Cara Bisnis Online Dengan Membuka Toko Online Sendiri

0
36

Cara bisnis online – Toko online menjadi pilihan untuk berbisnis secara modern. Banyak pemilik toko dari berbagai latar belakang yang ternyata bisa sukses dalam pengembangan dan pengelolaan toko online miliknya.

Cara bisnis online dengan membuka toko online ini walaupun mudah tapi tidak bisa disepelakan. Ada beberapa perencanaan dan cara-cara tertentu agar toko online dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang. Simak perencanaan dan pengembangannya dibawah ini.

Salah satu hal yang perlu di tetapkan sebelum membuka toko online adalah menentukan jenis produk yang akan dijual. Cara bisnis online seperti ini merupakan jenis jual beli. Tentukan produk untuk mengisi toko Anda.

Apakah produk fashion, produk perawatan, produk kecantikan, produk kesehatan, buku, E-book, gadget, Accessories, merchandise atau produk lain. Pilih produk mana yang sekiranya mudah dijual secara online dan tidak ribet dalam pengirimannya.

Selain barang berupa fisik, cara bisnis online seperti ini juga bisa dikembangkan dengan penjualan jasa. Contohnya agen tour & travel, travel umroh dan haji, rental mobil dan masih banyak lagi.

Pilihlah produk dan jasa yang banyak dibutuhkan dan sering dicari melalui internet. Lakukan riset dan kunjungi toko-toko online yang perkembangannya cepat. Amatilah faktor-faktor yang menjadikan toko tersebut laris manis.

Langkah selanjutnya adalah mencari dan bekerjasama dengan supplier. Carilah supplier dengan sistem order yang mudah. Bandingkan juga antara harga dan kualitasnya dengan supplier-supplier lain yang menyediakan barang serupa.

Usahakan memilih supplier yang tidak banyak membebankan biaya lain-lain kepada Anda. Anda juga dapat bekerjasama dengan lebih dari satu supplier untuk satu produk yang sama agar tetap bisa menyetok barang walaupun supplier inti sedang kosong.

Selanjutnya tentu Anda harus menyiapkan rekening khusus untuk menerima pembayaran dari konsumen. Akan lebih baik jika Anda memiliki lebih dari 2 rekening. Kemudian bekerjasama dengan pihak ekspedisi atau pengiriman barang.

Karena Anda akan sering menggunakan jasa mereka, mintalah tarif yang sedikit lebih rendah dari tarif pengiriman biasa. Cara bisnis online ini dapat segera dijalankan setelah pembuatan website khusus.

Langkah yang paling penting adalah memiliki web khusus untuk toko online. Jika belum bisa menghadirkan web, kita bisa colong start dengan berpromosi di media social atau aplikasi chat.

Kita juga dapat memasang iklan di berbagai marketplace gratis. Untuk webnya, jika tidak mempunyi keahlian tersebut maka kita dapat menggunakan jasa pembuatan web. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya gunakan saja blog atau web gratis yang memang lebih sederhana.

Langkah selanjutnya setelah website jadi yaitu,

  • Isilah web dengan informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

Gunakan konten yang menarik dan jelas. Gunakan bahasa yang simple, tidak berbelit-belit namun mudah dimengerti dan bersifat informatif. Cara bisnis online dengan membuka toko online ini akan lebih menarik jika konten yang diberikan terkesan friendly dan tidak terlalu formal.

  • Gambar atau foto barang

Cara bisnis online seperti ini tentu konsumen tidak dapat melihat atau memegang barang yang ditawarkan secara langsung. Konsumen akan lebih percaya jika ada foto asli dari produk yang ditawarkan itu. Upload foto barang jualan Anda beserta informasi detailnya. Misal baju, cantumkan ukuran, warna yang ada, bahan dan harganya. Kalau produk kesehatan, cantumkan fungsi, bahan yang digunakan, keamanan dan keasliannya serta harganya.

  • Sertakan fitur chating dan alternatif lain yang dapat dihubungi

Fitur chating ini fungsinya untuk mempermudah konsumen dalam menanyakan tentang produk, pengiriman atau komplain. Toko online ini juga terkesan lebih ramah apabila setiap pengunjung disambut oleh CS dari fitur chat.

Cara bisnis online dibidang ini memang lebih mengutamakan kemudahan pembelian, namun juga harus diberi kemudahan akses dalam komunikasi dengan CS. CS yang online 24 jam akan membuat konsumen lebih mempercayai keamanan toko online Anda.

Cara bisnis online dengan membuka toko online akan lebih cepat maju apabila memberi kesempatan kepada reseller dan dropshiper yang ingin bergabung. Reseller dan dropshiper sebenarnya sama dengan marketing freelance di toko online tersebut. Jadi, penawaran produknya akan lebih luas. Penjualan juga akan meningkat secara signifikan.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY