Contoh Usaha Modal Kecil, Kisah Sukses Beras 1001Contoh Dan Ikuti Kisahnya

Contoh Usaha Modal Kecil, Kisah Sukses Beras 1001Contoh Dan Ikuti Kisahnya

Contoh Usaha Modal Kecil, Kisah Sukses Beras 1001Contoh Dan Ikuti Kisahnya

Inilah contoh usaha modal kecil yang kini sukses. Bila Anda bertandang ke kota Garut, Anda akan menemukan oleh-oleh khas baru dari kota sejuk ini. Oleh-oleh satu ini sedang menjadi trend baru di kota garut bahkan mungkin kebanggaan baru bagi kota Garut. Apalagi kalau bukan produk berasa 1001.

Inilah contoh usaha modal kecil yang kini sukses menjadi salah satu ikon baru dari kota Garut. Berawal dari bisnis turunan sang ayah yang mulai bangkrut karena salah kelola, kini justru beras 1001 bukan saja menjadi kebanggaan Garut tetapi juga mendapat banyak award sebagai usaha enterpreuner sukses di bidang pangan dan pertanian.

Ketika sang ayah meninggal, bisnis yang di masa lalu sempat mencicipi sukses hingga mampu mengirim beras asli garut sebanyak 45 ton ke Jakarta setiap bulan ini dikelola oleh sang istri dan anak tertuanya. Namun di tengah persaingan yang ketat, rupanya bisnis ini justru mengalami kemunduran bahkan harus terbelit hutang sampai 100 juta.

Akhirnya bisnis yang sudah kacau ini diserahkan pada anak kedua, Andris Wijaya yang sebenarnya sejak awal kurang tertarik pada bisnis beras ini. Andris punya cita-cita sebagai pakar mesin sehingga menjalani pendidikan teknik mesin di ITB dan menjalankan kariernya di sebuah perusahaan minyak terkenal.

Namun demi sang ibu, Andris melepas kariernya dan mencoba menyelamatkan biduk usaha sang ayah. Beruntung Andris diberkahi kemampuan untuk berinovasi. Dia menyadari betul, bagaimana beras garut sudah habis terbantai di pasaran beras. Dia harus mampu membangun ulang bisnis ini tidak dengan cara yang konvensional.

Dari sinilah kemudian lahir inovasi unik nasi liwet instant 1001. Idenya adalah menyajikan makanan cepat saji berbasis beras garut. Namun demi memenuhi pola masyarakat modern akan makanan sehat, maka masi liwet instant ini hanya menggunakan bahan alami, beras organic dan 100% tanpa bahan pengawet dan bumbu masam MSG.

Yang menarik sajian penuh selera ini bisa Anda siapkan sendiri cukup dengan menggunakan rice cooker. Terobosan inilah yang membuat produk ini populer di pasar. Banyak keluarga yang menggandrungi produk nasi liwet instant ini karena aspek praktis namun enak dan sehat ini.

Beruntung Andris menemukan tim yang piawai di dapur dan sukses menemukan teknik pembuatan nasi liwet instant yang tepat. Selain itu beruntung pula Andris cukup familier dengan dunia internet sehingga dengan cepat beliau memasarkan produk barunya ini melalui website beras 1001.

Andries juga dengan sigap selalu menanggapi setiap kesempatan untuk membuka pasar seperti mengikuti berbagai acara pameran dan bazaar baik itu bertema pangan, inovasi produk lokal sampai bertema makanan sehat.

Tidak hanya itu, demi melancarkan bisnisnya, tak sungkan Andris menembus pasar catering, pengusaha bento dan masih banyak lagi untuk mendapatkan order reguler. Andris juga memberanikan diri mengikuti pameran di luar demi bisa memikat pasar manca. Saat ini produk unik Andris sudah menembus pasar Malaysia dan beberapa negara Timur Tengah.

Dari sinilah contoh usaha modal kecil yang kini sukses secara perlahan Andris mulai memikat pasar. Penjualan produknya semakin hari semakin kencang, Memulai semua dari tahun 2003, kini Andris sudah memiliki pabrik khusus yang memproduksi nasi liwet instant sebanyak 2000 bungkus setiap hari. Dengan harga sebungkus seharga 17 ribu untuk ukuran kecil 250 gram dan 27 ribu untuk kemasan besar 500 gram, kini Andris mengaku sudah mampu membukukan omset hingga 400 juta tiap bulan.

Apalagi kini Andris tidak hanya menyediakan nasi liwet instant saja, melainkan juga nasi aroma (jeruk dan jambu), abon tuna, cireng organic dan terakhir dan cukup banyak mendapat tanggapan positif dari pasar adalah nasi uduk warna alias nasuwa. Nasuwa ini hadir memikat selera dengan tampilan unik dalam warna merah, ungu dan kuning, nasi uduk ini juga disertai bumbu organic alami dan bebas bahan aditif 100%.

Karena kesuksesannya dalam mengembangkan Inilah contoh usaha modal kecil yang kini sukses inovasi beras garut, pihak pemerintah lokal menganugrahkannya sebuah award Anugerah Inovasi Jawa Barat 2012 dan juga meraih juara 1 dalam Inovasi Pangan Award Tingkat Nasional.

Berawal dari usaha kecil, bahkan usaha yang hampir saja gulung tikar, Andris Wijaya justru sukses dengan usaha beras 1001nya berkat kekuatan inovasi dan pemasaran yang jitu. Sebuah pembelajaran penting dari sebuah contoh usaha modal kecil yang sukses. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis beras, bisnis beras kemasan, usaha beras, cara memasarkan beras, usaha beras dengan modal kecil, pengusaha beras, jualan beras, cara bisnis beras, usaha jual beras bagi pemula, usaha jual beras
Contoh Usaha Modal Kecil, Kisah Sukses Beras 1001Contoh Dan Ikuti Kisahnya | Hari Murti | 4.5

Komentar :