Cari Usaha Sampingan Rumahan, Usaha Budidaya Jahe Merah Dengan Omset Puluhan Juta

Cari Usaha Sampingan Rumahan, Usaha Budidaya Jahe Merah Dengan Omset Puluhan Juta

Cari Usaha Sampingan Rumahan, Usaha Budidaya Jahe Merah Dengan Omset Puluhan Juta

Kadang ketika penghasilan utama yang selama ini Anda jalani tidak mampu mencukup kebutuhan, namun disisi lain Anda juga tidak lagi memiliki cukup banyak waktu luang untuk ribet dengan bisnis yang rumit, Anda bisa mencoba cari usaha sampingan yang simpel dan bisa Anda jalankan dari rumah Anda.

Baca juga: Potensi investasi jati

Salah satu ide cari usaha sampingan yang menarik untuk Anda coba adalah usaha budidaya jahe merah rumahan. Usaha budidaya ini rupanya masih sangat memungkinkan Anda jalankan dari rumah, cukup dengan memanfaatkan kelebihan lahan yang tersedia di kediaman Anda. Bahkan juga memungkinkan Anda jalankan meski lahan pekarangan Anda terbatas dan sempit.

Selain itu, bisnis juga simpel, Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa menghasilkan dengan nilai keuntungan yang signifikan. Usaha ini juga tidak terlalu ribet, tidak terlalu memakan waktu dan cukup mudah Anda jalankan di sela waktu luang Anda. Bukankah ini sebuah ide usaha sampingan yang cocok untuk Anda yang sudah sibuk dengan pekerjaan utama Anda?

Sebelum kita membahas lebih jauh soal bisnis sampingan rumahan budidaya jahe merah, kita coba berkenalan dulu dengan komoditas rempah yang belakangan memang sedang naik daun ini. Jahe merah adalah sejenis rimpang rempah yang masih berkerabat sangat dekat dengan varietas jahe biasa. Ukurannya biasanya lebih ramping dengan warna kulit merah dan aroma yang lebih tajam.

Ketika Anda patahkan akan tercium aroma pedas khas atsiri yang kuat. Ini karena kandungan atsiri dalam jahe merah berkali lebih banyak dari jahe biasa. Ditambah dengan kandungan anti radikal bebas yang membuatnya lebih banyak dicari oleh para pelaku usaha produk herbal kesehatan. Tingginya permintaan dalam pasar industry herbal pula yang mendorong harga perkilo jahe merah juga menjadi relatif lebih tinggi dari harga jahe biasa yang umumnya lebih dikenal sebagai rempah bumbu masak.

Saat ini harga pasaran perkilo jahe merah bisa mencapai angka 30 ribuan jauh di atas harga jahe biasa yang hanya dibawah 15 ribuan perkilo, sedang untuk harga pengepul sekitar 25 ribuan perkilo. Permintaan dari pasar industry juga relatif tinggi, malah satu usaha produksi minuman wedang jahe merah dari kota Banyumas mengaku dalam satu hari harus bisa menyediakan jahe merah sampai 30 kilo untuk memenuhi permintaan harian. Ini baru dari satu contoh permintaan dari usaha skala kecil.

Yang membuat usaha ini menarik bagi Anda yang cari usaha sampingan, budidaya jahe merah ternyata sangat fleksibel, bahkan ketika Anda kembangkan pada lahan sempit. Anda bisa menjalankan budidaya jahe merah dengan polibag dan rak bersusun dari bambu atau kayu untuk memaksimalkan ruang budidaya. Jadi meski lahan Anda sempit bisa Anda kembangkan menjadi usaha budidaya jahe merah yang cukup besar.

Pada lahan seluas 15 M2, Anda bisa memasang rak kayu berundak yang bisa menjadi lahan budidaya sekitar 100 bibit jahe merah yang satuannya dipasaran sekitar Rp 5000an. Ditambah wadah penyemaian dan wadah polibag Anda di sini hanya akan mengeluarkan modal tak lebih dari Rp 1000 ribu di awal.

Anda tambahkan dengan biaya perawatan seperti penyemprotan air rebusan cengkeh sebagai anti hama dan pupuk organic cair yang bisa Anda dapatkan di toko agro setempat. Maka selama masa pembesaran Anda bisa mengeluarkan biaya perawatan sekitar 250 ribuan untuk satu tanaman selama masa tanam 8 bulan atau sekitar 25 juta untuk 100 tanaman jahe merah.

Dari 100 bibit ini Anda bisa mendapatkan rimpang yang sangat banyak di masa panen sekitar 8 bulan setelah masa tanam, lebih tepatnya ketik daun mulai tampak layu dan mongering. Pada masa ini, satu bibit bisa menghasilkan sekitar 35 kg rimpan jahe merah yang artinya total panen Anda untuk 100 tanaman bisa mencapai 3,5 ton bukan?

Dengan harga pasaran sekitar 25 ribuan perkilo di pasar pengepul, maka dalam satu kali masa panen hasil kotor Anda mencapai angka 87,5 jutaan. Yang artinya untung bersih Anda bisa mencapai angka 70 jutaan tiap 8 bulan masa panen.

Bagaimana apakah cukup menarik usaha sampingan budidaya jahe merah? Apakah Anda sudah menemukan muara Anda dalam usaha cari usaha sampingan dengan modal kecil, pengerjaan mudah namun hasil menarik?-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.organichcs.com

Tag:

usaha jahe merah dan omsetnya, usaha sampingan budidaya, produk rumahan dari jahe, Manfaat lahan kecil omset ratusan juta, jahe merah rumahan, cara bisnis olahan jahe merah omset jutaan, budidaya yang menghasilkan puluhan juta, budidaya tanaman untuk penghasilan sampingan, usaha ternak omset harian, budidaya jutaan
Cari Usaha Sampingan Rumahan, Usaha Budidaya Jahe Merah Dengan Omset Puluhan Juta | Hari Murti | 4.5

Komentar :