Geliat Memikat Usaha Budidaya Ikan Bawal, Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Geliat Memikat Usaha Budidaya Ikan Bawal, Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Geliat Memikat Usaha Budidaya Ikan Bawal, Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Salah satu yang menarik dari dunia bisnis di Indonesia adalah tingginya potensi pengembangan usaha agribisnis. Kondisi tanah yang subur, ditambah curah hujan yang relatif baik mendorong beragam jenis usaha agri bisa berkembang dengan pesat. Tidak hanya usaha pertanian, tetapi juga usaha perikanan tawar macam usaha budidaya ikan bawal, ikan gurame, patin, lele dan masih banyak lagi.

Untuk jenis usaha budidaya ikan bawal, meski namanya ikan ini tidak sepopuler ikan lele, ikan mas atau ikan gurame, ikan bawal kerap dijadikan alternaif hidangan ikan untuk kelas yang lebih tinggi sebagai sejenis substitusi untuk ikan gurame yang lebih mahal.

Keberadaan ikan bawal sebagai jenis substitusi di pasar, memicu produk ini cukup banyak diminati dan memiliki permintaan yang cukup tinggi. Apalagi ada sederet kelebihan dari ikan bawal yang membuatnya cukup menarik untuk Anda kembangkan sebagai usaha budidaya ikan bawal, antara lain :

–        Pertumbuhan cukup cepat sehingga masa panen untuk perputaran modal juga dapat berlangsung lebih cepat.

–        Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kondisi limnologis yang kurang baik, sehingga tidak rentan akan hama dan penyakit.

–        Ikan bawal termasuk jenis omnivora yakni pemakan segalanya. Dengan nafsu makan yang tinggi ini membuat ikan bawal dapat mencapai berat yang mencukupi ketika dipanen nantinya.

–        Rasa daging yang gurih dan bertekstur cukup lembut, bahkan hampir mirip dengan gurihnya ikan gurameh.

Melihat peluang tersebut pak Sudaryo seorang warga Dusun Ponowaren Nogotirto Yogyakarta membangun usaha budidaya ikan bawal secara serius. Awalnya usahanya hanya terdiri dari 1 kolam untuk sekedar usaha sampingan belaka di luar usaha pertanian yang ditekuninya. Namun belakangan beliau menyadari potensi dari bawal dan menambah kolam nya menjadi 4.

Karena peluang yang cukup menguntungkan, dimana dalam satu kolam sama saja dengan produksi 1 lahan pertanian akhirnya Pak Sudaryo beralih fokus ke perikanan dan membentuk kelompok usaha perikanan Mina Sejahtera bersama dengan kurang lebih 40 orang anggota di desanya.

Ikan yang dibudidayakan oleh kelompok tani Mina Sejahtera adalah ikan bawal. Untuk benih sendiri seharga Rp. 20.000/kg. Dalam satu kolam bisa ditebarkan sampai dengan 1.000 bibit dimana saat panen nantinya dapat menghasilkan 50-80kg. Bibit ini biasa mereka dapatkan dari kelompok tani Burikan dan dinas perikanan Rewulu.

Untuk pakan ikan bawal ini Pak Sudaryo juga menggunakan pakan substitusi berupa pakan alami yang banyak berasal dari dedaunan dan sisa industri rumah tangga. Sebagai nutrisi tambahan bisa juga diberikan teri rancah.

Pakan alami tersebut biasanya didapatkan dari lingkungan desa sekitar. Mereka juga menggunakan pakan pabrik namun dalam jumlah sedikit. Berdasarkan dari pengalaman yang sudah-sudah, ikan yang dihasilkan dengan memaksimalkan pakan alami akan lebih efektif karena menghasilkan ikan bawal yang memiliki bobot yang lebih dan rasanya pun lebih gurih daripada diberi pakan dari makanan pabrikan.

Pada proses pemeliharaannya, biasanya tiap anggota akan memelihara kolam mereka masing-masing. Namun ketika masa panen datang, kelompok tani Mina Sejahtera akan bahu membahu bergotong royong membantu memanen anggota lainnya. Hal ini cukup menguntungkan mengingat saat panen memang dibutuhkan tenaga yang banyak. Dan kegiatan gotong royong ini akan mengurangi beban biaya mereka.

Konsumen yang membeli ikan mereka biasanya adalah pedagang pasar dan pemilik rumah makan yang memang sudah menjadi pelanggan tetap mereka. Selain itu juga terdapat tetangga-tetangga rumah mereka yang membeli untuk keperluan makan sehari-hari.

Kedepannya untuk perkembangan selanjutnya kelompok tani Mina Sejahtera akan mengajukan proposal ke dinas perikanan untuk pengembangan penampungan kolam yang akan digunakan untuk hasil penampungan sementara dari para anggota sehingga harga yang dijual bisa distandarkan dan dengan angka yang lebih maksimal.

Selain itu, pihak kelompok tani ini berencana untuk membangun sistem yang bisa memutuskan rantai penjualan menjadi lebih pendek dengan menjalin kerjasama dengan pelaku usaha pengolahan ikan macam restoran atau catering demi bisa mendapatkan harga yang lebih baik. Besar harapan dengan cara ini para pelaku usaha budidaya ikan bawal bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.zonaikan.wordpress.com

Tag:

profil pengusaha sukses budidaya ikan bawal, bisnis pelihara ikan bawal, pengalaman pelihara bawal, orang yang sukses dalam budidaya ikan bawal, omswt budidaya ikan bawal, omset ikan bawal perbulan, contoh kliping artikel pengusaha budidaya ikan bawal yg sukses, budidaya ikan paling menguntungkan modal kecil untung besar, bisnis bawal, Usaha ternak bawal
Geliat Memikat Usaha Budidaya Ikan Bawal, Bisnis Yang Sangat Menguntungkan | Hari Murti | 4.5

Komentar :