Cari Peluang Usaha Potensi Besar? Coba Budidaya Melati

Cari Peluang Usaha Potensi Besar? Coba Budidaya Melati

Cari Peluang Usaha Potensi Besar? Coba Budidaya Melati

Anda sedang cari peluang usaha? Peluang usaha satu ini bisa jadi ide bagus untuk Anda jajal, budidaya melati. Budidaya melati mungkin bukan jenis usaha agro yang populer seperti budidaya tanaman buah atau kayu industri. Tetapi siapa yang sangka dari budidaya melati ini Anda bisa masuk pasar ekspor dan mengeruk untung hingga puluhan juta.

Ini karena permintaan melati di pasar Asia sebenarnya sangat tinggi. Di Asia melati identik sebagai bunga ceremony, digunakan pada beragam perayaan mulai dari pernikahan hingga kematian. Jadi tidak hanya orang Indonesia saja yang mengenakan roncean bunga melati sebagai hiasan pengantin atau pewangi upacara pemakaman. Belum lagi bunga ini juga banyak digunakan sebagai bunga hias dan bahan baku beragam produk, mulai dari parfum, aromatherapy, teh melati dan minuman herbal.

Peluang tingginya permintaan bunga melati ini menariknya belum benar-benar tergarap secara optimal. Pemain di pasar ini masih sangat terbatas dan seringnya tidak total menggarapnya dan menjadikan perkebunan melati sekedar sebagai produk sambilan saja.

Ini diiyakan oleh seorang eksportir melati jenis grand Tuscany yang menjadi favorit konsumen bunga melati di Singapura. Setiap minggu permintaan yang masuk dari pasar Singapura setidaknya mencapai puluhan kwintal tetapi seringnya hanya sanggup memenuhi 3-10 kwintal aja. Karena tidak mudah mendapatkan suplai bunga melati kualitas baik di pasar supplier.

Padahal menurut petani bunga melati asal Riau, Suwandi beliau menganggap bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang mudah tumbuh, bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tidak mutlak membutuhkan banyak air dan rajin berbunga.

Pemilik lahan 18 hektar perkebunan melati ini mengaku dalam satu bulan mengantongi untung bersih tidak kurang dari 3 -6 juta. Beliau sudah menjalankan perkebunan melatinya sejak tahun 1997. Pelaku budidaya melati lain di Bojonegoro, Hartandi dengan luas lahan 15 hektar mengaku bisa membukukan untung seminggu minimal 700 ribu.

Pada musim pernikahan dan pada masa liburan, permintaan melati meningkat dan harga melati ikut meningkat. Ini yang menyebabkan keuntungan pelaku usaha budidaya melati terbilang berfluktuasi. Apalagi di musim penghujan biasanya umur bunga menjadi lebih pendek dan mudah layu.

Jika anda serius cari peluang usaha, untuk memulai usaha budidaya tanaman melati ini sama sekali tidak seberat ketika memulai penanaman pohon buah. Karena tanaman ini sebenarnya jenis tanaman yang fleksibel jadi bisa dengan mudah beradaptasi pada lahan jenis apapun. Namun ada baiknya Anda pastikan lahan Anda cukup subur untuk menunjang pembentukan bunga berkualitas dan lebat.

Untuk mendapatkan kualitas terbaik, hindari penggunaan teknik pembiakan dengan cara merunduk karena hasil bunganya menjadi turun.Teknik stek akan memberikan hasil bunga yang idetik dengan indukannya. Jangan beri terlalu banyak air terutama di musim penghujan karena batang yang sedikit kering membantu bunga lebih segar dan awet.

Saat ini Anda tidak lagi sulit cari peluang usaha karena menemukan bibit bunga melati dengan kualitas baik macam bunga grand Tuscany yang biasa menjadi produk bunga hiasan atau bunga melati gambir yang banyak dicari produsen teh.

Para penjual dan supplier bibit bunga melati di pasaran mulai marak sejak munculnya pasar ekspor bunga melati dalam jumlah besar ke beberapa negara. Padahal permintaan di pasar lokal saja sudah cukup besar. Salah satu produsen teh melati di kawasan Pameungpek Garut mengakui kebutuhan melati gambir untuk memenuhi kebutuhan produksinya sekitar 1/2 kwintal perhari. Tidak perlu dihitung lagi kan berapa kebutuhan melati tiap bulannya di produsen ini?

Artikel lainya: Peluang usaha kripik jengkol

Sedang salah seorang supplier florist wedding and ceremony di Jakarta mengaku pada musim perhelatan pernikahan di Jakarta beliau bisa membutuhkan bunga melati lokal mencapai 700 kg per bulan dan bunga melati grand Tuscany hingga 60 kg. Anda bisa lihat kan sebesar apa kebutuhan pasar bunga melati baik di pasar lokal maupun di pasar ekspor.

Jadi bila Anda sedang cari peluang usaha dengan potensi besar, tidak ada salahnya mencoba ide budidaya melati yang tidak hanya cantik dilihat dan harum di hirup, tetapi juga manis di kantong. Siap mereguk harumnya kesuksesan bersama bunga melati? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

budidaya melati, bisnis bunga melati, cara pemasaran bunga melati, usaha bunga melati, pemasaran bunga melati, bisnis melati, budi daya melati, perkebunan melati, kebun bunga melati, bisnis budidaya bunga
Cari Peluang Usaha Potensi Besar? Coba Budidaya Melati | Hari Murti | 4.5

Komentar :