Ide Peluang Usaha Di Rumah, Hasil Menarik Modal Terbatas Dan Mudah Anda Kerjakan. Usaha Ternak Jangkrik Rumahan

Ide Peluang Usaha Di Rumah, Hasil Menarik Modal Terbatas Dan Mudah Anda Kerjakan. Usaha Ternak Jangkrik Rumahan

Ide Peluang Usaha Di Rumah, Hasil Menarik Modal Terbatas Dan Mudah Anda Kerjakan. Usaha Ternak Jangkrik Rumahan

Salah satu peluang usaha di rumah di Indonesia yang seolah tidak akan senyap adalah bisnis penjualan burung hias. Burung dengan warna-warna bulu yang cantik dan suara yang merdu memang tidak pernah kehilangan penggemar bahkan pada saat tertentu mengalami ledakan penggemar.

Dari tingginya minat masyarakat akan burung hias, Anda bisa beberapa ide menemukan peluang usaha di rumah skala kecil-kecilan yang simpel dan tidak memakan banyak biaya. Salah satu peluang usaha tersebut adalah usaha ternak jangkrik rumahan. Ini semacam efek samping dari perkembangan bisnis burung hias yang marak ini.

Jangkrik sendiri adalah satu jenis pakan wajib untuk burung kicauan demi bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, nyaring dan merdu. Beberapa pakar usaha ternak burung kicauan berpendapat kandungan protein unik dari jangkrik membantu burung meningkatkan energinya untuk menghasilkan suara yang kuat, karenanya suaranya akan terdengar lebih nyaring, bulat sekaligus merdu.

Usaha jangkrik rumahan ini memang sangat cocok menjadi ide baru bagi Anda yang tengah mencari peluang usaha di rumah dengan modal pas-pasan namun memiliki potensi yang cukup meyakinkan. Dan untuk Anda yang penasaran dengan ide peluang usaha di rumah satu ini, kami sengaja mengulasnya pada kesempatan ini. Kita akan membahas mengenai usaha ternak jangkrik rumahan.

Usaha satu ini tergolong bukan usaha yang memakan tempat dan memakan biaya besar. Anda bisa mulai dari skala kecil dulu seperti dengan membongkar lahan kosong di area pekarangan Anda menjadi kotak-kotak kayu ukuran standar 1 x 1 m.

Buat peneduh maksimal sehingga sepanjang waktu kotak ini selalu terkesan berada di gelap malam. Buat dengan rapat supaya jangkrik kecil tidak mudah menyelinap dan masukan daunan kering sebagai ruang sembunyi bagi jangkrik. Tambahkan olesan tanah liat basah di dinding kandang, karena ini semakin membantu Anda membentuk ekosistem asli dari para jangkrik.

Bahan bisa dari tripleks dengan rangka kayu kaso, tambahkan kaki dan berikan minyak tanah di kakinya itu secara berkala demi mencegah serangan serangga lain atau cecak. Anda juga bisa buat kotak bertingkat untuk penghematan tempat. Secara umum biaya untuk pembuatan kandang ini hanya akan berkisar Rp 200 ribuan saja.

Setelah Anda siap dengan kandang yang layak, Anda bisa langsung mulai menyiapkan bibit. Pilihlah bibit yang sehat, tidak cacat dengan usia masih di kisaran belasan hari. Ada baiknya di saat yang sama Anda juga membeli indukan jangkrik supaya di kemudian hari Anda bisa memijah sendiri bibit jangkrik untuk usaha ternak ini.

Memijah jangkrik memberi Anda dua keuntungan, karena Anda tidak lagi repot dengan biaya mempersiapkan bibit jangkrik dengan Anda sudah bisa memijah sendiri bibit. Di sisi lain, Anda juga bisa menjadi penyalur bibit di pasaran terutama di kalangan pelaku usaha serupa.

Karena sebenarnya pemijahan dan proses pembibitan jangkrik tergolong sederhana. Proses kawin cednerung mudah selama Anda melakukan perjodohan dengan cara memnyatukan indukan jantan dan betina dalam satu kandang ukuran kecil. Siapkan pasir dalam kandang karena media ini digunakan jangkrik untuk menyipan telur mereka.

Berbeda dengan masa pemijahan ini, maka proses pemeliharaan bayi angkrik usia di bawah 10 hari justru harus cukup seksama. Tingkat kegagalan cukup tinggi di sini dan salah satu aspek yang tidak boleh luput dalam proses ini adalah pemberian makanan. Jangkrik kecil terbilang cukup rakus dan mereka juga akan tumbung pesat selama pakan mereka terpenuhi.

Untuk itu aspek pakan sangat berperan dalam menjalankan peluang usaha di rumah satu ini. Kuncinya adalah dengan memadukan beragam pakan ternak kualitas baik macam voor (pakan ayam), bekatul, kuning telur bebek, ragam sayuran, beras ketan item dan masih banyak lagi. Jangkrik termasuk jenis omnivora, jadi Anda memang perlu memadukan ragam pakan hewani dan nabati.

Sudah dengan bahasan mengenai penerapan teknik ternak jangkrik sebagai peluang usaha di rumah,sekarang mari kita jawab rasa penasaran Anda yang terakhir. Berapa keuntungan potensial dari bisnisjangkrik satu ini.

Berdasar salah satu pelaku usaha jangkrik asal Jawa Barat, dalam satu kandang biasanya berisi sekitar 1,5 ons atau sekitar 300 ekor. Waktu yang diperlukan untuk panen hanya sekitar 1 bulan. Selama ini intensitas biaya sebagian besar hanya tersalur untuk pakan dan karenanya ketika Anda menjual dengan nilai kisaran 100 – 200 ribuan perkilo. Bila Anda memiliki setidaknya 10 kotak kandang, maka dengan sendirinya Anda bisa mendapat omset sekitar 1,5 jutaan. Bukankah peluang usaha di rumah ini menarik? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha ternak yang tidak memakan tempat, Car Usaha sukses dengan membuat taman burung kecil kecilan, foto jangkrik, Foto taman burung rumahan atau kecil kecilan, usaha dengan modal dan tempat terbatas, usaha ternak apa yang meyakinkan
Ide Peluang Usaha Di Rumah, Hasil Menarik Modal Terbatas Dan Mudah Anda Kerjakan. Usaha Ternak Jangkrik Rumahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :