Cari Kerja Sampingan Di Rumah: Profesi Asisten Virtual Di Era Internet

Cari Kerja Sampingan Di Rumah: Profesi Asisten Virtual Di Era Internet

Cari Kerja Sampingan Di Rumah: Profesi Asisten Virtual Di Era Internet

Di Indonesia cari kerja sampingan di rumah sebagai asisten pribadi sendiri bukan pekerjaan yang relatif familier bagi banyak orang. Masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami pekerjaan macam apa asisten pribadi ini dan bagaimana konsep pekerjaan ini sebenarnya. Nyatanya penawaran pekerjaan semacam ini juga tidak sebanyak tenaga marketing, keuangan dan atau tenaga operator di pasaran tenaga kerja.

Apalagi ketika kini muncul wacana menjadikan pekerjaan sebagai asisten pribadi sebagai salah satu alternatif bagi Anda untuk cari kerja sampingan di rumah sebagai asisten virtual. Bagaimana sebenarnya konsep dari asisten virtual ini dan dimana pula Anda bisa mendapatkan pekerjaan macam ini? Dan tentu saja yang tidak kalah penting, sejauh mana peluang hasil dari kerja sampingan macam ini?

Pada dasarnya pekerjaan asisten virtual tak ubahnya dengan pekerjaan sebagai asisten pribadi. Hanya ketika Anda berprofesi sebagai asisten pribadi, maka Anda harus berada di sisi klien Anda atau mungkin boss Anda untuk mengiringi aktivitasnya dan mengelola jadwalnya.

Namun ketika Anda mengambil profesi sebagai asisten virtual, maka yang Anda hadapi adalah messanger, skypee, email, media sosial, file-file Microsoft dan masih beberapa hal lain. Dengan satu catatan penting, tanpa harus membuat Anda berada di sisi klien Anda. Dengan demikian bukan mustahil Anda bisa melayani beberapa klien sekaligus sesuai kapasitas waktu kerja Anda.

Soal pekerjaan sebenarnya tak banyak berbeda dengan pekerjaan mereka sebagai asisten pribadi. Anda bisa membuat pengaturan jadwal dan target-target kerja, mengelola data-data dan file, mengelola email dan mungkin beberapa proses pembuatan file. Kadang Anda juga perlu membantu klien Anda dalam menghadapi klien mereka seperti pengiriman berkas dan konfirmasi-konfirmasi.

Semuanya jelas pekerjaan yang membutuhkan sebuah PC atau laptop lengkap dengan koneksi internet dan jaringan telepon untuk pengerjaannya. Namun jelas tidak harus Anda kerjakan di depan klien atau boss Anda bukan? Jadi tidak ada yang salah bila profesi ini Anda kerjakan dari rumah, dan menjadi alternatif bagi Anda yang cari kerja sampingan di rumah.

Bahkan ketika Anda diminta menjadi notulen untuk sebuah pertemuan bisnis, Anda masih bisa mengerjakannya dari jarak jauh dengan media skypee atau sistem telepon konferensi. Anda bahkan bisa saja memesankan secup kopi hangat dari layanan antar ketika klien Anda harus bekerja ekstra di jam lembur, tetap bisa memberi layanan optimal kan?

Kebanyakan jenis ini diberikan dengan model pembayaran secara perjam kerja. Kecuali Anda menerapkan sistem pembayaran tetap kepada klien sehingga Anda secara eksklusif menjadi asisten pribadi mereka secara virtual.

Karena sejauh ini pekerjaan ini lebih banyak di buka di pasar pekerjaan online global, tentu saja otomatis pembayaran yang diterapkan menggunakan nilai dalam Dollar dan ini bisa memberi Anda peluang hasil yang lumayan menguntungkan. Rata-rata nilai kerja sebagai asisten virtual bisa mencapai $10 perjam untuk pekerjaan kelas menengah. Rata-rata pekerja dalam bidang ini total bisa menghasilkan sekitar $1,000 – $1,500 per bulan, untuk jam kerja rata-rata antara 4 -6 jam perhari.

Lalu apakah resiko dari pekerjaan ini? Fleksibilitas waktu yang tidak seleluasa dari pekerjaan rumahan dengan basic virtual lain macam pembuat programmer, penulis online dan sejenisnya. Kebanyakan pekerjaan ini menggunakan sistem deadline artinya pembayaran diberlakukan per pekerjaan. Sedang di sini Anda bekerja dengan perhitungan perjam dan waktu kerja yang mutlak untuk Anda sesuaikan dengan jadwal kerja dari klien Anda.

Dengan komunikasi yang baik antara Anda dengan klien serta sistem pengelolaan waktu kerja yang terencana dengan baik, kendala dalam situasi ini tidak akan mengusik profesionalitas Anda dalam melayani klien Anda.

Kini bila Anda sudah lebih memahami gambaran dari pekerjaan ini, Anda bisa memulai untuk cari kerja sampingan di rumah dengan berburu kerja sebagai asiste virtual di berbagai situs pekerjaan online macam O-desk, Elance, Freelancer dan berbagai situs sejenis lain.

Sebelumnya pastikan Anda memiliki cukup modal, terutama modal kemampuan tentu saja, untuk bisa mengembangkan karier sebagai asisten virtual. Karena untuk mendapatkan pekerjaan macam ini bukan mustahil Anda akan bertarung dengan persaingan ketat di pasar kerja. Bukan persaingan kerja biasa, karena pertarungan akan melibatkan tenaga kerja siap pakai dari seluruh dunia.

Apa saja modal kemampuan yang perlu Anda siapkan ketika Anda tertarik cari kerja sampingan di rumah sebagai asisten virtual? Temukan informasinya di artikel selanjutnya. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.getacoder.com

Tag:

asisten virtual, cara menjadi asisten virtual, lowongan asisten virtual, virtual asisten, asisten virtual adalah, kerja asisten virtual, virtual asisten adalah, Menjadi virtual asisten, loker asisten virtual, cara menjadi asisten
Cari Kerja Sampingan Di Rumah: Profesi Asisten Virtual Di Era Internet | Hari Murti | 4.5

Komentar :