Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan; Bisnis Rumah Makan Di Kawasan Jalur Antar Kota

Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan; Bisnis Rumah Makan Di  Kawasan Jalur Antar Kota

Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan; Bisnis Rumah Makan Di Kawasan Jalur Antar Kota

Kami sempat mengulas mengenai beberap potensi bisnis yang cocok untuk Anda kembangkan di lokasi strategis piggir jalan besar jalur antar kota. Salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan yang masuk dalam daftar tersebut adalah usaha rumah makan dan resto.

Baca juga: Membedah apa itu usaha spekulasi

Meski bisnis satu ini memang pada dasarnya tergolong bisnis kuliner yang menjanjikan dan tidak hanya terikat pada lokasi jalur antar kota, tetapi ada potensi besar yang layak Anda garap sebagai bisnis rumah makan ketika Anda memiliki sebuah ruang usaha dengan lokasi jalur antar kota. Tingginya trafik lalu lintas di kawasan ini menjadi salah satu alasan utamanya.

Tetapi menariknya para pengguna jalan di kawasan ini memiliki kebutuhan akan rumah makan dan resto setidaknya dua kali lebih tinggi dari pengguna jalan di kawasan lainnya. Setidaknya kemungkinan mereka untuk perlu singgah untuk mengisi perut dalam perjalanan sembari mengistirahatkan diri setelah penat dalam perjalanan lebih besar.

Apalagi bila Anda sudah bertemu dengan peak season dimana pengguna jalan bisa meningkat bahkan sampai lebih dari 5 kali lipat, misalkan ketika musim menjelang lebaran atau musim liburan akhir tahun. Jumlah pengunjung usaha kuliner Anda bisa turut meningkat berkali lipat, bahkan mungkin sampai Anda harus kewalahan.

Namun meski disebut bisnis kuliner yang menjanjikan, ada pula resiko yang mengancam Anda ketika musim liburan berakhir. Ketika kepadatan trafik menurun, maka mau tidak mau jumlah pengunjung bisnis kuliner ini turut susut. Malah tidak aneh kalau ada beberapa usaha kuliner yang hanya membuka usahanya di musim liburan saja dan menutup usaha sepenuhnya di luar musim liburan.

Lalu bagaimana bisa mempertahankan usaha resto atau warung makan ini tetap menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan hasil besar secara kontinyu? Tentu saja dengan beberapa solusi berikut ini.

  1. Bekerja sama dengan pelaku usaha bus atau travel
    jalin kerjasama dengan usaha travel atau bus malam supaya menjadikan lokasi resto Anda sebagai titik rest area mereka. Dengan begitu, setiap trafik kendaraan dari bus atau travel ini pasti akan berhenti di resto Anda dan mau tidak mau penumpangnya untuk menjadi konsumen Anda. Sediakan rest area memadai untuk supir dan awak bis supaya mereka bisa beristirahat dengan nyaman. Dan tentu saja sediakan ruang ibadah, ruang istirahat dan ruang makan yang sangat memadai menampung penumpang bus dan travel ini.
  2. Buka di dekat kantor agen
    Beberapa bus malam dan travel menggunakan jasa agency di kota-kota yang masuk dalam rute mereka. Anda bisa memilih membuka semacam rumah makan yang bersih dan disertai menu yang cukup enak dan murah meriah di dekat lokasi ini. Anda memancing calon penumpang yang sedang menunggu bis atau travel datang. Lengkapi dengan toko kelontong kecil yang menyediakan aneka jajanan untuk bekal perjalanan.
  3. Buka dekat pom bensin
    Satu lokasi pemberhentian favorit para traveler adalah pom bensin. Setidaknya di lokasi ini mereka bisa mengisi bahan bakar sembari istirahat dan mungkin menjalanan ibadah. Tak ada salahnya menambah fasilitas pom bensin dengan membuka sebuah resto atau rumah makan dengan harga yang terjangkau. Akan lebih sempurna kalau Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemilik pom bensin untuk bisa menempatkan resto Anda seakan terintegrasi dengan pom bensin.
  4. Lengkapi dengan beragam fasilitas
    Untuk menjadikan bisnis kuliner Anda menjadi laku di pasaran, Anda perlu membuat resto Anda juga bisa merangkap sebagai rest area dengan fasilitas one stop shoping. Jadi lengkapi resto Anda dengan masjid atau setidaknya mushola, toilet dan kamar mandi bersih dengan sanitasi memadai, area taman bermain anak, lokasi wifi, bahkan juga dengan rumah pijat. Tambahkan pula sebuah toko serba ada dengan menyediakan beragam kebutuhan perjalanan seperti obat darurat sampai sekedar jajanan bekal. Sempurnakan dengan membukanya di lokasi dekat penginapan dan tak jauh dari pom bensin. Ketika semua yang dicari para pengguna jalan tersedia di resto Anda alasan apa untuk mereka mencari yang lain?

Anda bisa lihat kan? Ada potensi besar dengan membuka bisnis kuliner yang menjanjikan ini diokasi jalur antar kota, tetapi untuk menghindari resiko ada beberapa langkah strategi yang akan memastikan bisis Anda menghasilkan secara kontinyu. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: keluargakubercerita.blogspot.com

Tag:

siapbisnis net kuliner, bis yg dibuat usaha, Bisnis kuliner di jalan lintas, Bisnis Rumah makan Bus, cara kerjasama bus dengan rumah makan, cara melakukan kerjasama rumah makan dg agen travel, mendirikan rumah makan bus, mendirikan Rumah makan di sepanjang pantura menjanjikan, peluang bisnis dekat jalur antar kota
Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan; Bisnis Rumah Makan Di Kawasan Jalur Antar Kota | Hari Murti | 4.5

Komentar :