Buka Usaha Dengan Modal Kecil 3D Paper Craft, Untung 9 Juta Per Bulan

0
337

Buka usaha dengan modal kecil – 3D paper craft sebenarnya adalah bentuk pengembangan dari krasi origami khas Jepang. Bila selama ini origami dikenal terbuat dari kertas berbentuk kotak atau memanjang yang dilipat sedemikian rupa menjadi berbagai bentuk kertas lipat, maka 3D paper craft ini menggunakan kertas yang sudah dicetak gambar khusus yang dilipat dan ditempel sedemikian rupa hingga membentuk sebuah figur atau bentuk.

Dan yang menarik, dari 3D paper cract dan paper toy ini, Anda bisa buka usaha dengan modal kecil . Setidaknya inilah yang dijalankan oleh seorang pria muda bernama Arista Dwi. Aris, demikian pria ini biasa dipanggil memulai usaha ini di tahun 2007. Kala itu usaha semacam ini belum banyak dikenal. Bahkan bisa dikatakan sangat sepi pesaing.

Buka Usaha Dengan Modal Kecil 3D Paper Craft, Untung 9 Juta Per Bulan

Berawal dari keisengannya mencari kartu ucapan kreatif di dunia maya, dia bertemu dengan banyaknya paper toy atau paper craft yang bisa dengan mudah didownload dari internet. Dia melihat ini merupakan sebuah ide bisnis yang menarik, demikian pemikiran Arista.

Akhirnya pria berusia 25 tahun ini mulai mencari alamat website yang menjual produk paper craft dan paper toy resmi. Dengan modal sekitar 600 ribu, Aris mulai membeli hak download produk paper craft dengan kualitas HD atau daya cetak tinggi.

Meski dengan mesin pencari saja Anda sudah bisa bertemu banyak produk paper craft bertebaran, kebanyakan tidak dalam kualitas gambar HD sehingga ketika dicetak dengan mesin print hasilnya sedikit buram. Selain itu, dengan membeli produk resmi Aris juga otomatis mendapatkan panduan pembuatannya, sehingga memudahkannya untuk menjual ke pasar sebagai .

Setelah itu, Aris membeli sebuah mesin print khusus berkualitas tinggi seharga 4 jutaan. Dan kertas dengan ketebalan khusus semi karton. Cukup dengan bermodal seluruh perangkat ini saja, Aris bisa mencetak banyak model 3D paper craft. Mulai dari aneka bentuk boneka kertas tokoh kartun favorit anak-anak seperti Hello Kitty, princess, Micky Mouse sampai Ninja Turtle, Captain America, Batman dan lain sebagainya.

Setidaknya saat ini Aris sudah memproduksi sekitar 40 tokoh figur dari berbagai kartun dan cerita anak. Selain itu, Aris juga menyediakan produk 3D paper craft untuk kalangan remaja dan dewasa, seperti paper craft berbagai bangunan terkenal dunia, mulai dari menara pizza, koloseum dan lain sebagainya. Juga tersedia aneka bentuk 3D desain rumah, kedai minuman, rumah pohon dan sebagainya yang juga banyak digemari kalangan remaja dan dewasa karena lebih rumit dan menantang.

Diakui Aris diawal dia buka usaha dengan modal kecil ini, memang sempat dia kesulitan menjual produknya, tetapi hanya perlu waktu 2 bulan untuk kemudian Aris dengan mudah mengembangkan penjualannya hingga bertahan sampai sekarang.

Modal utama buka usaha dengan modal kecil nya adalah keberaniannya menemukan pangsa pasar. Diakui pasar utama dari produknya awalnya memang anak-anak. Itu sebabnya tak segan Aris memasuki berbagai TK dan SD di kotanya tinggal Yogyakarta menawarkan produknya.

Dalam setiap penawarannya, sistem yang diterapkan adalah paket pelatihan singkat kerajinan paper craft. Di sini sekolah diuntungkan karena pihak Aris menyediakan mentor khusus untuk menjadi guru tamu pelajaran kerajinan tangan.

Sambutan yang diterima Aris cukup baik, setidaknya dalam 1 minggu selalu saja ada pemesanan pelatihan dalam kelas. Kadang bisa lebih dari 2 permintaan. Sekali pelatihan setidanya 30 buah paper craft terjual. Setiap produknya dijual antara kisaran 8 ribu sampai 15 ribu untuk figur 3D sedang untuk produk bangunan bisa mencapai angka 60 ribuan. Biasanya untuk pelatihan Aris menambahkan biaya 60 ribu perkelas.

Tidak berhenti sampai disana, Aris mulai memasuki pasar kalangan anak SMP dan SMA dengan produk paper craft yang lebih rumit. Beberapa teknik pemasaran masih dengan metode yang sama, yakni pelatihan dengan bekerjasama pihak sekolah. Tetapi belakangan Aris juga memasarkan produknya pada beberapa bazar dan pameran pendidikan, kerajinan tangan dan pameran anak-anak yang kerap dijalankan di kota Yogya.

Aris sudah menjalankan buka usaha dengan modal kecil nya selama 8 tahun, dan kini Aris akui dalam satu bulan Aris bisa mengais untung sampai lebih dari 9 juta perbulan. Omset perbulannya mencapai 25 jutaan. Margin keuntungan Aris memang tergolong besar, karena sebenarnya biaya pembuatan produk ini relatif murah.

Baca juga : Tips Rahasia Bisnis Internet Tanpa Modal Dengan Instagram

Itulah kisah sukses seorang pengusaha muda yang sukses cukup dengan berbekal kejeliannya menemukan produk yang unik dan menjual dengan harga miring. Siapa sangka buka usaha dengan modal kecil sebesar kisaran 5 jutaan dan kini Aris sukses mencetak untung jutaan bahkan belasan juta tiap bulan.

Sumber gambar : www.mymodernmet.com

bisnis papercraft, usaha papercraft, Bisnis origami, peluang bisnis papercraft, cara bisnis papercraft, peluang usaha papercraft, modal usaha papercraft, usaha paper craft, memulai usaha papercraft, bisnis paper craft
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY