Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Puding Cantik

Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Puding Cantik

Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Puding Cantik

Salah satu ide kreatif yang identik dengan bisnis rumahan modal kecil adalah usaha yang berkaitan dengan hal-hal domestik. Termasuk pula dengan keahlian para ibu dalam urusan dapur. Soalnya yang namanya bisnis rumahan biasanya dijalankan oleh para ibu yang ingin tetap menghasilkan namun tidak meninggalkan rumah dan anak-anaknya.

Berangkat dari itu pula kemudian biasanya bisnis rumahan juga sering kali mengangkat ide-ide kreatif dari kebisaan para ibu alias kembali ke masalah domestik. Jangan anggap sepele lho urusan domestik ini, karena kadang hal sepele saja bisa menjadi sangat menguntungkan dan potensial sebagai bisnis.

Contohnya adalah usaha puding cantik. Usaha kuliner memang sudah menjadi salah satu ide yang paling populer di dalam bisnis rumahan modal kecil yang dijalankan para ibu. Tapi tidak banyak kan yang tercetus untuk membuat usaha produksi puding?

Padahal proses pembuatan puding termasuk sangat mudah, apalagi kalau dikerjakan oleh para ibu yang memang menggemari dunia dapur dan pastry. Mereka akan sangat lihai berkreasi dengan puding-puding ini menjadi tampil lebih memikat, dengan rasa-rasa yang semakin kaya dan menggoda lidah. Apalagi dengan semakin banyak tutorial pembuatan puding yang bisa dengan mudah Anda tiru di internet. Semakin mudah saja untuk sekedar menciptakan hidangan puding yang memikat.

Kalau Anda berinisiatif untuk membuka bisnis rumahan modal kecil dengan memproduksi puding, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lalui untuk memulainya.

  1. Siapkan varian menu puding
    Mulailah dengan memastikan Anda memang sudah memiliki resep terbaik untuk puding yang akan Anda tawarkan ke pasar. Pastikan Anda sudah cukup terlatih dalam membuatnya dan lihai pula dalam menghiasnya sehingga tidak hanya sekedar tampak enak tetapi juga tampak memikat. Semakin apik Anda menghias, semakin banyak konsumen yang tertarik. Pastikan Anda memilih resep dengan bahan baku murah meriah, yang Anda perlukan adalah mengemas bahan murah ini menjadi terkesan mewah dan cantik.
  2. Tentukan pasar produk Anda
    terkait dengan model puding yang akan Anda buat, Anda tentu akan menentukan pasar mana yang sesuai dengan produk buatan Anda. Bila produk Anda adalah puding cup dengan desain lucu, maka pasar Anda adalah anak-anak, sedang  pudding cup cokelat dengan konsep mewah dan cantik, membidik pasar anak muda bisa menjadi lebih tepat. Atau justru membuat pudding fancy dengan aneka hiasan, biasanya ini sangat cocok untuk pasar acara ulangtahun atau perayaan hari raya.
  3. Tentukan teknik pemasaran
    Ada sangat sangat banyak teknik yang bisa Anda jalankan untuk membuka pasar produk puding. Pastinya bergantung pada bidikan pasar yang Anda pilih. Anda bisa saja menitipkan produk puding Anda ke toko bakery dan pastry di kota Anda, ke kantin sekolah, cafetaria kantor Dll. Namun Anda juga bisa mencoba penjualan mandiri dengan membuka toko kecil, menawarkannya via online, menyebar brosur dan sebagainya. Yang tentu tidak boleh Anda abaikan adalah sesuaikan pula konsep pemasaran Anda dengan budget yang Anda siapkan. Di sini bila Anda bermaksud membuka jalur pemasaran via online atau dengan brosur, maka Anda juga harus membuat sample untuk kemudian Anda foto dan pamerkan sebagai penawaran.
  4. Siapkan sistem produksi
    Satu lagi yang harus Anda perhatikan dalam usaha ini adalah sistem produksi. Bukan sekedar kelengkapan peralatan produksi, tetapi mengenai bagaimana Anda akan membuat setiap puding ini di dapur Anda serta kapan Anda akan membuatnya. Pastikan pula ketersediaan bahan baku dengan baik demi menjaga keberlangsungan produksi. Sesuaikan produksi dengan kapasitas penjualan supaya tidak ada barang menumpuk sebagai stok, meski sebenarnya makanan ini termasuk makanan awet dan tahan lama.
  5. Mempersiapkan modal
    Urusan modal bergantung pada urusan persiapan peralatan, seperti peralatan masak di dapur, alat cetak hingga mesin pendingin. Kadang Anda tidak mutlak harus membeli baru, karena seringkali Anda sudah memilikinya di rumah. Selebihnya bergantung pada target pasar dan teknik pemasaran yang Anda pilih. Misalkan dengan metode brosur, Anda harus menyiapkan modal untuk membuat brosur dan penyebarannya sedang dengan cara online artinya menyiapkan modal internet dan online promotionnya. Kalau Anda menjual dengan cara penitipan, Anda artinya harus menyiapkan modal awal produksinya.

Artikel Terkait: Usaha kue cokelat rumahan

Apakah Anda tertarik untuk lebih jauh memahami bisnis rumahan modal kecil ini? Informasi ini akan saya lanjutkan di sini untuk menggambarkan Anda bagaimana usaha ini bisa sukses dengan hanya berawal dari modal kecil. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

resep aneka puding cup untuk usaha, aneka puding cup untuk jualan, resep puding cup lucu, usaha puding, usaha puding cup rumahan, bisnis puding, resep puding cup murah meriah, resep puding cup untuk jualan, aneka puding cup lucu, bisnis puding cup
Bisnis Rumahan Modal Kecil, Usaha Puding Cantik | Hari Murti | 4.5

Komentar :