Cari Penghasilan Tambahan Dengan Waralaba Minuman? Waspada 4 Hal Ini

Anda cari penghasilan tambahan? Kenapa Anda tidak menjalankan bisnis waralaba minuman saja. Ide usaha satu ini termasuk simpel, mudah Anda jalankan dan yang pasti tidak memakan biaya besar. Terutama kalau peluang usaha waralaba minuman yang Anda pilih dengan model booth.

Dengan model booth, Anda bisa membuka usaha waralaba ini dimana saja, karena sifatnya menjadi lebih fleksibel. Bisa Anda buka di mall atau pusat perbelanjaan, di pinggir jalan raya, di dalam area kampus bahkan mungkin saja di depan rumah Anda. Selama memenuhi syarat pastinya. Anda bisa menemukan syarat membuka usaha waralaba di depan rumah di sini.

Waralaba sendiri bisa Anda jalankan sebagai sumber cari penghasilan tambahan dan bukan sebagai main business. Karena usaha ini bisa Anda jalankan sendiri dan bisa pula Anda serahkan pada seorang tenaga kerja sebagai operator booth. Anda sebagai pemilik sekedar menjalankan fungsi pengawasan dan kendali saja. Sudah mudah dijalankan bisa pula menjadi demikian fleksibel. Karena dengan hanya menjalankan dua fungsi ini, Anda bisa menjalankan usaha atau profesi lainnya dengan leluasa.

Tapi kali ini kami tidak akan mengiming-imingi Anda dengan beragam gambaran potensi dari usaha waralaba minuman. Pasalnya kalau soal potensi tampaknya di banyak artikel bisnis Anda sudah bisa menemukan informasi serupa dan tanpa itupun Anda sudah bisa menangkap potensinya. Anda sendiri mengakui bukan betapa beruntungnya perasaan Anda ketika sedang super haus di tengah jalan dan menemukan sebuah booth minuman segar muncul di depan mata Anda.

Kali ini kami akan mencoba membuka wacana Anda akan resiko yang mungkin akan Anda hadapi dengan Anda menjalankan bisnis waralaba ini. Analogikan Anda sedang menghadapi perang, bukankah akan lebih baik kalau Anda bisa mengenali musuh Anda sebelum benar-benar terjun dalam perang?

Lalu apa saja yang perlu Anda kenali dari “musuh” satu ini?

  1. Resiko dari dana investasi Anda
    Untuk membeli sebuah usaha waralaba Anda perlu mengeluarkan uang dan jumlahnya pasti cukup bernilai, walau mungkin beberapa waralaba bernilai tidak lebih dari 5 juta. Ditambah segala royalty fee dan franchisee fee biaya waralaba Anda semakin besar bukan? Dana ini adalah pertaruhan Anda dalam bisnis ini karena ketika usaha Anda tidak berjalan, berarti Anda akan kehilangan dana ini.
  2. Resiko dari sikap dan pandangan Anda
    Mindset dalam bisnis memang perlu menjadi perhatian sekalipun di sini adalah usaha waralaba. KAdang karena nilai investasinya relatif kecil Anda cenderung kurang serius dengan bisnis ini dan mengabaikannya. Atau karena sekedar sumber penghasilan tambahan Anda menjadi kurang serius mengingat Anda sudah memiliki sumber pendapatan utama. Apapun yang tidak dijalankan serius sudah pasti tidak akan berjalan baik.
  3. Resiko lokasi
    Kadang lokasi menempati posisi penting, ketika Anda memilih lokasi yang kurang tepat bisa jadi Anda tidak mendapat kesempatan mengeruk hasil. Kadang karena lokasi terlalu sepi dan kurang potensi atau karena terlalu potensial persaingan menjadi terlalu ketat. Bisa pula karena lokasi tidak cocok dengan minuman pilihan Anda, misalkan di lokasi dingin pegunungan dan Anda menjajakan minuman dingin.
  4. Muncul persaingan baru
    Di lokasi Anda memasang booth mendadak berdiri usaha waralaba minuman lain yang karena keunikanya sukses mencuri perhatian. Bisa-bisa pembeli langganan Anda lari semua ke waralaba baru ini. Resiko macam ini memang kadang tidak terelakan sama sekali. Anda harus putar otak untuk membuat konsumen Anda kembali pada Anda.
  5. Perusahaan franchisor bangkrut
    Usaha Anda berjalan baik bahkan penjualan memuaskan, tetapi rupanya perusahaan franchisor tidak selalu beruntung mendapatkan franchisee sebaik Anda dan akhirnya harus menanggun rugi dan bangkrut. Itu sebabnya penting melihat track record dan lamanya usaha ini berjalan. Selain itu pastikan memang waralaba yang Anda pilih cukup professional dengan sistem manajemen yang sudah tertata dengan baik. Ini mencegah Anda mendapatkan waralaba newbie yang masih meraba dalam bisnisnya.

Anda lihat bukan? Meski memang cukup memiliki potensi dan bahkan terbukti sukses menghantarkan banyak orang menjadi jutawan, usaha waralaba minuman yang Anda jadikan usaha cari penghasilan tambahan memang tetap memerlukan kewaspadaan Anda bukan?-Tim Siap Bisnis-

Cari Penghasilan Tambahan Dengan Waralaba Minuman? Waspada 4 Hal Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :