Cari Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Hobi, Usaha Jasa Sewa Kamera Saja

Cari Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Hobi, Usaha Jasa Sewa Kamera Saja

Cari Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Hobi, Usaha Jasa Sewa Kamera Saja

Anda cari peluang bisnis yang menguntungkan? Coba untuk mencari lebih dalam dari lingkungan Anda, dari aktivitas hobi dan minat yang muncul di sekitar Anda. Kadang dari celah-celah kecil Anda bisa menemukan sebuah peluang usaha dengan potensi yang tidak kecil.

Dunia fotografi memang merupakan satu dunia hobi yang mengasyikan. Bagi penggemarnya tenggelam dalam perburuan foto adalah sebuah kesempatan yang sangat menghibur dan penuh daya tarik serta tantangan. Itu sebabnya banyak sekali komunitas fotografi yang tersebar di berbagai kota dengan jumlah anggota yang tidak kecil.

Hanya saja yang kerap menjadi halangan adalah harga peralatan kamera termasuk segala perlengkapan dan aksesorisnya terbilang mahal dan memakan biaya. Tidak semua orang mampu membeli semua perlengkapan dan peralatan ini dengan lengkap karena faktor biaya.

Dari sinilah Anda yang sedang cari peluang bisnis bisa membuka usaha yang menguntungkan. Celah pasar pelaku dunia fotografi yang belum mampu memenuhi semua kebutuhan peralatan fotografi dengan lengkap jelas bisa menjadi potensi yang bisa Anda garap. Anda bisa membuka usaha sewa kamera dan aksesorisnya, dan memberi jawaban atas kebutuhan pasar.

Sebagai contoh adalah Andi Susanto seorang pria paruh baya yang sudah menggeluti dunia fotografi sebagai hobi sejak tahun 2004. Beliau melihat banyak rekannya sesama penghobi fotografi yang tidak selalu mampu membeli peralatan fotografi yang terbilang mahal itu. Kebanyakan dari anggota komunitas tempat Andi bernaung selama ini memilih untuk saling bertukar dan pinjam meminjam peralatan untuk mendukung kebutuhan mereka.

Dari sini, Andi mulai melakukan survey dengan rekan-rekan sesama anggota komunitas. Apa saja peralatan dan aksesoris yang kadang sulit mereka lengkapi. Setelah semua data terpenuhi dan Andi memutuskan skala prioritas alat apa yang palng dicari rekan-rekannya di dalam komunitas, maka dengan modal hanya 300 juta Anda memulai usahanya.

Sesuai dengan skala prioritas yang Andi buat, Anda membeli beberapa kamera DSLR lengkap dengan beragam aksesoris mulai dari blits, lensa, filter dan tripot dan sebagainya. Karena dana terbatas, maka Anda hanya memprioritaskan pada alat-alat dan aksesoris yang paling banyak dibutuhkan oleh rekan rekannya di dalam komunitas. Mengingat komunitas ini nantiny akan menjadi pasar utama dari usaha sewa kamera dan aksesorisnya ini.

Andi mengawali usahanya dengan pemasaran dari mulut ke mulut, secara perlahan permintaan sewa erus mengalir meski pada awalnya banyak berasal dari komunitasnya. Secara perlahan popularitas usaha sewa kamera yang dilakoninya mulai memiliki muncul sejak beberapa komunitas lain juga turut mengenal usaha sewa yang Andi kembangkan.

Kemudian Andi membuka sebuah toko persewaan resmi di kota Jakarta dan membuka satu buah cabang di kawasan Bali. Bali menjadi salah satu pusat destinasi wisata dunia ternyata juga sangat populer di dunia fotografi dunia dan membuatnya juga menjadi satu spot perburuan foto favorit di Indonesia. Jelas itu berarti permintaan perlengkapan dan aksesoris fotografi di Bali akan relatif tinggi dari kota lain.

Usaha yang dirintis Andi sejak tahun 2007 dengan bendera usaha bernama PT Megawastu Digital ini kini sudah sangat populer di kalangan pecinta fotografi. Permintaan sewa kamera dan peralatannya semakin hari semakin tinggi dan untuk mengimbanginya bahkan di tahun 2014, Andi sudah memiliki lebih dari 100 buah kamera DSLR lengkap dengan beragam aksesoris resminya.

Tak hanya itu, untuk menyempurnakan usahanya, Andi juga menyediakan persewaan layar background sampai printer foto kualitas tinggi. Termasuk pula usaha penyaluran model sampai persewaan pakaian dan perlengkapan dekorasi khusus pemotretan.

Dalam satu minggu tidak kurang dari 100an kamera dan 100an aksesoris dilepas ke penyewa. Dengan tariff antara 25 ribu sampai 500an ribu, maka dalam satu bulan Andi bisa mengeruk omset tak kurang dari 100 juta. Angka ini menurut Andi bisa saja lebih besar kalau dia tidak membatasi penyewa hanya bila dia kenal baik reputasinya. Karena Andi tidak mau beresiko kehilangan kamera dan aksessoris yang dia beli relatif tinggi itu.

Jadi kalau Anda cari peluang bisnis menarik untuk Anda garap? Cobalah perluas pergaulan Anda untuk menemukan ide-ide dan keluhan di masyarakat yang bisa Anda kembangkan menjadi bisnis potensal.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis penyewaan yang menguntungkan, usaha sewa kamera, bisnis sewa kamera, cara pemesaran sewa kamera, cara dagang bisnis kamera, bisnis sewa yang menjanjikan, bisnis rental yang sangat menguntungkan, bisnis rental kamera, usaha sewa yg menguntungkan, bisnis persewaan yang menguntungkan
Cari Peluang Bisnis Menguntungkan Dari Hobi, Usaha Jasa Sewa Kamera Saja | Hari Murti | 4.5

Komentar :