Buka Usaha Sendiri Usaha Cetak Digital, Inilah 4 Tips Wajib Untuk Menjadikanya Sukses

Buka Usaha Sendiri Usaha Cetak Digital

Buka Usaha Sendiri Usaha Cetak Digital

Salah satu bisnis yang memiliki potensi yang sangat menarik untuk Anda kembangkan adalah bisnis cetak digital. Memang untuk Anda bisa buka usaha sendiri dalam bidang cetak digital, Anda membutuhkan modal awal yang terbilang besar, terutama terkait dengan modal produksi yang memang terbilang tinggi. Tetapi seiring dengan itu, peluang pengembalian modal dan tingkat permintaannya juga terbilang tinggi.

Dengan usaha cetak digital, Anda bisa memiliki sebuah bisnis yang bergerak dalam ranah hilir hingga hulu. Anda bisa menjadi supplier bagi para pelaku bisnis seperti menyediakan bahan kanvas dan kulit sintetis printing untuk bahan pembuatan jok motor, sepatu, tas dan dompet.

Menyediakan stiker khusus seperti untuk produk otomotif seperti skin body motor atau skin helm yang biasanya akan banyak dicari oleh para pelaku usaha otomotif dan perbengkelan. Dan masih banyak industry lain yang akan membutuhkan jasa supplai bahan baku hasil cetak digital.

Namun di sisi lain Anda juga bisa bermain sebagai produsen yang menyalurkan produk ke pasar retail seperti produksi pembuatan skin Hp dan laptop, pencetakan akrilik untuk gantungan kunci, jam , hiasan dinding hingga cetak tekstil.

Dan Anda juga bisa bermain langsung pada pasar konsumsi dengan menyediakan jasa cetak untuk konsumen personal, persero dan instansi serta konsumen dengan pesanan massal. Anda bisa melayani pesanan merchandise dari instansi atau perusahaan sampai souvenier pernikahan dan gathering.

Luasnya pasar dan banyaknya peluang yang bisa Anda kembangkan hanya dari satu buah usaha cetak digital membuat banyak orang melirik usaha ini dan tertarik untuk buka usaha sendiri. Tentu saja sebagaimana sudah kami bahas di awal, Anda membutuhkan permodalan yang terbilang besar dengan beberapa pos biaya mulai dari pos biaya produksi sampai pos biaya pemasaran dan penjualan. Dan adapun pos biaya dalam aktivitas produksi untuk buka usaha sendiri dalam bidang cetak digital adalah sebagai berikut.

  1. Pembelian seperangkat peralatan cetak
    Untuk membuka usaha cetak digital, jelas yang Anda butuhkan adalah mesin cetak lengkap dengan computer yang memiliki support spesifikasi dalam desain yang biasanya memakan biaya kisaran antara 7 juta sampai belasan juta. Sedang untuk printer dengan kemampuan cetak digital memadai Anda membutuhkan modal antara 100 juta sampai 200 jutaan tergantung spesifikasi, jenis macam media cetak dan ukuran cetak. Mesin cetak dengan kemampuan cetak pada media terbatas dan media yang lebih beragam mulai dari bahan stiker, akrilik, mug, kayu sampai tekstil dan kulit sintetis sudah tentu akan dibandrol dengan harga lebih tinggi. Selani itu Anda juga membutuhkan mesin press dan mesin kompresor untuk membantu proses perlekatan stiker bila memang Anda juga membuka jasa pemasangan stiker khusus seperti pada helm.
  2. Bahan baku
    ketika Anda mulai menerima pesanan, maka setidaknya Anda membutuhkan bahan baku baik itu media cetak ataupun tinta dan perlengkapan lain. Tentu saja bahan baku akan memakan biaya yang berbeda antara satu bahan dengan bahan lain. Misalkan untuk stiker antara 25 ribu permeter2, mug polos sekitar 2000 – 4000 perbuah, atau bahan kanvas kualitas medium yang bisa mencapai harga 40 ribuan permeter2..
  3. Tenaga kerja
    Untuk memaksimalkan kapasitas produksi, Anda tidak hanya membutuhkan peralatan, tetapi juga tenaga kerja yang akan bertugas sebagai operator, tenaga penyedia bahan baku dan desainer. Pada umumnya Anda akan membutuhkan 3 orang untuk kapasitas minimal. Namun Anda perlu pertimbangkan jumlah tenaga kerja dengan jumlah pesanan rata-rata yang masuk dalam usaha Anda, supaya tidak ada tenaga kerja berlebih pada usaha Anda. Biasanya tenaga kerja akan diupah berdasar UMR di kota Anda, antara 700 ribu sampai 1 jutaan.
  4. Biaya overhead produksi
    Beberapa pos biaya tambahan macam biaya listrik, transportasi, internet dan lainnya perlu pula Anda tambahkan dalam komponen biaya produksi dan biaya lain-lain. Komponen biaya overhead ini sifatnya mendukung proses produksi namun tetap mutlak Anda butuhkan dalam proses produksi.

Itulah komponen biaya produksi yang perlu Anda pahami ketika Adan mengawali buka usaha sendiri dalam bidang usaha cetak digital. Pahami konsep ini sebagai bagian pertama dari struktur permodalan yang perlu Anda siapkan di awal pembukaan usaha.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis cetak kanvas, usaha percetakan akrilik modal printer, tips memulai usaha percetakan gantungan kunci akrilik, tips jasa cetak, mesin cetak sctiker motor sendiri tanpa karyawan, mau bukah usaha cetak sripping di rumah sendiri tanpa karyawan, Konsep bisnis percetakan modal 100 juta, cara sukses dalam usaha printing, buka usaha kulit jok motor, usaha sendiri dengan mesin
Buka Usaha Sendiri Usaha Cetak Digital, Inilah 4 Tips Wajib Untuk Menjadikanya Sukses | Hari Murti | 4.5

Komentar :