Cari Kerja Sampingan Aman Di Situs Pencarian Kerja, Anda Harus Ekstra Waspada

Cari kerja Sampingan Aman Di Situs Pencarian Kerja, Anda Harus Ekstra Waspada

Cari kerja Sampingan Aman Di Situs Pencarian Kerja, Anda Harus Ekstra Waspada

Salah satu prinsip dalam menjalankan sebuah kerja sampingan adalah kemudahan dan kepraktisan untuk Anda jalankan dengan hasil relatif memuaskan meski dengan waktu Anda yang terbatas. Mengingat pengerjaannya saja sudah mengutamakan kepraktisan, maka tidak ada yang salah dengan menekankan kepraktisan pula dalam proses cari kerja sampingan.

Salah satu cara untuk cari kerja sampingan dengan praktis adalah dengan menggunakan situs pencarian kerja. Ada ribuan situs semacam ini di dunia maya yang siap mengakomodasi pertemuan Anda dengan pihak penyedia kerja baik itu kerja offline maupun kerja online, baik itu kerja penuh waktu ataupun kerja paruh waktu.

Secara prinsip, situs ini akan menampung Anda para pencari kerja sampingan dan full time dengan menyimpan data dan resume Anda sebagai calon pekerja. Di sisi lain mereka akan membuka jalur para employer sebagai penyedia kerja untuk menemukan calon pekerja yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Biasanya para employer ini sendiri akan menjalankan proses penyaringan dan proses registrasi serta verifikasi yang terbilang ketat untuk mencegah mereka melakukan penipuan.

Menariknya dengan cara ini Anda bisa menyentuh pasar tenaga kerja global dan memperluas peluang Anda mendapatkan pekerjaan sampingan yang sesuai harapan Anda. Hanya saja memasuki ranah situs semacam ini apalagi ketika sudah bicara skala global, maka akan memberi Anda resiko yang tidak kecil Jebakan para spammer mengincar Anda.

Anda perlu cukup selektif dalam memilih situs pencarian kerja ini meski tidak lantas membuat Anda hanya membatasi diri pada situs-situs besar sehingga menutup peluang masuknya informasi dari situs-situs kecil yang juga tak kalah potensial. Lalu bagaimana seharusnya memilih situs pencarian kerja yang masuk kualifikasi?

  1. Kenali siapa dibalik situs tersebut
    Seharusnya di dalam setiap situs terdapat informasi siapa pemilik dan pengelola dari situs ini. Temukan contact personnya untuk melakukan cross cek. Cross cek pula melalui google untuk menemukan informasi terkait nama website dan pihak-pihak dibelakangnya. Anda bisa menelusuri lagi melalui situs Superpages.com untuk menemukan nama dan bannernya dalam listing bisnis online.
  2. Hindari website yang sekilas sudah tampak tidak professional
    Ketika sebuah website sudah tidak menggunakan grammar yang benar, mengguanakn alamat url gratisan yang tidak professional, dengan ID yang serba private dan tidak dishare, rasanya Anda perlu curiga dengan situs ini dan sebaiknya hindari saja.
  3. Perhatikan data dan informasi kerja yang tersedia
    Anda perlu memperhatikan apakah situs tersebut memang cukup layak menjadi sumber referensi pekerjaan bagi Anda. Beberapa situs hanya fokus pada beberapa jenis pekerjaan yang bisa saja tidak cocok dengan kebutuhan dan kualifikasi Anda. Ada pula situs yang sudah jadul dengan informasi kerja tidak update. Jadi telusuri dulu setiap data yang bisa Anda akses meski Anda hanya outsider dari situs untuk bisa menelisik kesesuaian situs ini dengan kebutuhan Anda.
  4. Perhatikan sistem dan aturan registrasinya
    Kalau Anda memilih situs pencarian kerja yang mengharuskan Anda melakukan registrasi, ada baiknya Anda melakukan pengecekan awal dulu mengenai kredibilitas pihak situs dalam mengelola data member, terutama dalam pengelolaan privacy data dan verifikasi kebenaran sistem privacy data mereka dengan mengklik seal authorization yang tertera pada situs. Pastikan pula Anda tidak percuma melakukan registrasi karena itu lakukan dulu pengecekan apakah situs ini mampu memberikan informasi lowongan kerja sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi Anda dengan melakukan penelusuran informasi pekerjaan yang tersedia, sebagaimana pada poin sebelumnya.
  5. Pilihlah situs dengan fleksibilitas
    Seperti sudah dikatakan sebelumnya, betapa pentingnya membuat resume yang disesuaikan dengan employer target Anda. Jadi selain Anda fokus pada data yang mereka sediakan, fokus pula pada sejuah mana mereka memberi Anda fasilitas untuk memenuhi kebutuhan menyampaikan informasi mengenai diri Anda sebaik mungkin pada calon employer Anda, termasuk memungkinkan Anda mengirim resume secara custom.

Ini dia beberapa pertimbangan ketika Anda memutuskan untuk cari kerja sampingan via situs pencarian kerja. Ada ribuan situs dengan jutaan pekerjaan yang bisa Anda pilih di seluruh dunia. Hanya saja Anda tetap perlu kedepankan kehati-hatian bukan?-Tim Siap Bisnis-

Tag:

pencarian data bisnis, situs kerja sampingan aman
Cari Kerja Sampingan Aman Di Situs Pencarian Kerja, Anda Harus Ekstra Waspada | Hari Murti | 4.5

Komentar :