Bisnis Online Yang Menjanjikan, Bagaimana cara menemukan Ide Yang Tepat?

Bisnis Online Yang Menjanjikan, Bagaimana cara menemukan Ide Yang Tepat?

Bisnis Online Yang Menjanjikan, Bagaimana cara menemukan Ide Yang Tepat?

Di era serba internet seperti sekarang rasanya semua orang juga mengamini kalau bisnis online adalah salah satu jalur bisnis yang paling potensial. Tidak perlu dijelaskan panjang lebar apa alasannya, karena secara kasat mata saja terlihat kalau dengan model online, Anda membuka pasar yang puluhan bahkan ratusan lebih luas dari sekedar bisnis konvensional.

Tapi dari banyaknya usaha yang bisa Anda”online”kan, manakah ide yang paling tepat untuk menjadi bisnis online yang menjanjikan. Untuk menjawab pertanyaan ini saya akan mencoba berbagi sedikit wacana soal memilih ide yang tepat untuk bisnis online yang menjanjikan.

Untuk memilih ide, ternyata alih-alih menggunakan pertanyaan “apakah ide yang tepat?”, ternyata pertanyaan seperti “bagaimana menemukan ide yang tepat?” akan lebih baik untuk membantu Anda. Karena memang setiap ide sebenarnya bisa menjadi tepat, tergantung bagaimana Anda menemukan dan merealisasikannya. Atau kata tepat sifatnya sebenarnya personal.

Sebuah ide bisnis penjualan pakaian anak bisa jadi tepat untuk di jalankan Ibu Bayyinatin dari Tangerang dengan bisnis Permata Kids Wearnya. Namun ternyata ide serupa tidak bisa diadopsi mentah-mentah oleh ibu Yeni di Tulung Agung. Namun justru ide penjualan sprei branded lebih cocok untuk ibu Yeni jalankan dari rumah.

Apa pasal? Karena setiap personal memiliki karakter dan kondisi masing-masing. Di sini kebetulan lokasi ibu Bayyinatin dekat dengan sebuah pusat grosir pakaian termasuk pakaian anak berbagai kelas harga. Sedang ibu Yeni memiliki saudara yang bekerja di sebuah perusahaan produsen sprei merek ternama dan bisa membantunya mendapat stok produk sprei branded dengan harga grosir.

Berbeda lagi dengan pak Agung dari Semarang yang menjalankan usaha die cast online. Rasanya mustahil bagi beliau untuk menjalankan usaha fashion atau sprei dengan bisnis online. Tetapi minatnya yang tinggi akan die cast  membuatnya sangat piawai dengan produk ini dan memiliki cukup banyak kenalan dari komunitas penggemar die cast seluruh Indonesia. Melalui beragam forum di internet dia menyentuh pasar penggemar die cast seluruh Indonesia.

Kasus berbeda terjadi pada seorang mahasiswi jurusan sastra Inggris di Jogja bernama Defika yang kini menjalankan usaha online ghost writer bahasa Inggris. Dengan kemampuannya dalam penulisan berbahasa Inggris tentu saja ide ghost writer menjadi sebuah ide bisnis online yang menjanjikan yang cocok untuknya.

Nah dari rangkaian contoh di atas tadi, lantas apa saja yang harus Anda lakukan dalam menemukan ide bisnis online yang menjanjikan?

  1. Temukan potensi di sekitar Anda
    Ide memanfaatkan pasar grosir pakaian di dekat rumah atau memanfaatkan seorang kerabat yang bisa memberikan peluang stok persediaan dengan harga grosir adalah bentuk dari poin ini. Perhatikan apakah potensi yang ada di sekitar Anda yang bisa Anda gali sebagai ide bisnis.
  2. Temukan minat dan kebisaan Anda
    Seorang yang pandai dengan dunia IT, web desainer atau content writer bisa menjadi pilihan tepat juga untuk menjadi sebuah ide bisnis. Semakin unik minat dan kebisaan Anda, semakin baik pula untuk menjadi ide bisnis segar. Menjalankan bisnis dari hobi seperti menjalankan bisnis die cast karena hobi dengan die cast juga bisa Anda masukan dalam kategori ini.
  3. Perhatian potensi relasi Anda.
    Anda sangat rajin bergaul di dunia maya dalam forum, bisa dalam forum penggemar die cast, forum fotografi atau forum K-pop. Jangan hanya asyik masyuk berchit-chat disana, karena hubungan relasi di dunia maya juga bisa menjadi potensi bisnis. Anda bisa mencoba menjual beberapa lensa langka yang cukup sulit didapat di kota kecil, atau kaset DVD dari beragam serial Korea kegemaran.
  4. Temukan dari pasar
    temukan masalah di pasar dan berikan solusinya sebagai sebuah produk. Ide ini juga bisa lho Anda adopsi dalam dunia maya. Kembali ke media forum online, sosial media, atau beragam forum jual beli. Temukan kebutuhan pasar dari sana dan carilah produk yang bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Dari ide inipula kemudian ada bisnis afiliasi dengan mempromosikan produk dari sebuah forum jual beli. Ide bisnis ini berawal dari kebutuhan pasar akan informasi akurat mengenai sebuah produk dan kebutuhan penjual untuk mendapatkan testimoni positif  dari pihak ketiga yang  mampu mendongkrak penjualan.

Nah..jadi sebelum Anda memutuskan akan menentukan pilihan untuk bisnis online yang menjanjikan, jangan ragu untuk melakukan pengamatan dan temukan jawabannya di sana. -Tim Siap Bisnis-

Bisnis Online Yang Menjanjikan, Bagaimana cara menemukan Ide Yang Tepat? | Hari Murti | 4.5

Komentar :