Cari Tambahan Penghasilan Dengan Bisnis Selai Rosela, Cicipi Laba Dari Bisnis Ini

Cari tambahan penghasilan bagi Anda yang mungkin sudah memiliki profesi tetap bisa Anda jalankan dengan menjalankan bisnis sampingan atau menjalankan kerja sampingan. Tentu saja Anda juga perlu memilih yang waktunya fleksibel dan mudah menyesuaikan dengan aktivitas Anda dalam profesi utama Anda tadi.

Nah kali ini untuk Anda yang cari tambahan penghasilan, kami akan mengenalkan pada Anda sumber penghasilan sampingan yang cukup potensial, yakni bisnis sampingan pembuatan selai rosella. Dengan penggarapan yang tepat, maka usaha ini akan menjadi sebuah bisnis potensial yang sangat dilewatkan.

Nama rosella selama ini sudah sangat identik sebagai bahan baku pembuatan minuman seduh. Bunga rosella yang sudah dikeringkan bisa Anda jadikan semacam teh segar yang cocok Anda sajikan dingin maupun panas.Tapi kali ini kami tidak sedang membahas mengenai produk minuman dengan bahan rosella, meski tidak memungiri bisnis minuman rosella cukup banyak menarik konsumen. Tetapi kami justru lebih tertarik dengan produk terobosan.

Bisnis minuman rosella sempat menjadi booming di tahun 2006an. Ketika pertama kali pasar dibuat heran dengan teh yang lebih mirip sirup bagi rasa, warna dan aromanya. Ditambah berita yang mengatakan bertapa bermanfaatnya minuman rosella ini.

Namun euphoria ini hanya sesaat ketika kemudian permintaan the rosella mulai menurun. Dan untuk mengakali berlimpanya suplai munculnya trend minuman teh rosella instant dan take away.Persaingan menjadi ketat kembali di pasar minuman siap saji.

Tetapi terobosan tidak berhenti sampai di situ dan masalah kembali muncul. Buan wirausaha namanya kalau tidak bisa melihat potensi bahkan dari masalah. Karena dari minuman tadi, muncul banyak sekali ampas minuman rosella yang kadang terbuang percuma. Dari sinilah kemudian lahir ide untuk memproduksi selai rosella.

Cukup dengan memproses ampas dari minuman rosella hingga halus, menambahkan gula, sedikit rempah dan air masak dalam api sedang dan aduk merata hingga mendidih dan mengental. Angkat, dinginkan dan siap Anda pindahkan pada wadah. Anda bisa ganti rosella ampas dengan rosella segar bila Anda tidak memproduksi minuman bahkan dnegan begitu kualitas selai semakin baik.

Meski berstatus bahan ampas, dipastikan bahwa selai rosella ini mengandung banyak nutrisi tak ubahnya dengan minuman rosella biasa. Rosella sendiri pada dasarnya mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Sebuat saja zat besi, zink, vitamin A,vitamin C, dan Vitamin E. Juga mengandun banyak antioksidan yang baik untuk anti kanker dan penyembuhan.

Banyak memang yang asing dengan makanan satu. ini selai rosella. Padahal dengan rasa masam dari rosella justru selai ini terasa segar sekaligus nyaman. Sangat cocok sebagai teman roti di kala sarapam atau untuk bahan baku pembuatan selai.

Menariknya bila Anda menjalankan bisnis ini sembari menjual minuman rosella, maka bisa dibilang harga pokok dari selai relatif turun. Anda bisa menjajakan minuman dan selai dalam booth yang sama atau setidaknya dengan chanel penjualan yang sama.

Tetapi kalau Anda menjalankan bisnis selai ini tanpa membuat minuman, maka ide utamanya adalah mengenalkan dulu pasar dengan selai rosella yang asing.Untuk itu jangan ragu untuk membuat sampel di berbagai acara pertemuan komunitas dan di kantor. Oleskan selai pada roti tawar dan sajikan dalam potongan kecil sebagai sampel dari Anda.

Selain melalui sistem sampel macam ini, sebaiknya Anda juga menjalankan penjualan online misalkan melalui website atau facebook page.Dorong pasar untuk membeli dalam jumlah banyak supaya memudahkan produksi.

Karena sebaiknya Anda menjalankan bisnis selai rosella ini dengan sistem made by order, jadi kalau tidak ada pesanan tidak perlu buat. Karena selai Anda tidak terlalu awet mengingat anda tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Berikut ini kami sertakan perhitungan proeksi laba ruginya

Modal awal Rincian Jumlah
  Panci ukuran besar Rp 250.000  
  Kompor 1 ongkos dan gas Rp 250.000  
  Blender ukuranbesar Rp400.000  
  Baskom Rp 60.000  
TOTAL   Rp960.000
       
BiayaProduksi    
  Bunga Rosella Segar 5kg Rp300.000  
  Bahan-bahan lain Rp   80.000  
  Topless selaiplastik (150) Rp200.000  
  Kertas logo Rp 15.000  
  Tenaga kerja Rp 600.000  
      Rp 1. 195.000
       
Hasilomset    
  150 topless selai rosella ukuran 200 ml @ 10.000 Rp1.500.000
       
Keuntungan   Rp 305.000

Lihatlah kolom keuntungan, cukup dengan memprouski selai rosella ini akan menjadi pilihan bisnis dan sumber cari tambahan penghasilan yang lebih dari kata lumayan. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

selai rozela
Cari Tambahan Penghasilan Dengan Bisnis Selai Rosela, Cicipi Laba Dari Bisnis Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :