Contoh Usaha Modal Kecil, Usaha Kedai Bubur Ayam, Omset Belasan Juta

Contoh Usaha Modal Kecil, Usaha Kedai Bubur Ayam, Omset Belasan Juta

Contoh Usaha Modal Kecil, Usaha Kedai Bubur Ayam, Omset Belasan Juta

Sarapan itu sifatnya wajib, konon menurut kesehatan ketika Anda melewatkan waktu sarapan ketika itulah Anda justru menurunkan produktivitas Anda. Sayang sekali bukan bila karena masalah sarapan saja Anda melewatkan kesempatan untuk berprestasi. Dari sinilah muncul ide sebuah contoh usaha modal kecil untuk i kembangkan.

Masalahnya banyak orang memang mengeluhkan betapa sulitnya menyiapkan sarapan di pagi hari. Waktu yang mendesak ditambah keribetan yang muncul di pagi hari kadang membuat seseorang tidak sempat sarapan dengan sehat dan baik. Itulah sebabnya Anda perlu mencari solusi cepat sarapan sehat yang sangat berkhasiat membantu menjaga kondisi tubuh tetap bugar di pagi hari.

Salah satu pilihannya adalah contoh usaha modal kecil satu ini, yakni usaha kedai bubur ayam. Siapa sih tidak kenal menu paling merakyat di pagi hari ini. Rasanya semua orang juga kenal dengan salah satu menu wajib pagi ini. Bubur ayam, bubur nasi dengan bumbu khusus, kuah kari, suwiran ayam, taburan kacang kedelai goreng dan cakwe.

Menu sederhana ini memang sangat cocok sebagai menu pagi karena bubur yang ringan dan mudah dicerna sangat tepat sebagai pengisi perut di pagi hari. Konon makan bubur dipagi hari sangat baik untu menjaga kondisi pencernaan.

Kita di sini tidak sedang membahas manfaat sarapan bubur ayam, tetapi bagaimana wacana di masyarakat mengenai bubur ayam ini mempengaruhi tingginya minat masyarakat untuk sarapan bubur ayam. Dan tentu saja membuat potensi usaha ini semakin menggiurkan untuk Anda garap.

Sebagaimana ide serupa juga dijalankan oleh seorang ibu muda bernama Niken. Bertempat tinggal di kawasan perumahan dengan 400 unit rumah di dalamnya memberinya peluang besar mengembangkan usaha. Dan inilah contoh usaha modal kecil yang akan kami bahas.

Ibu Niken adalah seorang ibu muda dengan 3 orang anak. Semenjak memiliki anak ke tiga ibu Niken yang selama ini bekerja di sebuah restoran ini memilih mundur dari pekerjaannya dan sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga. Tetapi hanya mengandalkan pendapatan dari suami rupanya kurang mampu memenuhi kebutuhan dan setelah memutar otak terbersitlah ide membuka usaha sarapan bubur ayam.

Beliau membuka garasi rumahnya, memasang sebuah meja dan membuat sebuah banner nama usahanya di depan garasi rumahnya. Mulailah beliau membuka usaha bubur ayamnya. Untuk jualan pertamanya beliau hanya mengeluarkan biaya sekitar 50 ribu saja.

Hari pertama usaha ibu niken sudah menampakan hasil. Beruntung memang tinggal dalam perumahan padat macam itu, sehingga cukup dengan sedikit pengumuman ke tetangga sekitar, dalam sekejab berita tersebar ke seluruh perumahan. 30 porsi bubur ayam di hari pertama sukses ludes terbeli dan hal ini terus terulang setiap hari.

Setelah berjalan 3 bulan seorang tetangga mengusulkan untuk mencoba membuat usaha bubur ayam keliling. Setelah survey dan memastikan seluruh biayanya. Akhirnya ibu Niken memulai usaha bubur ayam kelilingnya. Beliau sengaja merekruit 2 orang tenaga untuk berjualan keliling dan berburu gerobak bekas dari barkas sseharga 800 ribuan, mengecat ulang dan kini dua buah gerobak siap pakai keliling sudah bersandar di depan rumahnya.

Meski awalnya usaha bubur ayam kelilingnya kurang mendapat tanggapan positif karena persaingan yang ketat, ibu Niken tidak lantas cepat putus asa. Ibu Niken malah sempat mengganti cat gerobak bubur ayamnya supaya tampak lebih menarik dan memasang bel khusus supaya bubur ayam kelilingnya mudah dikenali pelanggan.

Kini dengan sehari memproduksi sekitar 250 porsi bubur ayam seharga 5 ribu perporsi maka omset harian dari usaha bubur ayam ini bisa mencapai angka Rp Rp 1.250.000. Angka ini termasuk porsi keuntungan sebesar 30 %. Artinya keuntungan ibu Niken dalam satu bulan bisa mencapai 11 jutaan. Bahkan kini ibu NIken juga memiliki 4 orang karyawan, 2 orang sebagai karyawan masak dan 2 orang sebagai pembawa gerobak keliling.

Bagaimana contoh usaha modal kecil di atas? Dengan hanya bermodal tak lebih dari 3 juta rupiah, kini setiap bulan bisa mengumpulkan hasil bersih belasan juta. Luar biasa bukan? Anda juga tergiur mencicioi kegurihan untung dari usaha bubur ayam ini bukan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

gerobak bubur motor, gerobak bubur ayam, gerobak bubur, Gambar gerobak bubur ayam, bubur ayam keliling, banner bubur ayam, gerobak motor bubur ayam, contoh banner bubur ayam, contoh omset, cara membuat gerobak bubur ayam
Contoh Usaha Modal Kecil, Usaha Kedai Bubur Ayam, Omset Belasan Juta | Hari Murti | 4.5

Komentar :