Cari Peluang Usaha? Coba Ide Kantin Sehat, Dijamin Laris Manis

http://siapbisnis.net/bisnis-usaha-rumahan-abon-ikan-cicipi-lezatnya-keuntungan-bisnis-ini/

http://siapbisnis.net/bisnis-usaha-rumahan-abon-ikan-cicipi-lezatnya-keuntungan-bisnis-ini/

Anda sedang cari peluang usaha baru? Mungkin ide yang kami coba utarakan dalam bahasan kali ini bisa menjadi ide menarik pula untuk Anda wujudkan. Satu catatan di sini, Anda bisa menemukan ide usaha menarik dan potensial cukup dengan melihat lebih tajam dari lingkungan Anda, bahkan mungkin dari keluhan Anda sendiri.

Sudah bukan rahasia lagi bagaimana kurang sehatnya beragam penganan yang akrab di kalangan anak-anak. Kebanyakan makanan yang justru digemari anak-anak adalah penganan yang mengandung banyak bahan berbahaya, seperti pewarna, MSG, pemanis buatan, pengawet dan sebagainya.

Masalahnya seringkali para orang tua kesulitan menghalau anak-anak mereka untuk tidak mengkonsumsi makanan yang cenderung membahayakan ini. Dan bisa jadi Anda adalah salah satu yang sudah mulai jengah dengan situasi ini. Pasalnya para penjaja makanan tidak sehat ini dengan mudahnya memasang gerobak dagangannya di depan sekolah. Malah beberapa sekolah yang kurang waspada membiarkan kantin sekolah mereka dipenuhi oleh dagangan camilan tidak sehat ini.

Biasanya demi bisa memuaskan hasrat anak-anak akan jajanan dan demi menjaga kesehatan mereka, sebagian dari Anda rela meluangkan lebih banyak waktu demi menyediakan camilan sehat untuk mereka. Membuatkan ragam makanan yang lebih sehat dan bahan terjamin di rumah. Tentu saja untuk Anda yang memang memiliki minat lebih dalam hal pengolahan kuliner sehat.

Bila Anda adalah bagian dari mereka yang gemar menyediakan makanan dan camilan sehat untuk keluarga, rasanya Anda bisa memanfaatkan kebisaan Anda ini sebagai modal awal dari sebuah ide usaha baru. Bila saat ini Anda sedang cari peluang usaha potensial, bisa jadi Anda sudah menemukan muara pencarian Anda.

Idenya sangat sederhana, coba untuk membuka kantin sehat di sekolah-sekolah sekitar rumah Anda. Untuk Anda dengan modal terbatas, Anda bisa mulai dengan satu sekolah dulu dan secara bertahap membuka kantin sehat lain di sekolah-sekolah lain di sekitar.

Kantin Anda hanya menyediakan penganan sehat yang sudah terjamin bahan baku dan teknik pengolahannya. Tidak ada penganan atau sekedar snack yang tidak bisa dijamin kesehatannya. Untuk membuka usaha macam ini Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk bisa mengembangkan usaha Anda ini dengan sukses, Adapun hal-hal penting tersebut seperti berikut ini :

  1. Lakukan riset
    Meski tujuan Anda dalam membuka usaha adalah untuk memenuhi kebutuhan orang tua akan jaminan makanan sehat untuk anak-anak mereka konsumsi, tetap saja konsumen Anda adalah anak-anak. Anda perlu mengetahui dengan baik apa saja makanan yang sekiranya akan menarik selera mereka dan sejauh mana daya beli mereka. Ini akan sangat membantu Anda menyajikan penganan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak.
  2. Sajikan dengan selera anak
    Selain memastikan produk yang Anda jual sesuai selera anak, Anda bisa pula membuat sajian Anda memang memikat anak-anak. Kadang anak enggan dengan suatu makanan hanya karena warna dan bentuk makanan tersebut menjemukan. Cobalah berkreasi dalam penyajian misalkan dengan menggunakan cetakan khusus gaya anak-anak atau menggunakan warna-warna alami yang menarik untuk memikat selera mereka.
  3. Lebih selektif dengan makanan kemasan
    Membuka kantin sehat bukan berarti Anda tidak lagi menyediakan makanan kemasan. Anda masih bisa menyediakannya namun Anda harus sangat selektif dengan hanya menyediakan produk yang berasal dari merek dagang yang terjamin dengan sertifikasi BPPOM. Selain itu pilihlah yang mengandung sesedikit mungkin bahan aditif.
  4. Pengajuan dengan proposal
    Untuk bisa membuka sebuah kantin sehat di sekolah, Anda perlu mendapatkan ijin resmi dari sekolah bersangkutan. Mulailah dengan membuat proposal resmi sebagai pengajuan pembuatan kantin sehat di sekolah. Bila perlu sertakan sample makanan sehat yang akan Anda jual bersamaan dengan pengajuan proposal. Upayakan untuk mengincar sekolah yang belum memiliki kantin permanen yang memadai.
  5. Kerjasama dengan kantin yang sudah ada
    Bila Anda sudah mulai sanggup mengembangkan kantin sehat pertama Anda, mulailah melebarkan sayap usaha Anda. Untuk hal ini tidak selamanya Anda perlu membuka kantin baru di setiap sekolah yang Anda incar. Anda bisa membuka kerjasama dengan pemilik kantin yang sudah ada sebagai supplier. Di satu sisi cara ini juga bisa menekan modal yang Anda perlukan karena tidak harus membuka kantin baru lagi.

Kini dengan membuka kantin sehat di sekolah-sekolah, Anda sudah menjawab dua kebutuhan sekaligus bukan? Memenuhi kebutuhan akan penganan sehat untuk para orang tua dan menjadi muara dari proses Anda cari peluang usaha yang potensial. Benar begitu kan?-Tim Siap Bisnis-

Tag:

makanan paling laris di kantin sekolah, Usaha kantin sekolah, menu kantin sekolah, bisnis kantin sekolah, jualan di kantin sekolah, peluang usaha kantin sekolah, peluang usaha jajanan anak sekolah, Usaha kantin, menu makanan kantin sekolah, ide jualan di kantin sekolah
Cari Peluang Usaha? Coba Ide Kantin Sehat, Dijamin Laris Manis | Hari Murti | 4.5

Komentar :