Cara Promosi Online Yang Efektif dan Yang Tidak Efektif

0
321

Cara Promosi Online – Ada begitu banyak cara promosi online di Internet. Anda mungkin banyak memanfaatkan berbagai macam sarana promosi online tersebut. Dari pengalaman saya dalam menjalankan internet marketing, saya sudah membuktikan, mengalami dan berani menyimpulkan cara-cara promosi online mana yang efektif dan cara-cara promosi mana yang tidak efektif.

Cara Promosi Online

CARA PROMOSI ONLINE YANG TIDAK EFEKTIF

#). BANNER IKLAN.

Iklan Banner adalah salah satu cara beriklan yang populer dan banyak sekali di pergunakan pebisnis online. Jika anda mau memanfaatkan banner sebagai sarana promosi manfaatkan saja Banner Exchange yang gratis. Jangan membayar lebih untuk bisa menampilkan banner anda di situs lain karena biaya yang sudah Anda keluarkan tidak akan sebanding dengan jumlah hits kunjungan yang bisa anda dapatkan.

#). SPAM.

Spam atau mengirim e-mail promosi ke alamat e-mail merupakan cara promosi yang buruk. Tidak peduli berapa banyakkah alamat e-mail yang dapat dicapai, tapi Spam sangatlah tidak efektif karena e-mail yang dituju bukanlah e-mail yang tertarget.

Selain itu pengirim e-mail Spam bisa mendapatkan banyak masalah contohnya e-mailnya akan di “black list” dan juga di block atau mungkin accountnya bisa di cabut jika terjadi banyak sekali komplain yang melaporkannya ke ISP. Jika anda ingin mempergunakan e-mail marketing gunakanlah safelist atau Milis.

#). IKLAN BARIS.

Satu satunya kelebihan Iklan baris adalah proses pengaktifannya yang cepat dan tentu karena gratis. Jika anda ingin memasang Iklan di Iklan baris seharusnya pilihlah situs Iklan baris yang banyak sekali pengunjungnya. Selain itu pasang Iklan anda dengan masa berlaku hanya sebentar saja contohnya tidak lebih dari satu minggu.

Ini dilakukan supaya anda dapat memasang iklan yang sama minggu depan dan juga seterusnya. Cara ini lebih efektif jika di bandingkan anda hanya memasangnya satu kali tetapi berlaku untuk dua hingga tiga bulan. Ingat jika makin lama Iklan anda bisa tergeser ke bawah sampai tidak kelihatan lagi.

CARA PROMOSI ONLINE YANG EFEKTIF

#). SEARCH ENGINE

Semua pengguna internet pasti mempergunakan Search Engine untuk mencari apa yang ada di internet. Search Engine bisa mendatangkan sampai 60% dari semua penggunjung jika situs anda dapat menempati rangking 10 besar dengan keyword situs anda di Search Engine populer contohnya Yahoo.com atau Google.com

Saat ini terdapat puluhan ribu Situs Search Engine yang ada di seluruh dunia tapi Anda tidak wajib mendaftarkan situs Anda ke semua Search Engine. Yang terpenting adalah daftarkan Situs Anda ke Situs Search Engine yang banyak penggunanya seperti www.yahoo.com, www.altavista.com , www.lycos.com , www.excite.com , www.hotbot.com dan pastinya www.google.com

#). E-MAIL MARKETING.

Melakukan promosi melalui e-mail biasanya memanfaatkan sarana Maling list. Anda bisa menemukan berbagai jenis mailinglist mulai dari yang beranggotakan puluhan hingga ribuan orang di Yahoogroups, carilah milis yang anda maksud dengan mengetikkan keywordnya di form pencarian.

Maling list adalah kelompok email address dari orang-orang yang bergabung untuk menerima email dari anggota lain dan juga mengirim email ke anggota lain. Setiap member Mailing list pasti memiliki dan membutuhkan produk dan jasa atau informasi.

#). VIRAL MARKETING.

Konsep Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk bisa mengunakan produk Anda dengan gratis, produk anda ini dapat berupa ebook, artikel, software komputer, game dan lain sebagainya, selanjutnya para pengguna produk anda diperbolehkan untuk memberikannya kepada orang lain dan seterusnya secara berantai. Ide yang ada di belakang viral marketing adalah mengikutsertakan iklan anda di produk gratisan anda yang dapat dimiliki orang lain yang juga dengan senang hati menyebarluaskan ke orang lain.

#). IKLAN BARIS JARINGAN

Contoh Iklan Baris Jaringan adalah Bisnis Iklan.com. Untuk bisa memanfaatkan layanan ini anda memang wajib mengeluarkan biaya Rp 50.000,- hanya sekali untuk selamanya. Ada begitu banyak sekali situs iklan baris yang gratis tetapi kenapa yang ini tidaklah gratis. Ini hanya seperti investasi saja dimana seseorang ingin mengeluarkan sebagian uangnya untuk bisa mendapatkan uang yang lebih banyak.

Faktanya ada begitu banyak cara promosi online yang gratis tetapi kenapa hanya sedikit orang yang sukses ketika menjalankan internet marketing. Ternyata cara promosi online yang gratis biasanya memanglah tidak efektif dan juga tidak efisien. Sedangkan cara promosi online yang berbayar jelaslah sangat efektif dan efisien serta bisa menghasilkan keuntungan 1000 kali lipat lebih banyak jika di bandingkan cara promosi online yang gratis.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY