Cari Bisnis Sampingan Murah Meriah? Coba Ide Usaha Jamur Tiram Rumahan

Cari Bisnis Sampingan Murah Meriah? Coba Ide Usaha Jamur Tiram Rumahan

Cari Bisnis Sampingan Murah Meriah? Coba Ide Usaha Jamur Tiram Rumahan

Anda saat ini sedang cari bisnis sampingan yang mudah Anda jalankan di rumah dengan modal murah meriah? Coba saja ide budiaya jamur tiram. Jamur dengan bentuk kapang khas menyerupai cangkang tiram dengan warna putihnya yang cantik ini rupanya menyimpan potensi besar yang bisa memberi Anda hasil cukup mencengangkan.

Untuk menjalankan usaha budidaya ini juga tidak menuntut Anda belajar secara khusus dengan pelatihan yang rumit. Bahkan banyak panduan dan tutorial cara pembibitan, penanaman dan pembesaran jamur tiram hingga sistem panen di youtube dan beberapa website agrobisinis. Jadi bisa dikatakan proses belajarnya sangat mudah dan simpel. Cukup bermodal internet dan Anda bisa dengan cepat menguasai tata cara budidaya jamur tiram.

Namun untuk Anda yang merasa belum mantap bila belum melakukan praktek real, Anda bisa mencoba mengikuti pelatihan budidaya jamur yang banyak tersebar di beberapa kota sebut saja di kota Yogyakarta, Bandung, Bogor, Ungaran dan masih banyak lagi.

Dan begitu Anda merasa sudah cukup memahami metode penanaman dan budidaya jamur tiram, Anda bisa memulai usaha dengan menyiapkan ruang usaha. Anda tidak harus menyediakan ruang yang luas, bahkan dengan ruang berukuran 3 x 3 m2. Anda hanya membutuhkan modal tak lebih dari 1 juta untuk membuat rak-rak bambu bersusun di ruang budidaya. Bahkan bisa jadi Anda dapat menekan biaya bila Anda bisa membuat sendiri rak-rak bambu tersebut.

Kemudian Anda membutuhkan modal sekitar 1 jutaan lagi untuk menyiapkan calon jamur tiram yang sudah siap Anda biakan, biasanya disebut dengan nama baglog jamur. Baglog jamur biasanya berupa botol yang di dalamnya sudah dimasukan bubuk kayu dan bibit jamur. Setelah proses penyemaian jamur tiram, baglog siap Anda rawat untuk tumbuh menjadi jamur tiram siap panen.

Selama masa ini Anda hanya perlu menyimpan baglog dalam rak simpan di ruang tertutup. Anda diamkan selama 3 bulan dan jamur akan tumbuh sempurna serta siap Anda panen. Menariknya selama masa 3 bulan Anda bisa memanen lebih dari sekali sehingga tentu saja Anda bisa mengeruk untung beberapa kali juga.

Dari baglog senilai 1 juta Anda bisa menghasilkan omset setidaknya 3 – 7 kali lipatnya setiap 3 bulan. Setelah 3 bulan Anda perlu mengganti baglog baru karena bonggol sudah tidak aktif lagi. Dan proses ini berulang kembali setiap 3 -4 bulan. Padahal modal awalnya sendiri juga terbilang rendah. Tepat sekali untuk pilihan bagi mereka yang cari bisnis sampingan. Karena biasanya bisnis sampingan berorientasi pada model kecil dengan hasil besar.

Menariknya, dalam menjalankan usaha ini, Anda hampir tidak melakukan banyak aktivitas, Karena untuk menumbuhkan jamur,yang perlu Anda pastikan hanyalah tingkat kelembaban dan suhu ruang simpan saja. Baglog jamur bukan tanaman sayuran atau buah yang menuntut banyak perawatan, penyiraman, pemupukan dan sebagainya. Anda hanya perlu menunggu untuk bisa mencapai waktu panen.

Dengan teknik budidaya yang simpel dan mudah Anda jalankan ini Anda bisa dengan mudah menjalankannya sebagai bisnis sampingan di tengah kesibukan Anda sebagai karyawan, pelaku usaha, ibu rumah tangga atau malah mahasiswa. Ini adalah ide tepat untuk Anda sedang cari bisnis sampingan mudah dengan modal rendah.

Akan lebih menguntungkan kali kalau Anda juga belajar cara membuat baglog. Dengan begitu Anda bisa menekan biaya pembelian baglog dengan mensuplai secara mandiri baglog setiap masa penggantian. Baglog bisa Anda dapatkan dengan mengambil bibit dari jamur yang Anda tumbuhkan di ruang simpan.

Begitu Anda menjalankan dua sisi produksi, yakni jamur tiram siap konsumsi dan baglog jamur, maka Anda bisa membuka dua pasar sekaligus dari produk jamur tiram Anda. Seorang pelaku usaha budidaya jamur tiram asal kota Yogyakarta dengan dua lini usaha macam ini mengaku bisa mengantongi omset hingga 15 juta dengan produksi baglog mencapai 4000 buah setiap bulan dan 2000 baglog yang dikembangkan menjadi jamur tiram siap panen.

Bagaimana dengan ide satu ini? Cocok bukan untuk Anda yang sedang cari bisnis sampingan murah meriah dengan proses kerja ringan. Dengan bisnis budidaya jamur tiram, Aktivitas utama Anda tetap aman dan tidak terganggu. Tapi kantong Anda? Tentu saja semakin tebal.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis murah meriah, usaha murah meriah, ternak rumahan, budidaya murah meriah, cari usaha yg murah meria, cari ide usaha ternak, usaha ternak murah meriah, budidaya murah dan mudah, budidaya jamur yang murah meriah, bisnis murah mrriah
Cari Bisnis Sampingan Murah Meriah? Coba Ide Usaha Jamur Tiram Rumahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :