Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan, Pancake Durian. Booming Bung!!

Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan, Pancake Durian. Booming Bung!!

Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan, Pancake Durian. Booming Bung!!

Buah durian, buah asli kawasan Asia Tenggara ini memang memiliki pesona yang memikat. Dengan bentuknya yang khas, buah lembut dan creamy di balik kulit  buahnya yang keras dan berduri. Ditambah lagi dengan aromanya yang tajam dan mencolok. Mampu mengoda iman penggemarnya dalam jarak 100 meter, meski juga tidak jarang menjadi musuh mereka yang sama sekali tidak doyan durian.

Pesonanya ini menjadikan durian sangat layak diolah menjadi potensi bisnis rumahan yang menjanjikan. Rasa durian yang memikat ini menjadikannya sebagai salah satu bahan favorit pencinta kuliner untuk menjadi beragam produk makanan olahan.

Produk-produk klasik macam tempoyak dan dodol durian rasanya sudah mendarah daging di masyarakat penggemar durian, terutama dari kawasan Sumatera dan Kalimantan. Meski durian juga kerap diolah menjadi beragam penganan lain macam sarikaya, kolak, jus hingga pudding.

Yang menarik buah durian ini memang tergolong cukup luwes Anda utak atik menjadi beragam penganan. Proses pembuatannya cenderung sederhana dan mudah sehingga cocok sekali sebagai pilihan untuk usaha rumahan.

Nah…salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan dari produk olahan durian yang belakangan sedang menjadi trend adalah pancake durian. Tidak seperti kebanyakan pancake yang berupa kue pipih dengan topping, maka sajian ini lebih mirip crepe basah dengan isian cream dan buah durian halus.

Produk macam ini merupakan inisiatif dari masyarakat Riau pada beberapa tahun belakangan sebagai varian baru produk durian. Sejak awal kemunculannya, pancake durian sukses merebut hati pasar. Di Raiu sendiri kebanyakan usaha produksi pancake durian masih dalam skala rumahan dan kecil-kecilan.

Dengan maraknya usaha ini di kota-kota Sumatera, kini pancake durian mulai dikenalkan di kawasan Jawa. Meski Jawa bukan penghasil durian nomer wahid,tetapi dengan kemajuan teknologi, kini Anda juga bisa mencoba bisnis pancake durian ini dengan produk kualitas terbaik dari Sumatera.

Ide yang sama pula telah menginspirasi seorang bernama Didik Arwinsyah dengan Ummy Pancake yang beliau buka pada Juni 2013 lalu. Dengan modal relatif kecil, beliau dan istri mencoba menjajal hasil utak atiknya dengan durian yang mencontoh konsep pancake durian ala Riau yang mereka lihat.

Membuka booth sederhananya di pinggiran jalan Glagahsari kawasan kampus Universitas Negeri Yogyakarta, Didik mulai menjajakan jajanan pancake khas buatan istrinya ini. Beliau menjual 4 jenis rasa dari pancake durian yakni, rasa strawberry, rasa pandan, rasa cokelat dan rasa original.

Yang menarik Didik tidak hanya menjual pancake, Anda juga bisa menemukan beragam kudapan dan minuman khas lain macam kolak durian, jus durian, bahkan nastar durian. Jelas bagi penggemar durian, bertandang ke booth Ummy Durian laksana datang ke surganya durian. Inilah strategi yang ini dilancarkan Didik, memanjakan konsumennya dengan durian sepuas-puasnya.

Ternyata strategi pemasaran yang Didik coba jalankan memang sudah cukup jitu. Dalam ½ tahun saja Didik mengaku sudah meraih omset hingga 20 juta perhari. Saat ini beliau mencatatkan 8 reseller yang berada di dalam dan luar kota. Ya…Didik juga menyerang pasar dengan konsep reseller untuk bisa memperluas pasar.

Didik menjamin, produk olahan durian buatannya terutama produk pancake memiliki keawetan yang cukup handal meski tanpa pengawet. Rahasianya hanyalah proses masak yang tanak, jadi pancake tetap awet meski tidak Anda simpan dalam kulkas.

Bila Anda tertarik untuk ikutan menjajal bisnis pancake durian ini, Anda bisa mencoba untuk usaha reseller  dengan bekerja sama dengan produsen besar macam Ummy Pancake ini. Tetapi Anda juga bisa mencoba usaha rumahan yang menjanjikan dengan cara yang mandiri.

Artikel lain: Peluang Usaha Makanan Ringan

Dengan produk yang tidak sulit untuk Anda buat, Anda bisa dengan mudah menjajal untuk membuatnya sendiri dirumah dan menjualnya ke lingkungan Anda dulu. Tentu saja dengan modal yang relatif kecil karena produksi Anda masih terbatas. Asal Anda bisa memastikan kualitas suplai durian segar,usaha rumahan Anda cukup menjanjikan.

Lalu bagaimana cara tepat membuka usaha pancake durian ini? Berikut ini informasinya.

  1. Gunakan bahan baku berkualitas
    Ummy Pancake sengaja bekerjasama dengan supplier buah durian frozen dari kawasan Deli Medan. Dengan cara ini Ummy Pancake bisa menjamin kualias terbaik untuk produk pancakenya. Anda bisa juga meniru cara ini, atau mencoba mencari produsen durian lokal atau bekerja sama dengan supplier-suplier.
  2. Mulai dari skala kecil
    Awali usaha rumahan menjanjikan ini dengan produksi kecil-kecilan. Meski bisa Anda simpan di kulkas sebaiknya Anda tidak menyimpan persediaan dalam jumlah banyak. Produksi dalam jumlah terbatas dan sesuaikan dengan penjualan yang ada, misalkan dengan modal 3 jutaan. Terlalu banyak produksi memaksa Anda mengeluarkan biaya yang besar tanpa ada kepastian pemasukan.
  3. Tentukan konsep penjualan
    Sebelum masuk pada tahap pemasaran, cobalah untuk menentukan terlebih dulu konsep pejualan Anda. Tentukan dulu diawal bagaimana Anda akan menjual produk pancake Anda. Dengan membuka booth, menjualnya via online atau dengan menitipkannya ke penjual lain. Menjual dengan booth biasanya lebih boros karena Anda harus membuat booth dan mencari tenaga kerja pramuniaga. Tetapi menjual dengan penitipan kadang juga kurang efektif meraih pasar dengan cepat.
  4. Teknik pemasaran
    Setelah Adna mengantongi konsep penjualan, kini Anda perlu memiliki strategi tepat untuk membuat orang yang kadang asing dengan produk Anda menjadi penasaran. Cara-cara macam penyebaran brosur, pembuatan page facebook atau sekedar pemberian sample rasanya masih menjadi piliha jitu dalam memasarkan produk.

Bagaimana? Siap membuaipasar dengan rasa dan aroma yang kaya dari pancake durian? Ini dia usaha rumahan yang menjanjikan. –Tim Siap Bisnis

Tag:

cara menjual pancake durian, promosi pancake, friences pancake duren, bisnis pancake, peluang bisnis pancake durian, bisnis pancake durian medan, bisnis pancake durian, contoh brosur pancake durian, cara promosi pancake durian, bisnis pancak
Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan, Pancake Durian. Booming Bung!! | Hari Murti | 4.5

Komentar :