Cari Pekerjaan Sampingan Mahasiswa ? Cukup Gunakan Akun Facebook Anda

Cari Pekerjaan Sampingan Mahasiswa ? Cukup Gunakan Akun Facebook Anda

Cari Pekerjaan Sampingan Mahasiswa ? Cukup Gunakan Akun Facebook Anda

Kami kembali akan mengulas mengenai masalah pencarian pekerjaan melalui dunia online. Namun kali ini fokus kami pada pencarian pekerjaan sampingan mahasiswa. Pilihan online akan sangat tepat untuk kalangan mahasiswa karena biasanya mereka terbilang cukup akrab dengan dunia online jadi mudah bagi mereka beradaptasi untuk memanfaatkan fitur-fitur dunia online untuk kepentingan professional.

Pada artikel lalu kami sudah membahas bagaimana Anda bisa menemukan pekerjaan pekerjaan sampingan mahasiswa dengan memanfaatkan fitur dalam LinkedIn. Sebagai salah satu media sosial kalangan professional, LinkedIn memang sangat efektif untuk membantu Anda menemukan penyedia kerja professional.

Hanya saja, untuk pasar Indonesia LinkedIn belum menjadi sebuah sosial media yang populer digunakan, sekalipun oleh kalangan professional sekalipun. Bagi pasar Indonesia, baik itu untuk kalangan muda maupun professional dan pelaku usaha, facebook masih menjadi sosial media yang paling banyak menjadi pilihan.

Itu sebabnya, Anda masih bisa memanfaatkan facebook sebagai media Anda mencari pekerjaan sampingan mahasiswa. Malah beberapa perusahaan global juga mengakui menemukan personal yang tepat via facebook kadang bisa memberi mereka lebih dari sekedar gambaran kemampuan, latar belakang pendidikan dan pengalaman. Tetapi sebuah gambaran lengkap akan figur tenaga kerja sebagai individu. Dan ini membantu mereka mengenal lebih baik calon karyawan mereka.

Nah, cara tepat seperti apa untuk Anda bisa menemukan pekerjaan sampingan karyawan via facebook? Berikut ini tips-tipsnya.

  1. Gunakan nama professional untuk ID facebook Anda
    Lupakan nama alay karena ini terkesan lucu atau seru, jelas sama sekali bukan nama professional. Beberapa pekerja dunia virtual seperti programmer atau penulis content, kadang menggunakan ID Nick name online mereka untuk menjual pekerjaan, tetapi cara paling aman dan biasanya paling dipercaya adalah menggunakan ID nama asli Anda, tanpa embel-embel.
  2. Isi profil Anda dengan data professional Anda
    Facebook memang bukan sebuah sosial media yang serius, jadi Anda bisa membuat data dengan cara yang santai bahkan alay. Tapi kalau Anda berkeinginan menjadikan facebook Anda sebagai media untuk mendatangkan pundi uang, maka jadikan profil dalam facebook Anda sesuatu yang serius dan meyakinkan orang. Anda bisa menyalin data pada LinkedIn Anda ke dalam facebook, atau susun ulang kembali dengan susunan yang sesuai dengan “gaya” facebook, lebih santai tapi detail. Buka saja “edit profile” dan Anda akan menyadari sebenarya facebook sudah mengakomodir kebutuhan professional Anda.
  3. Bangun jaringan dalam kelompok-kelompok
    Ada satu lagi fitur dalam facebook yang bisa sangat membantu pencarian Anda, di sini Anda bisa memisahkan setiap teman facebook Anda dalam beberapa kelompok kelas. Anda bisa membuat status yang hanya akan terbaca oleh kelompok tertentu tanpa harus terbaca oleh kelompok lain. Jadi Anda bisa pisahkan status pribadi Anda dengan status terkait profesionalitas Anda secara terpisah untu target berbeda. Untuk itu kelompokan teman-teman facebook yang sekiranya bisa menjadi jaringan dengan manfaat baik untu pencarian kerja Anda.
  4. Berbagi status secara terencana
    Apa maksud berbagai status secara terencana? Seperti sudah diungkap di atas, dalam facebook Anda bisa mentargetkan secara spesifik status Anda, jadi buatlah status-status yang menunjukan profesionalitas, Anda opini Anda akan issue terkini, pandangan-pandangan Anda, pemikiran Anda. Tapi sesekali lemparkan pula sedikit humor atau malah membagikan sisi pribadi Anda sebagai status bersifat public tidak ada salahnya selama itu bersifat umum dan tidak terlalu mendalam. Justru dari sini para penyedia kerja menilai Anda sebagai prbadi utuh, bukan sekedar dari sisi profesionalitas Anda, dan tentu saja inilah daya tarik dari facebook.
  5. Temukan sumber tepat dalam facebook
    Ada banyak grup yang mewadahi pertemuan para pelaku bisnis online dengan para pencari pekerjaan online, ada banyak halaman yang secara terbuka menawarkan pekerjaan untuk mejadi admin bagi halaman mereka dan masih banyak sumber lain yang kadang secara khusus hanya bisa Anda temukan dalam facebook. Terutama karena facebook adalah sosial media teraktif, jadi tidak aneh kalau di sini terjadi sebuah pusat aktivitas. Yang perlu Anda cari hanya mencari dan membangun jaringan untuk memperkuat pencarian.

Siap menemukan pekerjaan sampingan mahasiswa dari media facebook? Rupanya sama sekali tidak sulit kan menemukan pekerjaan dengan sosial media? Bahkan mungkin akan menjadi berkali lipat lebih mudah dari cara konvensional yang lama dan penuh proses panjang.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.huffingtonpost.com

Cari Pekerjaan Sampingan Mahasiswa ? Cukup Gunakan Akun Facebook Anda | Hari Murti | 4.5

Komentar :