Cara Mempersiapkan Usaha Waralaba Makanan Dan Minuman Ala Mark Siebert

Cara Mempersiapkan Usaha Waralaba Makanan Dan Minuman Ala Mark Siebert

Cara Mempersiapkan Usaha Waralaba Makanan Dan Minuman Ala Mark Siebert

Mengembangkan usaha waralaba makanan dan minuman adalah satu solusi jitu untuk mengembangkan peluang usaha makanan dan minuman yang sudah Anda miliki beberapa kali lebih besar dengan beberapa kali lebih cepat.

Dengan cara waralaba Anda memperluas jangkauan penjualan produk Anda, dan sudah tentu artinya juga meningkatkan porsi penjualan. Akumulasi keuntungan kecil yang Anda kumpulkan dari total penjualan yang Anda dapatkan dari seluruh franchisee Anda akan menjadi sebuah lonjakan besar penghasilan usaha makanan minuman yang Anda kelola. Tak akan semudah itu Anda mendapatkan hasil sama besar bila Anda bertahan dengan cara konvensional.

Hanya saja banyak orang kebingungan bagaimana cara membuka usaha waralaba makanan dan minuman ini, terutama apa saja yang harus Anda siapkan sebelum Anda benar-benar merealisasikan rencana waralaba ini. Karena tidak sedikit usaha waralaba makanan dan minuman yang tampanya belum sepenuhnya matang sudah memberanikan diri melempar usahanya ke pasar dan akhirnya justru menuju kegagalan besar.

Mark Siebert salah seorang pakar franchise dunia dengan pengalaman panjang sebagai pemimpin franchise grup besar di Amerika dan kini menduduki kuri pemimpin CEO franchise grup menjelaskan aspek-aspek yang harus Anda siapkan sebelum Anda membuka usaha waralaba makanan dan minuman, yang terdiri dari

  1. Siapkan produk Anda
    Menyiapkan minuman dan makanan untuk usaha waralaba jelas berbeda dengan membuka warung sendiri. Karena di sini Anda harus bisa memastikan adanya duplikasi oleh franchisee dengan penyajian mudah yang nanti akan dilakukan oleh pihak franchisee. Namun ada kerahasiaan di dalamnya sehingga franchisee Anda tidak bisa meniru apa yang sudah anda buat, karena franchisee nakal akan kerap melakukan ini dengan asumsi mereka bisa menekan harga pokok dibanding mengambilnya dari Anda.
  2. Konsep Original
    Menjadi original sangat penting ketika Anda membuka usaha waralaba, karena kalau Anda sama dengan yang lain, maka tidak ada istimewanya produk Anda dengan waralaba Anda buka. Menjadi original tidak harus datang dari produk. Ketika produk dan konsep Anda tidak lagi istimewa maka baik franchisee tidak akan tertarik menjalankan usaha Anda dan konsumen tidak akan tertarik pada produk Anda.
  3. Persiapan keuangan
    Rupanya membuka usaha waralaba makanan dan minuman juga membutuhkan modal. Setidaknya modal untuk menyusun sistem, peralatan dan kebijakan. Selain itu sebelum Anda memasuki dunia waralaba, penting bagi Anda memulai usaha setidaknya selama 1 – 2 tahun agar Anda memiliki track record yang akan menjadi acuan bagi calon franchisee menganalisa potensi dari waralaba Anda. Track record ini akan mengacu pada sebuah usaha mandiri dalam pengelolaan Anda yang jelas akan memakan biaya.Kadang Anda perlu menyewa tenaga khusus untuk merapikan sistem dan beberapa penyesuaian dalam keuangan dan manajerial usaha.
  4. PenyesuaianManajemen
    Jelas manajemen dalam sebuah usaha franchise akan berbeda dengan usaha mandiri biasa. Ada beberapa pengelolaan terkait adanya sistem keagenan yang nantinya akan berkembang, sistem pelatihan dan standarisasi, sistem quality control, dan masih banyak lagi. Anda harus mengatur para franchisee dan catatan pentingnya mereka bukan karyawan Anda, tetapi mitra Anda. Anda harus membangun sistem dan aturan mainnya dulu sebelum benar-benar membuka sebuah waralaba makanan dan minuman.
  5. Lakukan riset pasar
    Salahs atu aspek dari sebuah usaha adalah pemasaran, untuk itu Anda perlu membuat sebuah tsrategi pemasaran utuk dua sisi usaha Anda, produknya dan usaha waralabanya. Untuk itu Anda harus menterjemahkan dulu kepada siapa produk Anda akan dipasarkan, kelas ekonomi apa, kalangan apa, dan banyak informasi lain. Anda perlu melakukan riset pasar demi bisa menentukan strategi pemasaran tepat macam apa yang perlu Anda gencarkan untuk menjual produk dan waralaba Anda.

Sebagai seorang pakar franchise dan pemimpin CEO franchise grup di Amerika, Mrk Liebert sudah cukup mencicipi asam garam dunia waralaba. Itu sebabnya jurus jurus yang disampaikanya memang sangat relevan dengan kasus dan masalah di lapangan. Termasuk ketika beliau memberikan saran terkait menyiapkan sebuah usaha biasa menjadi sebuah waralaba, termasuk waralaba makanan dan minuman.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

minuman waralaba 2017 da cara membuat, tips memulai franchise minuman
Cara Mempersiapkan Usaha Waralaba Makanan Dan Minuman Ala Mark Siebert | Hari Murti | 4.5

Komentar :