Ide Brilian Bisnis Kecil Untung Besar; Usaha Suplier Sayuran Hidroponik

Ide Brilian Bisnis Kecil Untung Besar; Usaha Suplier Sayuran Hidroponik

Ide Brilian Bisnis Kecil Untung Besar; Usaha Suplier Sayuran Hidroponik

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai ide usaha pertanian yang rupanya memberi potensi beberapa kali lebih baik untuk lahan sempit, yakni usaha pertanian hidroponik. Rupanya dari usaha pertanian macam ini, Anda bisa menemukan ide lain sebuah bisnis kecil untung besar yang bisa Anda jalankan tanpa perlu terjun langsung pada industri pertanian.

Adalah Tatang Hadiwinata dengan PT Saung Mirwan yang beliau dirikan sejak tahun 1984. Pada awal usahanya berdiri, Tatang memang membangun sendiri usaha pertanian dengan prinsip hidroponik dengan membuka lahan dan green house seluas 7 hektar di kawasan Bogor.

Namun seiring perkembangan usahanya, beliau kemudian membangun usaha pengemasan sayuran sebagi lini usaha. Lini tambahan ini sebenarnya adalah kiatnya demi bisa lebih efektif dalam memasuki pasar supermarket yang persaingannya sudah cukup ketat.

Bersamaan dengan itu, PT Saung Mirwan juga membangun usaha pelatihan pertanian hidroponik. Tanggapan yang begitu besar terhadap pelatihan dan pembinaan yang dikembangkan oleh PT Saung Mirwan membuat Saung Mirwan melihat potensi yang cukup baik dari sistem pembinaan ini. Seiring dengan semakin besarnya permintaan sayuran kemasan yang masuk.

Ahirnya justru Tatang menjual lahan 7 hektarnya pada tahun 2012 lalu kepada para petani dan fokus hanya pada pembinaan dan pengemasan sayuran hidroponik. Untuk memenuhi permintaan sayuran kemasan, Tatang menjalin kerjasama dengan setidaknya 100 petani mitra. Yang tesebar di kawasan Bogor, Garut, Tasik dan Bandung.

Sayuran yang diterima dari para mitra akan diproses dalam dua bagian. Satu bagian sekedar mengemasnya dengan plastik dan wadah stereofoam. Sedang pada bagian lain sayuran akan dikupas dan dipotong dalam ukuran sesuai jenis masakan tertentu atau pesanan dan dikemas secara khusus dalam plastik.

Dengan cara pengemasan ini, sayuran dalam kemasan akan bertahan lebih lama, tidak mudah busuk dan sari sayurannya bisa bertahan lebih lama. Konsumen dari usaha pengemasan sayuran hidroponik ini adala supermarket , hotel, restoran dan catering skala besar hingga penerbangan dan kapal laut.

Dalam satu minggu, PT Saung Wirman ini akan memproses sayuran hingga belasan ton. Dari produksi besarnya, PT Saung Mirwan mampu mengeruk omset hingga lebih dari 2 milyar dalam satu bulan dengan margin antara 15 % sampai 45 %. Angka keuntungan terbesar datang dari pengemasan sayuran potong siap saji karena harga pasarannya lebih besar dari sayuran kemasan utuh.

Menariknya semua hasil ini sepenuhnya datang dari pemrosesan sayuran saja. Karena PT Saung Wirman kini sama sekali tidak memiliki lahan pertanian. Sepenuhnya sumber sayuran datang dari mitra petani di bawah pembinaannya. Karenanya di sisi tenaga kerja, malah usaha PT Saung Mirwan ini hanya membutuhkan tenaga kerja sebanyak 100 orang yang fokus sebagai operator proses pemotongan dan proses pengemasan

Menariknya, usaha ini tergolong bisnis kecil untung besar. Pasalnya usaha ini terbilang tidak memakan biaya besar di awal usahanya. Karena dengan usaha semacam ini, Anda tidak memerlukan lahan pertanian, bahkan peralatan hanya mesin pemotong sayuran yang bisa Anda temukan dengan harga relatif terjangkau.

Biaya awal terbesar pada awal usaha dari PT ini malah dikeluarkan untuk proses perijinan karena biasanya konsumen skala besar macam hotel dan restoran bintang 5 enggan bekerjasama dengan usaha tanpa perijian resmi.

Di sisi lain biaya produksi juga lebih di besarkan untuk pembelian sayuran sebagai bahan baku utama. Bagi Tatang, cara ini membuat mereka tidak lagi repot dengan biaya pemeliharaan pertanian yang juga memakan banyak tenaga kerja. Justru dengan cara ini PT Saung Wirman dapat fokus pada usaha sayuran kemasan dan menekan harga pokok penjualan dengan efektif.

PT Saung Wirman juga menjalankan sistem ganda dalam sistem distribusinya. Beberapa konsumenya menyediakan sendiri jalur distribusinya, sehingga lagi-lagi tidak memakan biaya bagi pihak T Saung Wirman. Meski sebagian lain masih menggantungkan pada jalur distribusi yang disediakan oleh pihak perusahaan.

Rupanya dari peluang usaha pertanian model hidroponik, Anda bisa mengembangkan bisnis kecil untung besar yang memberi Anda hasil lebih dari sekedar menjanjikan. Bahkan lebih dari itu, dari usaha Anda ini, Anda bisa membantu mengangat harkat hidup para petani, dengan membantu mereka menjual produk mereka ke pasar premium.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis sayuran hidroponik, lahan sempit untung besar, usaha sayuran hidroponik, pengepul sayuran hidroponik, peluang usaha sayuran hidroponik, harga sayuran hidroponik, Pemasaran sayuran hidroponik, pasar hidroponik, bisnis sayur hidroponik, cara bisnis sayuran
Ide Brilian Bisnis Kecil Untung Besar; Usaha Suplier Sayuran Hidroponik | Hari Murti | 4.5

Komentar :