Cara Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil, Terapkan Tips Berikut Ini

Cara Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil, Terapkan Tips Berikut Ini

Cara Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil, Terapkan Tips Berikut Ini

Usaha rental mobil adalah salah satu model usaha yang memiliki potensi besar. Seorang pelaku usaha dalam bidang rental mobil di kota Bandung mengaku bisa membukukan hasil tak kurang dari 7 – 10 juta tiap bulan untuk setiap kendaraan yang dia sewakan. Sedang seorang lagi yang membuka usaha rental mobil di kota Yogyakarta juga mengamini hasil yang tak jauh berbeda untuk tiap mobil yang dia miliki. Bayangkan kalau rental mobil Anda memiliki setidaknya 10 buah mobil?

OK…jangan jauh-jauh dulu berkhayal memiliki usaha rental mobil dengan inventaris 10 mobil. Karena ini artinya Anda membutuhkan modal yang relati cukup besar. Sementara itu dalam memulai usaha rental mobil Anda masih harus membuka belantara pasar yang sudah duluan di duduki oleh pengusaha rrental mobil pendahulu Anda.

Jadi memulainya dengan banyak inventaris mobil bisa jadi akan menjadi langkah tidak bijak karena belum tentu semuanya nanti akan laku di sewa sekaligus. Akan lebih bijak Anda memulai dari inventaris terbatas selain karena cara ini juga akan membuat Anda lebih cepat memulai usaha ini meski denga modal relatif kecil dan terbatas.

Secara khusus, untuk Anda yang tertarik memulai bisnis rental mobil dengan modal kecil, kami akan mencoba berbagi beberapa tips yang kami kumpulkan dari beberapa pelaku usaha mobil rental. Berikut beberapa tips sederhananya :

  1. Pilihlah mobil yang diminati pasar
    Kebanyakan klien rental mobil mencari mobil type Avanza dan Xenia. Keduanya dianggap sebagai mobil dengan daya tampung besar, memiliki kenyamanan yang cukup baik dan irit BBM. Beberapa pilihan lain seperti Grand Max, APV, atau Innova memang kerap juga ditawarkan tetapi biasanya pilihan utama tetap pada kedua jenis kendaraan tadi. Soal harga sewa juga kedua mobil tersebut juga cukup baik di pasaran, pada kisaran 300 -400 ribu per 24 jam.
  2. Mulailah dengan mobil baru
    Hindari menggunakan mobil bekas karena biasanya biaya perawatannya justru akan lebih berat. Lagipula dengan menggunakan mobil baru, Anda bisa lebih memikat konsumen dengan kendaraan yang masih mulus dan suara mesin yang masih halus. Selain juga pihak asuransi cenderung lebih menghargai lebih asset kendaraan baru ketimbang mobil bekas.
  3. Dapatkan mobil baru tanpa pembelian cash
    Hindari pembelian cash kecuali memang modal Anda cukup besar, tetapi karena di sini kita bicara soal usaha rental mobil modal kecil, maka akan lebih baik Anda hindari pembelian mobil cash dan alihkan dana Anda yang terbatas untuk urusan usaha yang lain. Ada dua cara efektif dalam mendapatkan mobil baru tanpa harus mengeluarkan modal besar, yakni :

Dengan pembelian angsuran
Anda bisa mengambil mobil baru dari dealer atau dengan melakukan kredit via bank, yang Anda   adalah dana untuk DP sedang untuk angsuran Anda bisa dapatkan dari pendapatan sewa yang Anda dapatkan. Asumsikan saja kendaraan Anda diangsur 3 tahun dengan nilai angsuran 4 juta perbulan. Maka Anda cukup melalukan penyewaan mobil selama 10 hari setiap bulan dan Anda sudah bisa membayar angsuran. Sisa pendapatan dari sewa pada hari berikutnya menjadi pendapatan Anda.

Dengan cara leasing
Anda bisa menyewa pada pemiliki mobil baru. Biasanya leasing berjalan 3 tahun dengan nilai sewa perbulan 3 juta. Cara ini membantu Anda tetap dengan mudah mengupgrade mobil yang Anda miliki, karena posisi Anda hanya sebagai penyewa bukan pemilik kendaraan.

  1. Siapkan sistem sewa
    Salah satu resiko yang riskan dihadapi oleh sebuah usaha rental mobil adalah masalah pencurian kendaraan. Untuk itu Anda perlu seksama dalam mengatur sistem sewa supaya kendaraan Anda lebih aman dari pencurian. Kadang sekedar KTP, SIM dan surat-surat lain tidak selamanya menjanjikan keamanan. Kalau perlu beberapa Anda bisa menanamkan GPS pelacak di bagian tersembunyi untu keamanan.
  2. Lakukan promosi
    Promosi adalah aspek penting dalam setiap usaha, termasuk usaha rental mobil. Anda bisa mulai dengan memasang iklan dikoran dan pamflet. Tetapi mencoba promosi aktif dengan mengajukan penawaran pada berbagai usaha perhotelan atau sebuah perusahaan untuk kerjasama bisa menjadi solusi menarik untuk memastikan kendaraan Anda tersewa secara kontinyu. Cara promosi ini tidak memakan biaya besar,namun cukup efektif.

Artikel lainya: Usaha showroom mobil bekas

Itu tadi beberapa tips jitu dalam memulai usaha rental mobil dengan modal terbatas. Sebenarnya memulai usaha tidak mutlak menuntut Anda harus bermodal besar bukan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha rental mobil, bisnis rental mobil, usaha travel mobil, bisnis rental, usaha rental, tips usaha rental mobil, peluang usaha rental mobil, cara bisnis rental mobil, bisnis sewa mobil, bisnis rental mobil rumahan
Cara Memulai Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil, Terapkan Tips Berikut Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :