Cicipi Sedapnya Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Sambal Kemasan

Cicipi Sedapnya Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Sambal Kemasan

Cicipi Sedapnya Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Sambal Kemasan

Anda ingin membuka bisnis rumahan modal kecil? Coba saja ide yang berangkat dari persoalan domestik, misalkan urusan perut. Segala produk yang berkaitan dengan urusan kuliner ini memang biasanya cukup diminati. Apalagi kalau Anda memilih bisnis yang berkaitan denga produk kuliner sejuta umat macam sambal.

Buat kebanyakan orang Indonesia, belum sreg rasanya kalau makan tidak pakai sambal. Hampir semua orang suka sambal sebagai pelengkap hidangan mereka. Sambal juga sudah menjadi salah satu identitas kuliner khas Indonesia di mata dunia. 

Sayangnya meski sebenarnya tergolong sangat mudah dibuat, tidak semua orang lihai membuat sambal dengan rasa yang pas. Apalagi kini dengan semakin sibuknya orang, kadang semua orang mencari segala yang instant dan tinggal makan termasuk soal sambal ini.

Nah…peluang inilah yang bisa menjadi dasar Anda mencoba usaha sambal kemasan sebagai bisnis rumahan modal kecil. Pasar mulai membutuhkan produk sambal siap saji kapanpun Anda membutuhkannya tanpa harus repot meracik dan menguleg. Usaha ini juga bisa Anda mulai dengan modal kecil kok, soalnya untuk membuka usaha ini Anda hanya membutuhkan peralatan sederhana yang bisa jadi sudah tersedia di dapur Anda saat ini, macam blender, wajan dan kompor.

Kunci utama dari bisnis satu ini sebenarnya terletak pada resep sambal yang Anda gunakan. Tidak mudah lho membuat sambal yang enak dan mantap. Jadi sebelum memulai usaha ini temukan dulu varian resep sambal yang paling enak. Kalau bisa lebih dari sejenis, konsumen biasanya sudah coba-coba, jadi kalau Anda punya beragam rasa, mereka bisa jadi akan membeli semuanya.

Jangan ragu untuk melakukan ujicoba. Temukan proses masak yang paling tepat hingga sambal matang dengan baik, terasa sedap dan tampil menarik. Kematangan yang tepat akan menentukan keawetan sambal. Tes hasil uji coba Anda ke pasar untuk mendengar pendapat mereka. Karena mereka yang mau beli produk Anda, jadi biar mereka yang menilai hasil uji coba Anda kan?

Persiapkan juga suplai bahan baku karena harga cabai sebagai bahan utama sambal termasuk produk yang sangat berfluktuasi harganya. Kalau bisa produksi bisa Anda perbanyak saat harga sambal sedang tinggi dan turunkan produksi saat harga cabai sedang tinggi. Simpan suplai sambal jadi di lemari pendingin supaya tetap awet.

Selain itu upayakan Anda mendapatkan suplai bahan baku dengan kualitas baik. Bila Anda memang sudah berproduksi dalam jumlah besar, ada baiknya Anda menjalin kerjasama dengan distributor cabai untuk memastikan keberlangsungan suplai dan menjaga harga bahan baku tetap sesuai. Ini akan membantu Anda menjaga harga jual produk sambal.

Karena di pasaran harga sambal kemasan stopless kecil berkisar antara 20 ribu – 30 ribu, tergantung bahan baku. Jadi sebaiknya Anda memperhatikan harga umum pasaran ini sebelum Anda membandrol sambal buatan Anda.

Sekarang setelah Anda mulai mendapatt gambaran soal teknik produksi, kini saatnya memikirkan soal teknik pemasaran. Syarat utama untuk bisa menguasai pasar adalah dengan memastikan pasar mencicipi produk Anda. Bisa dengan mengikuti pameran atau pembagian free sampel ke kolega terdekat. Dari sini mereka bisa menjadi tenaga promosi Anda untuk menyebarkan informasi soal produk Anda. Tetapi ini bergantung pada kepuasan mereka akan produk Anda.

Setelah itu baru Anda memikirkan konsep distribusinya. Bagaimana caranya produk Anda bisa sampai ke konsumen dengan mudah. Bisa saja Anda mencoba menembus supermarket lokal di kota Anda, namun cara ini akan sedikit rumit. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan membuka keagenan dan reseller yang akan melakukan pendekatan personal ke komunitas, perumahan-perumahan, pertemuan orang tua murid, arisan hingga ke kantor-kantor.

Jalur yang juga cocok untuk bisnis rumahan modal kecil adalah dengan membuka promosi online. Misalkan dengan penjualan via sosial media dan membuka blog promosi. Cara ini cukup murah meriah dan bisa jadi akan membuka pasar yang lebih luas. Jangan salah produk sambal kemasan ini sudah mulai di ekspor lho..Jadi bukan mustahil kan kalau tiba-tiba Anda mendapat pesanan dari Eropa atau Kanada dengan promosi jalur online ini?

Artikel terkait  : bisnis rumahan modal kecil

Bukan mustahil dari usaha modal kecil-kecilan yang Anda mulai ini kelak akan mendatangkan hasil luar biasa. Kini sudah mulai banyak pelaku bisnis rumahan modal kecil seperti ini yang mengaku bisa membukukan omset di atas 50 juta tiap bulan. Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha sambal, memulai usaha sambal rumahan, masakan rumahan dalam kemasan, usaha sambal kemasan, resep sambal untuk usaha, bisnis sambal siap saji, usaha sambal online, usaha sambal dalam kemasan, bisnis sambal kemasan, usaha sambal rumahan
Cicipi Sedapnya Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Sambal Kemasan | Hari Murti | 4.5

Komentar :