Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Jasa Rental Penyimpanan ASI

0
45

Bisnis rumahan yang menguntungkan – Berangkat dari ide bahwa pentingnya pemberian asupan ASI untuk bayi hingga usia 2 tahun, dan banyaknya halangan bagi para ibu untuk tetap konsisten memberikan asupan ASI hingga usia tersebut, maka ide ini muncul pada seorang ibu muda bernama Asmira dari kota Yogya.

Ide bisnis rumahan yang menguntungkan ini berawal dari usahanya yang sebelumnya dia buka di rumahnya yakni penjualan aneka makanan frozen. Karena sulitnya mendapatka suplai sesuai dengan kebutuhan penjualannya, akhirnya usaha makanan beku ini terpaksa berhenti di tengah jalan. Sayangnya demi menjalankan usaha ini Asmira sudah terlanjur berinvestasi pada sebuah mesin pendingin beku khusus yang memakan banyak dana.

Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

Merasa sayang bila mesin pendinginnya ini terbengkalai sia-sia tanpa dimanfaatkan, Asmira yang kebetulan sedang memiliki bayi memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan ASI. Asmira sendiri belakangan sempat terpaksa kerap keluar rumah ketika menjajal satu bisnis baru sebagai agen asuransi.

Beberapa rekan kerja dan beberapa tetangga Asmira yang juga ibu bekerja melihat ide Asmira menggunakan mesin pendingin untuk menyimpan ASi sangat brilian dan tertarik untuk menyimpan ASI mereka dengan cara yang sama.

Namun kebanyakan rumah tangga hanya memiliki mesin pendingin berukuran kecil sehingga kurang cukup memuat banyak ASI sementara juga harus menampung beberapa bahan makanan simpanan rumah tangga. Beberapa ibu juga merasa kurang nyaman menyimpan ASI bersama dengan aneka sayur dan daging yang mereka simpan dalam lemari pendingin mereka.

Berangkat dari ide kecil inilah Asmira kemudian menjajal ide menyewakan ruang simpan ASI kepada kolega dan tetangganya ini dengan memanfaatkan ruang luas yang masih tersisa dalam mesin pendingin miliknya. Kebetulan Asmira membaca satu artikel mengenai bisnis penyewaan mesin pendingin di kota Jakarta yang juga meraup untung besar.

Baginya jelas mustahil menginvestasikan lebih banyak dana lagi untuk membeli mesin pendingin baru. Tetapi Asmira sadar ada peluang besar yang bisa dia reguk dari potensi penyimpanan ASI ini. Dan Asmira mulai memutar otak memanfaatkan apa yang dia miliki untuk sebuah bisnis rumahan yang menguntungkan.

Asmira sengaja membeli beberapa kotak plastik kualitas tinggi bebas BPA berukuran sedang, dan sejumlah besar botol kaca khusus lengkap dengan tutup kedap sehingga menjamin kualitas ASI yang Asmira simpan tetap baik untuk jangka 3 bulan. Asmira mempelajari teknik penyimpanan ASI ini dari berbagai media di dunia maya.

Untuk satu wadah penyimpanan yang mampu memuat sekitar 25 buah botol yang masing-masing menampung sekitar 120 cc ASI, Asmira mengenakan biaya 70 ribu untuk masa 3 bulan. Dalam satu wadah lemari pendinginnya Asmira bisa menyimpan sampai 30 kotak.

Untuk menjamin kualitas layanan, Asmira juga membeli perangkat steril botol khusus yang akan membuat setiap botol bekas pakai ASI siap untuk menampung ASI baru tanpa harus khawatir sisa kotoran dari penampungan ASI sebelumnya.

Baca juga : Ini Dia Inspirasi Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan

Asmira juga melayani jasa antar kalau ada konsumennya yang membutuhkan ASI. Untuk itu, Asmira menggunakan jasa ojek yang membawa semacam kotak cooler yang bisa menahan suhu ASI di dalamnya tetap beku selama 2 jam. Untuk jasa ini Asmira mengenakan biaya tambahan antara 20 ribu sampai 45 ribu tergantung jarak pengiriman. Untuk jasa ini Asmira membagi hasil 60% untuk pengendara ojek.

Dengan usaha sederhananya ini Asmira yang hanya memulai usaha dengan modal sekitar 5,5 juta untuk kotak, botol dan mesin steril ini bisa mengeruk hasil hingga 700 ribu tiap bulan. Sedang biaya bulanan yang harus Asmira tanggung hanya biaya listrik yang berkisar 15% dari total pendapatan Asmira.

Rencananya dalam waktu dekat Asmira sendiri akan menambah mesin pendingin miliknya, mengingat makin banyak rekan2 kerja dan tetangganya yang meminta bantuan jasanya namun belum mampu dia tampung karena keterbatasan kapasitas mesin pendingin yang dimilikinya. Padahal sejauh ini Asmira belum ada satupun program promosi dan pemasaran khusus untuk bisnis rumahan yang menguntungkan ini, semua konsumennya hanya datang dari cara ketok tular saja.

Asmira memang belum bisa dikatakan sukses menjadi jutawan dari bisnis rumahan yang menguntungkan ini. Tetapi dari awal sederhana, memanfaatkan apa yang dimiliki Asmira bisa membangun usaha kecil yang berpotensi menjanjikan ini bahkan tanpa harus beranjak dari rumahnya.

Sumber gambar : blog.tokopedia.com

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY