Bisnis Kecil Yang Menguntungkan, Usaha Kue Bolu Pisang Dengan Omset Ratusan Juta

Bisnis Kecil Yang Menguntungkan, Usaha Kue Bolu Pisang Dengan Omset Ratusan Juta

Bisnis Kecil Yang Menguntungkan, Usaha Kue Bolu Pisang Dengan Omset Ratusan Juta

Bagi beberapa dari Anda yang berdomisili di kota Bandung, mungkin mengenal nama Tokyo Banana, sebuah toko kue dengan genre makanan berbahan pisang dan bentuk unik menyerupai pisang. Toko Tokyo Banana adalah satu contoh toko dengan modal bisnis kecil yang menguntungkan. Terbukti kini sang pemilik mencicipi sukses besar dari inovasi uniknya.

Adalah Riezka Rahmatiana, seorang wanita muda dari kota Bandung yang awalnya menjalankan usaha pisang ijo khas dari tanah Sulawesi. Ketika itu permintaan dari produk es pisang ijonya sudah mulai tinggi karena memang Riezka cukup piawai membuatnya.

Namun muncul permintaan di kalangan konsumennya mengenai penganan berbahan pisang namun tanpa kuah. Dari sinilah awal munculnya ide untuk membuat bolu pisang. Tetapi bolu pisang bukan penganan baru di dunia kuliner dan sebenarnya permintaan di pasar juga kurang memuaskan. Itu sebabnya Riezka sengaja melakukan inovasi dengan produk bolu pisangnya.

Riezka Sengaja mencetak bolu pisangnya menjadi berbentuk seperti pisang, lengkap dengan bentuk melengkung khasnya dan semburat hitam kecoklatan layaknya kulit pisang dengan menggunakan pasta cokelat. Hasilnya tentu saja sekilas bolu-bolu unik buatan Riezka ini secara kasat mata memang menyerupai pisang.

Ide orisinal ini sukses membuat konsumen penasaran dengan bentuknya yang berbeda dan unik. Apalagi inovasi Riezka tidak berhenti sampai di sana, Riezka juga membuat bolunya dalam aneka rasa seperti strawberry, durin, melon, cokelat, vanilla dan pisang ambon.

Untuk mendapatkan kualitas terbaik dan aman dikonsumsi, Riezka sengaja hanya menambahkan pasta alami khusus untuk mewarnai dan memberi rasa serta warna pada bolu. Setiap warna mewakili rasa dari bolu, seperti bolu warna merah muda untuk rasa strawberry sedang bolu warna kuning terang untuk rasa durian.

Riezka mengemas kue bolu uniknya ini dengan cara yang eksklusif. Yakni dalam kotak berukuran sedang yang berisi 6 buah kue bolu dalam aneka rasa lengkap. Dilengkapi dengan brand yang terpampang pada wadah, Tokyo Banana. Dengan kemasan cantik ini, kue bolu khas ini sangat cocok untuk bingkisan dan oleh-oleh. Mungkin itu sebabnya penjualan dari bolu pisang Tokyo Banana ini terus meningkat dan dengan cepat menjadi trend penganan baru khas Bandung.

Pada awal usahanya di tahun 2012, Riezka hanya mampu membuat dan menjual 20 kotak bolu pisang saja. Namun kini dalam sehari, dengan 170 reseller Tokyo Banana yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Papua. Dari seluruh cabangnya ini dalam sehari, Riezka bisa menjual setidaknya 200an kotak bolu pisang.

Untuk memenuhi target produksi, Riezka harus memperkerjakan 12 tenaga kerja di dapur besarnya di kawasan Bandung. Karena Riezka masih memusatkan produksi dalam satu sistem pengawasan tanpa berniat untuk membuka pabrik baru untuk sementara ini. Karena membuka pabrik baru di kawasan lain dikhawatirkan akan memberatkan biaya produksi.

Itupun sempat membuat Riezka putar otak mengingat permintaan yang tinggi hingga ke kawasan Indonesia Timur yang memaksanya harus mencari akal membuat kue bolu pisang buatannya lebih awet tanpa bahan pengawet. Dan inilah inovasi lain yang sukses dikembangkan Riezka dengan memproduksi kue bolu pisang yang mampu bertahan 10 hari tanpa pengawet buatan.

Dengan harga perkotak yang dibandrol dengan harga Rp 40 ribuan, maka dalam satu bulan tak kurang dari 240 jutaan masuk menjadi omset bagi usaha yang berawal dari bisnis kecil yang menguntungkan ini. Dengan margin sekitar 35 %, maka hasil dari bisnis kecil ini memang terbilang menggiurkan bukan?

Apalagi kalau Riezka sukses dengan rencana barunya untuk mengembangkan sayap bisnis kecil yang menguntungkan ini ke Singapura. Karena beberapa kali Riezka mendapat kunjungan dari konsumen asal Singapura yang datang berwisata ke Bandung. Mereka selalu memborong pesanan dalam jumlah besar dan menawarkan kerja sama untuk membuka reseller di Singapura. Hanya saja hingga kini, Riezka masih mencari tau teknik pengiriman yang sesuai dengan jarak tempuh jauh ini.

Dari sebuah usaha berskala kecil dan dana terbatas, kini Riezka menjadi salah satu pelaku usaha kuliner sukses di kota Bandung sekaligus menjadi salah satu maestro baru dunia kuliner Bandung. Inilah contoh nyata mereka yang sukses dengan bisnis kecil yang menguntungkan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis kue bolu, usaha bolu, usaha kue bolu rumahan, Usaha kue bolu, bisnis bolu, usaha bolu pisang, bisnis bolu pisang, usaha bolu rumahan, peluang usaha kue bolu, peluang usaha bolu
Bisnis Kecil Yang Menguntungkan, Usaha Kue Bolu Pisang Dengan Omset Ratusan Juta | Hari Murti | 4.5

Komentar :