa kali lipat dari modal awal ini.

Masalahnya, hukum “ada gula ada semut” juga berlaku dalam dunia bisnis, artinya bisnis makanan ringan termasuk bisnis yang padat dengan persaingan yang cukup ketat. Anda bisa membuktikannya di setiap sudut kota Anda, pasti Anda akan menjumpai penjaja makanan ringan dengan berbagai ragam jenis dan model.

Salah satu cara populer yang biasa dipilih untuk memasuki pasar yang padat semacam ini adalah diferensiasi. Hanya saja ternyata sekedar diferensiasi tidak akan pernah cukup untuk bersaing dengan cukup baik di pasar padat. Kadang berbeda juga bisa berarti asing dan akhirnya membuat konsumen ragu untuk menjajalnya.

Artikel lain: Mereguk untung dari bisnis kue rumahan

Yang Anda perlukan adalah sebuah produk biasa yang Anda  sulap menjadi berbeda sehingga bisa menjadi jajanan yang menarik di pasar. Dan salah satu jajanan yang bisa saya kategorikan cocok dengan konsep ini adalah usaha jajanan kentang tornado.

Kentang tornado terbuat dari bahan kentang yang sudah sangat merakyat dan cukup familier di lidah konsumen. Kentang ini juga hanya diproses dengan cara goreng  dengan bumbu barbeque bubuk yang juga tidak asing di pasaran. Yang membuatnya berbeda adalah bentuk penyajian dari kentang tornado ini yang berbentuk ulir, mirip dengan tornado atau twister.

Siapa sangka dengan hanya merubah tampilannya saja, kentang murah meriah ini  bisa Anda sulap menjadi jajanan favorit dengan harga yang cukup menjanjikan dan peminat yang cukup tinggi. Itu sebabnya saya katakan usaha ini termasuk usaha yang menguntungkan dengan modal kecil.

Ya…usaha ini memang tidak membutuhkan modal besar. Yang khusus Anda perlukan hanya mesin ulir kentang yang harganya di pasaran hanya berkisar antara 500 ribu hingga 200 ribuan saja. Selebihnya hanya peralatan standar seperti kompor gas dan wajan deepfry serta peniris.

Tapi hasilnya cukup menarik, seorang pemilik usaha jajanan kentang tornado di kota Bandung mengaku bisa mengeruk omset hingga 1 juta perhari.  Sedang seorang penjaja lain di kota Takengon Aceh bisa menghasilkan untung setiap hari 500 ribu.

Biasanya kentang yang sekilo seharga sekitar 10 ribuan dengan isi sekitar 12  buah bisa Anda jual dengan harga mencapai 5 ribuan. Ada pula yang memilih ukuran besar sekitar 5 buah perkilo dan menjualnya dengan harga 10 ribu matang.

Anda bisa menjualnya cukup tinggi karena kentang yang awalnya berukuran kecil ini setelah Anda kupas akan Anda ulir dengan mesin ulir hingga tampak lebih panjang setidaknya sekitar 3 kali lipat. Ukuran yang tampak besar ini membuat konsumen bersedia membeli dengan harga lebih tinggi.

Biasanya hasil uliran tadi Anda kaitkan pada sebatang bilah bambu dan Anda goreng. Setelah garing kemudian Anda taburkan dengan bubuk barbeque untuk perasa. Penambahan rasa ini juga akan menambahkan nilai jual dari kentang dengan cara yang cukup murah meriah.

Anda bisa memilih usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini untuk Anda lokasikan di kawasan padat seperti kawasan pemukiman, pertokoan, pusat perbelanjaan, kawasan sekolah atau kampus. Kawasan-kawasan ini menjadi wadah terbesar untuk konsumen yang memiliki minat cukup tinggi dengan produk jajanan dan camilan jadi sangat potensial untuk usaha kentang tornado milik Anda.

Biasanya teknik pemasaran terjitu dari usaha ini adalah aroma. Aroma dari hasil gorengan hangat kentang pada minyak panas sangat sukses menggoda konsumen untuk mencicipi. Selain itu Anda bisa lebih menggoda lagi dengan memasang banner yang “eye Catchy” di depan booth Anda.

Kalau Anda tertarik untuk menjajal usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini, berikut asumsi biaya dan permodalan yang perlu Anda siapkan. Saya sertakan pula asumsi penghasilan berdasar hasil penjualan penjaja kentang tornado yang sudah berjalan.

Modal awal
Mesin ulir kentang                          300.000

Kompor                                         250.000
Penggorengan deep fry                    200.000
Peniris                                            30.000
Wadah-wadah                                 30.000                
Booth bekas                                    500.000
Recovery Booth                                150.000
Banner                                             100.000

TOTAL                                             1.460.000

Biaya Produksi 1 hari

Kentang 5 kilo                                    50.000
Minyak goreng                                    44.000  
Bumbu                                               30.000
Tusuk sate besar                                5.000  

TOTAL                                                                          129.000

Omset perhari (60 x 5.000)                                          300.000

Laba perhari                                                                  171.000

 

Kalau dalam satu hari dengan hanya berproduksi 5 kilo saja Anda bisa menghasilkan untung 171 ribu. Maka dalam satu bulan hasil Anda dalam kisaran 5 -6 juta. Bisa Anda lihat bagaimana usaha yang menguntungkan dengan modal kecil ini akan memberi Anda hasil yang fantastis kan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha jajanan yang menjanjikan, jualan jajanan yang menguntungkan, jualan yang menguntungkan, jualan makanan ringan yang menguntungkan, usaha omset 1 juta perhari, bisnis jajanan, usaha jajanan pasar yang menjanjikan, usaha jajanan pasar yang menguntungkan, bisnis murah menguntungkan, jualan makanan murah meriah
Ide Segar Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Penjaja Kentang Tornado | Hari Murti | 4.5

Komentar :