Buka Usaha Modal Kecil dari Limbah Kayu, Usaha Meja Lipat Anak

Buka Usaha Modal Kecil dari Limbah Kayu, Usaha Meja Lipat Anak

Buka Usaha Modal Kecil dari Limbah Kayu, Usaha Meja Lipat Anak

Untuk bisa buka usaha modal kecil, Anda harus lebih peka dengan lingkungan sekitar Anda. Adakah peluang atau potensi yang bisa Anda gali lebih jauh sebagai ide bisnis untuk Anda. Itulah yang ingin saya dorong pada diri Anda, supaya Anda membuka wacana dan pandangan Anda pada sekitar Anda.

Hal serupa dilakukan oleh Pak Asdari dari Lampung. Beliau bertempat tidak jauh dari sebuah pabrik pembuatan pintu dan jendela dari kayu untuk tujuan ekspor. Sebelumnya malah beliau adalah salah satu karyawan dalam pabrik tersebut. Namun karena beberapa hal beliau memutuskan untuk keluar.

Dari pabrik tersebut tadi  banyak tersisa limbah kayu yang hanya dibuang begitu saja. Limbah kayu ini hanya ditumpuk di salah satu sudut halaman pabrik dan kadang diambili warga untuk kayu bakar. Pak Asdari melihat bahwa sebenarnya limbah kayu yang terbuang ini masih memiliki kondisi yang baik dan utuh, jadi sayang kalau hanya dibuat sebagai kayu bakar.

Dari sinilah pak Asdari merasa berkeinginan memanfaatkan kayu tak terpakai ini menjadi produk lain yang bernilai ekonomis. Dengan mengajukan permohonan menampung sisa limbah kayu tadi, pada awalnya beliau hanya membuat kotak untuk pengemasan buah dan telur. Usaha ini sangat menguntungkan karena beliau buka usaha modal kecil, karena bahan bakunya saja hampir tanpa biaya.

Kala itu usahanya cukup lancar karena di sekitar rumahnya juga ada peternakan ayam petelur yang bisa menjadi konsumen kotaknya. Usaha kotak kayu ini malah sempat berjalan selama 4 tahun. Namun belakangan masuk produk kotak dari plastik yang memiliki harga lebih murah. Hal ini membuat usaha kotak kayu miliknya harus gulung tikar.

Pak Asdari harus putar otak, bagaimana caranya bertahan dengan mengandalkan kemampuannya di bidang pertukangan. Kala itu pak Asdari sudah berkeluarga jadi dia harus berusaha untuk menghidupi anak dan istrinya. Satu hari, beliau berkenalan dengan seorang ibu muda yang meminta dibuatkan sebuah meja dan kursi lipat anak. Ibu muda ini memberikan contoh gambar kepada pak Asdari dengan mengambil gambar dari internet.

Dengan keahlian dalam bidang pertukangan, pesanan ini dengan mudah beliau selesaikan. Malah dengan kreatif beliau menambahkan karakter kartun kesukaan anak-anak untuk pemanis. Dari sinilah beliau mulai menemukan sebuah peluang usaha,usaha meja lipat anak. Pesanan pertamanya ini ternyata berlanjut pada pesanan-pesanan berikutnya. Ibu muda yang permintaannya terpuaskan ini ternyata menjadi mesin promosi gratis untuk pak Asdari. Dalam satu bulan saja, beliau langsung menerima pesanan 5 meja lipat.

Harga meja lipat seset dengan kursi yang sudah menempel buatan pak Asdari dibandrol di bawah harga di internet. Kalau harga pasaran internet berkisar 170 ribu sampai 200 ribuan, maka beliau hanya menjual seharga 135 ribu saja. Beliau juga membuat dalam ukuran besar untuk anak usia SD dengan harga 180 ribu. Dengan ini pasar beliau berkembang lebih luas, tidak hanya melayani permintaan untuk usia PAUD dan TK.

Keunggulan produk meja kursi lipat buatan pak Asdari terdapat pada bahan baku kayunya yang berkualitas dan finishing pengecatannya yang sangat baik. Beliau sengaja menambah seorang tenaga tambahan yang pandai melukis untuk membuatkan gambar beragam tokoh kartun pada meja sehingga produknya tampak menarik bagi anak-anak.

Untuk memasarkan produknya, beliau biasanya menitipkan produk ke beberapa toko penjualan alat tulis dan supermarket. Malah kini beliau mencoba masuk ke pasar lebih luas dengan mengikuti beragam pameran dan festival anak di kota Bandar Lampung.

Saat ini beliau juga memproduksi meja lipat dengan lapisan atas gambar tokoh kartun dari karton. Dengan menggunakan bahan kayu albasiah yang lebih murah dan finishing yang simpel, produk ini bisa beliau jual dengan harga 25 ribuan dan kini banyak dijajakan di pinggir jalan di kota Lampung dan sekitarnya. Produksi meja lipat ekonomis ini bertujuan membantu tetangga sekitarnya untuk mendapatkan barang dagangan yang lebih mudah terjual.

Saat ini dengan buka usaha modal kecil, usaha meja lipat anak yang beliau miliki ini, beliau sudah membukukan omset setidaknya 40 juta tiap bulan. Hasil ini sangat fantastis karena dari sisi modal beliau hanya mengelaurkan dana tidak lebih dari 1/3nya saja. Itulah salah satu bukti, bahwa kejelian melihat peluang dan kreatifitas bisa menjadi sebuah peluang besar buka usaha modal kecil yang menguntungkan. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara membuat meja lipat anak, usaha dari limbah kayu, bisnis limbah kayu, cara membuat meja lipat kecil, peluang usaha limbah kayu, cara membuat meja lipat, cara membuat meja lipat dari kayu, cara membuat meja lipat sederhana, cara membuat meja lipat kayu, cara membuat kursi lipat kayu
Buka Usaha Modal Kecil dari Limbah Kayu, Usaha Meja Lipat Anak | Hari Murti | 4.5

Komentar :