Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa, Pembuatan Tas Laptop Dari Limbah Jeans

Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa, Pebuatan Tas Laptop Dari Limbah Jeans

Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa, Pebuatan Tas Laptop Dari Limbah Jeans

Ide dan peluang usaha memang bisa muncul dari mana saja, selama Anda peka dengan lingkungan Anda. Membaca setiap kesempatan yang muncul di sekitar Anda. Meski itu hanya untuk menjadi bisnis sampingan untuk mahasiswa.

Hal inilah yang menjadikan seorang mahasiswa tahun ke 3 dari Universitas Negeri Yogyakarta memulai bisnis sampingan untuk mahasiswa yang kini dia geluti. Ghosa Kurnia Fistika adalah satu contoh mahasiswa yang peka melihat masalah di masyarakat dan melihatnya sebagai potensi usaha yang layak digarap dan ditekuni.

Tak jauh dari tempatnya tinggal berdiri sebuah garmen dengan bahan jeans yang memproduksi jeans setidaknya mencapai 1000 – 3000 pieces setiap harinya. Dari ribuan pieces ini, maka limbah kain percanya terbuang begitu saja dan diabaikan. Padahal sudah tentu bakan jeans ini sebenarnya sangat unggul, karena lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Berbekal kemampuannya menjahit, Ghosa mencoba memungut kain perca jeans ini dari pembuangan dan berkreasi dengannya. Jadilah sebuah soft case aliasn tas laptop ringan yang apik. Ghosa sendiri mendesain tas soft case ini dengan cukup cermat, seperti dengan menambahkan isian alumunium foil pada sisi dalam untuk membuat soft case sedikit lebih kaku.

Kemudian sebagai cover luar Ghosa sengaja menambahkan pastik khusus untuk menjaga soft case tetap bersih sekaligus memberi efek glossy pada kemasan. Sedang pada sisi dalam, Ghosa menambahkan vooring khusus anti gores untuk mencegah kemasan soft case laptop ini merusak permukaan laptop sehingga aman 100 %.

Rupanya inovasi produk karangan Ghosa mendapat tanggapan positif dari akademisi UNY dan akhirnya melibatkanya dalam sebuah organisasi wira usaha muda binaan dari UNY. Ghosa dan 3 orang temannya kemudian menseriusi bisnis sampingan untuk mahasiswa ini dengan modal awal dari dana bantuan lembaga pembinaan wirausaha UNY, sebesar 5 juta.

Dana 5 juta oleh Ghosa dioptimalkan untuk perangkat produksi supaya pekerjaan produksi bisa lebih cepat dikerjakan. Ghosa dan tim juga mulai putar otak dalam hal desain dan sistem produksi, termasuk mempersiapkan semua channel baik sumber bahan baku yang bisa mensuplai usaha dengan kontinuitas baik dan pasar yang siap menampung produk dengan optimal. Sementara itu, karena baru mulai, mereka belum melihat adanya kepentingan untuk memiliki tenaga kerja.

Salah satu upaya ini mempertemukan Ghosa dengan pengrajin plastik limbah asal Bantul. Ghosa melakukan kerja sama dengan pihak pengrajin ini untuk mensuplai kebutuhannya akan lapisan plastik semi keras pada sisi luar soft case laptop buatannya itu.

Pada tahap awal, mereka memulai dengan menyiapkan 15 tas soft case dengan model dan desain yang berbeda. Kemudian dengan sarana instagram, facebook dan forum jual beli di dunia maya mereka menawarkan produknya. Rupanya tanggapan pasar cukup memuaskan untuk sebuah tahap perkenalan. Dalam satu bulan Ghosa mendapat pesanan hingga 60 pieces.

Dengan harga jual pada kisaran 50 ribu sampai 85 ribu tergantung ukuran, maka omset yang sukses Ghosa keruk dari penjualan perdananya ini bisa mencapai 4 jutaan, dengan margin berkisar 50 %. Sebuah hasil yang terbilang memuaskan untuk sebuah tahapan awal bisnis sampingan untuk mahasiswa yang Ghosa dan rekan-rekannya jalankan.

Kini setelah berjalan 1,5 tahun, Ghosa dan rekan-rekannya masih meneruskan bisnis kecilnya ini sembari menyelesaikan bangku kuliah. Dengan brand JnP Craft, kini dalam satu bulan Ghosa bisa mendapatkan pesanan hingga 150 buah, bahkan kadang lebih bila Ghosa sedang mengikuti pameran di putaran kota Yogyakarta. Dalam satu bulan Ghosa dan rekan-rekannya bisa membukukan omset tak kurang dari angka 10 juta.

Menjadi mahasiswa bukan alasan untuk menunda kesuksesan dan mencicipi keberhasilan dalam dunia bisnis. Malah seringkali berawal dari bisnis sampingan untuk mahasiswa inilah kemudian Anda bisa mempersiapkan fondasi bisnis yang kuat untuk masa depan Anda. Dan menduduki singgasana bisnis Anda di kemudian hari dengan mantap dan kokoh. Dan itulah yang kini tengah di rintis oleh mahasiswi muda satu ini Ghosa dengan rekan-rekannya melalui tas softcase Laptop, JnP Craft. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara membuat tas laptop sendiri, cara membuat tas laptop, cara membuat tas notebook, membuat tas laptop, cara membuat tas untuk notebook, usaha tas laptop, tempat laptop, cara membuat dompet dari kain jeans, membuat tas sendiri di rumah, cara membuat tas laptop dari kain bekas
Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa, Pembuatan Tas Laptop Dari Limbah Jeans | Hari Murti | 4.5

Komentar :