Cara Memilih Waralaba Modal Kecil, Inilah Langkah Yang Perlu Anda Lakukan

Cara Memilih Waralaba Modal Kecil, Inilah Langkah Yang Perlu Anda Lakukan

Cara Memilih Waralaba Modal Kecil, Inilah Langkah Yang Perlu Anda Lakukan

Salah satu jalur bisnis yang banyak disarankan oleh para pengembang bisnis adalah jalur waralaba modal kecil. Pertimbangan bahwa sistem ini dapat menguntungkan kedua pihak baik pemilik waralaba maupun pembeli hak waralaba membuat ide usaha model ini kemudian banyak diadaptasi.

Bahkan kini berkembangan banyak pilihan bisnis waralaba modal kecil dengan sistem yang sederhana dan modal awal yang sangat terjangkau. Beberapa bahkan hanya membutuhkan modal tidak lebih dari 5 juta. Dengan pertimbangan semakin banyak sebuah pemilik usaha waralaba memiliki franchisee maka potensi yang bisa mereka reguk dari usaha mereka akan semakin besar.

Sayangnya bersamaan dengan penawaran yang semakin terjangkau ini, maka semakin banyak pula waralaba modal kecil yang tidak sungguh-sungguh memberikan fasilitas sesuai dengan yang Anda harapkan. Bahkan tidak sedikit dari mereka akhirnya mendamparkan para franchisee mereka begitu saja, karena sistem mereka yang tidak benar-benar professional.

Untuk itu Anda memang harus lebih selektif dalam memilih waralaba terutama ketika Anda mencari waralaba modal kecil. Kesalahan Anda dalam memilih bisa jadi akan membuat Anda rugi bukan karena Anda tidak bisa mendapatkan konsumen atau pengelolaan Anda yang kurang apik, tetapi mutlak karena ketidakprofesionalan dari pihak pemilik waralaba.

Lalu langkah selektif apa yang perlu Anda lakukan untuk memilih waralaba modal kecil dengan tepat.

  1. Lihat produknya
    Salah satu yang perlu menjadi pertimbangan pertama Anda adalah dengan melihat produk yang dijual dari waralaba ini. Pilihlah produk yang sekiranya disukai konsumen, tetapi tidak terlalu pasaran sampai persaingan yang harus Anda hadapi menjadi terlalu ketat. Pilihlah produk yang penyajiannya sederhana bila produk Anda makanan, misalkan dengan memastikan pihak franchisor sudah menyediakan sistem penyajian yang simpel dan mudah diduplikasi dengan tetap mempertahankan kualitas.
  2. Tentukan lokasi
    Kenapa justru Anda memilih lokasi dulu? Karena dari sini Anda bisa ,lebih spesifik melihat pola konsumsi dari pasar Anda nantinya, persaiangan yang mungkin Anda hadapi dan daya beli dari kawasan ini. Dari sini pula Anda bisa menilai dengan tepat produk macam apa yang tepat untuk Anda jual. Aspek utama dari keberhasilan usaha waralaba Anda adalah penjualan. Karena aspek lain sudah dijalankan oleh pemilik waralaba. Jadi upayakan Anda bisa mendapatkan usaha waralaba yang mampu Anda jual dengan optimal.
  3. Pilih pemilik waralaba yang memiliki track record baik
    Meski produk yang mereka jual cukup menarik untuk Anda jual, tetapi perhatikan juga siapa pemilik waralaba ini. Perhatikan track record mereka, apakah mereka punya sejarah bisnis yang buruk, bagaimana track record dari waralaba bersangkutan dan bila perlu kunjung outlet yang sudah berjalan dan cari tau situasi di lapangan dan pendapat para franchisee mengenai waralaba modal kecil yang Anda incar.
  4. Pastikan legalitas waralaba
    Jangan abaikan masalah legalitas, karena bisa jadi Anda akan terjebak dalam lubang satu ini. Salah-salah usaha waralaba yang baru Anda rintis harus ditutup paksa karena perijinan dari waralaba ini belum terpenuhi. Anda sudah terlanjur membayar untuk modal awal dan modal lanjutan dan akhirnya ditutup bukan karena usaha Anda tidak sukses menjual. Sangat mengenaskan bukan?
  5. Periksa detil sistem yang disediakan
    Kadangkala penawaran murah meriah yang Anda terima dari sebuah waralaba modal kecil rupanya menyimpan banyak pengecualian dalam fasilitas dan kabar buruknya kadang ini baru Anda sadari di belakang. Jadi lakukan pembacaan perjanjian dengan seksama dan pastikan Anda sudah melakukan survey untuk bisa membandingkan fasilitas dan keuntungan antara satu waralaba dengan waralaba lain. Sehingga Anda bisa memastikan Anda tidak dalam posisi dirugikan dalam kerjasama ini.

 Artikel lainya: Bisnis waralaba supaya cepat balik modal

Nah…kini tinggal Anda memulai untuk melakukan langkah-langkah selektif ini untuk kemudian menentukan usaha waralaba modal kecil mana yang bisa Anda pilih untuk usaha baru Anda.Jangan gegabah karena langkah Anda di tahap ini menempati posisi penting dalam kesuksesan usaha Anda nantinya.

Jangan salah meski diawali dari modal relatif kecil, bukan lantas potensinya menjadi kecil. Bahkan banyak usaha waralaba modal kecil yang bisa mencatatkan pembukuan keuntungan berkali lipat dari modal awalnya. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara ber waralaba
Cara Memilih Waralaba Modal Kecil, Inilah Langkah Yang Perlu Anda Lakukan | Hari Murti | 4.5

Komentar :