Ide Bagus Untuk Usaha Sampingan Tanpa Modal

Ide Bagus Untuk Usaha Sampingan Tanpa Modal

Ide Bagus Untuk Usaha Sampingan Tanpa Modal

Salah satu ide mutakhir dan paling mantap untuk usaha sampingan tanpa modal adalah usaha dengan model dropship. Saya pernah berpanjang lebar dengan masalah dropship ini beberapa waktu lalu. Kali ini saya akan mencoba membahas urusan dropship ini dari sudut pandang yang lebih mudah dan sederhana. Karena sebenanrya usaha dengan model dropship ini bisa menjadi sangat simpel kok.

Artikel ini terinspirasi dari seorang kenalan yang menjalankan usaha dropship makanan yang sudah beliau jalankan selama  1 tahun. Katakan saja namanya Ibu Bekti. Beliau adalah seorang karyawan Tata Usaha di sebuah Sekolah Menengah Pertama di kota Kebumen.

Dengan empat orang anak dan suami yang hanya seorang pensiunan PNS sudah pasti kehidupan keluarga ibu Bekti ini terbilang pas-pasan. Jadi ibu Bekti harus memutar otak supaya bisa mendapatkan pengahsilan tambahan demi meningkatkan keadaan hidupnya.

Dengan berlatar belakang kisahnya ini beliau ternyata menemukan ide yang patut menjadi contoh. Beliau melihat kebanyakan para guru harus bekerja penuh waktu sehingga tidak sempat lagi untuk memasak untuk keluarganya di rumah. Kalau di hitung-hitung setidaknya ada sekitar 30an tenaga pengajar dan tenaga administrasi yang berada di tempatnya bekerja.

Dari sinilah ibu Bekti mencoba melakukan pendekatan dengan beberapa ibu rumah tangga di sekitar rumahnya yang memiliki keahlian dengan beragam hidangan mereka masing-masing. Ibu Bekti meminta mereka memasak sesuai keahlian mereka, menjual semua hidangan rumahan ini ke kantor tempatnya bekerja. Semua hidangan ini sudah dibungkus dalam kemasan-kemasan paketan sehingga memudahkan ibu Bekti membawanya ke kantor.

Asumsinya dengan hanya mengandalkan konsumen dari rekan satu kantornya saja, beliau pasti sudah bisa mengantongi keuntungan yang tidak sedikit. Padahal Ibu Bekti sama sekali tidak bermodal dana apapun untuk menjual produk makanan ini, karena sepenuhnya modal berasal dari para produsen makanan ini. Beliau hanya menjualkan makanan yang dititipkan padanya.

Pada dasarnya ibu Bekti memang berorientasi pada usaha tanpa modal, karena memang sejak awal, beliau tidak memiliki modal untuk usaha. Dengan kondisi ekonomi pas-pasan, beliau tidak mudah menyisihkan hasil bulanannya untuk modal usaha. Itu sebabnya beliau mencoba ide bisnis dropship sederhana ini

Sebelum ibu Bekti berangkat kerja di pagi hari, beliau sudah mengambil setiap produk makanan yang akan beliau jual di rumahnya. Mengemasnya dalam kotak plastik supaya mudah beliau bawa sembari berangkat ke kantor

Pada awal usaha beliau hanya membawa sedikit makanan, namun kini semakin banyak tetangganya yang tertarik menitipkan makanan padanya. Semakin banyak pula konsumen yang mencarinya. Selain dari sekolah tempat beliau bekerja, kadang beliau juga mendapat permintaan dari sebuah puskesmas dan bank swasta yang berada tidak jauh dari tempatnya bekerja.

Siapa sangka dari usaha sampingan tanpa modal yang ibu bekti jalankan, kini beliau bisa menghasilkan omset sekitar 300 ribu tiap hari. Dari angka ini setidaknya beliau sudah bisa menghasilkan keuntungan hingga 50 ribuan. Artinya dengan 6 hari kerja, beliau sudah mengumpulkan hasil sekitar 1,3 juta.

Jelas bukan hasil yang kecil kan? Padahal ibu Bekti hanya menjalankannya di sela-sela waktu kerjanya sebagai tenaga Tata Usaha dan disaat beliau pulang kerja. Konon hasilnya mendekati penghasilannya sebagai tenaga Tata Usaha.

Hingga kini Ibu Bekti tidak berencana melepas pekerjaannya sebagai tenaga Tata Usaha sekolah meski usahanya mulai berkembang., karena baginya justru dari pekerjaannya sebagai tenaga Tata Usaha inilah beliau mendapatkan hasil besar dari usaha sampingan tanpa modal ini. Jika beliau meninggalkan pekerjaannya di kantor beliau kehilangan pasar yang cukup potensial yang sulit untuk beliau gantikan.

Cerita ini saya kisahkan untuk Anda untuk membuka wacana Anda bahwa ada sangat banyak potensi yang bisa Anda gali di sekitar Anda untuk menjadi usaha sampingan tanpa modal. Bahkan dengan cara yang sangat sederhana dan mudah. Anda tidak melulu  harus mencari channel dari internet atau dari produsen besar dengan perjanjian rumit.

Asal Anda mau berusaha pasti ada jalan, benar kan? Buktinya  usaha sampingan tanpa modal saja ternyata Anda bisa menghasilkan untung yang menggiurkan. Cukup dengan ide usaha yang joss untuk Anda jalankan. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha tanpa modal 2016, bisnis tanpa modal 2016, peluang usaha tanpa modal 2016, usaha tanpa modal, peluang bisnis tanpa modal 2016, bisnis rumahan tanpa modal 2016, usaha makanan tanpa modal, peluang usaha 2016 tanpa modal, usaha modal tenaga, ide bisnis tanpa modal
Ide Bagus Untuk Usaha Sampingan Tanpa Modal | Hari Murti | 4.5

Komentar :