Bingung Mau Usaha Apa? Coba Usaha Periklanan Yang Potensinya Masih Terbuka Lebar

Bingung Mau Usaha Apa? Coba Usaha Periklanan Yang Potensinya Masih Terbuka Lebar

Bingung Mau Usaha Apa? Coba Usaha Periklanan Yang Potensinya Masih Terbuka Lebar

Bingung mau usaha apa? Usaha periklanan mungkin satu dari banyak usaha yang seolah tidak ada matinya. Nyatanya banyak perusahaan yang hidup dari bergantung pada efektivitas iklan yang mereka suarkan di berbagai media. Melalui iklan masyarakat mengenal produk mereka, jasa mereka dan kemudian tertarik membeli. Semakin kerap mereka beriklan semakin akrab produk mereka di mata masyarakat dan semakin besar pula peluang mereka dalam mengembangkan usaha.

Itu sebabnya, ketika Anda bingung mau usaha apa, ide untuk membuka usaha periklanana rasanya bukan ide yang buruk sama sekali. Malah ada sederet potensi yang bisa Anda garap dan memberi Anda pundi pundi uang.

Usaha periklanan termasuk jenis usaha belakang layar. Konsumen dari usaha periklanan jelas berbeda dengan konsumen jasa atau produk consumer karena pasar dari produk periklanan adalah para produsen dari produk consumer. Dengan kata lain perusahaan dalam bidang periklanan tidak secara langsung bersentuhan dengan pasar sebenarnya, tetapi mereka harus menjadi yang paling memahami pasar, karena audience dari produk mereka adalah pasar.

Artinya perusahaan periklanan berdiri dalam dua pilar, pilar konsumen yakni para pelaku usaha dan audience yakni pasar dari para pelaku usaha. Berkenaan dengan hal spesifik inilah maka bila Anda memilih usaha periklanan sebagai jawaban dari pertanyaan “bingung mau usaha apa”, maka Anda pun harus menempuh beberapa langkah persiapan spesifik seperti :

  1. Pahami dulu bidangnya
    Modal utama dari bisnis periklanan bukan uang, melainkan teknik, kreativitas, kemampuan memahami pasar dan pengalaman. Banyak pelaku usaha yang sukses dalam bidang periklanan sebelumnya sudah mematangkan diri dalam bidang ini dengan join ke dalam agency periklanan yang sudah matang. Masa ini akan memberi Anda ilmu dan pengalaman yang mencukupi. Jangan takut untuk terus belajar dengan beragam literatur dan pengalaman yang berbeda.
  2. Timwork
    Usaha periklanan biasanya tidak digarap oleh perorangan tunggal Anda membutuhkan timwork dan justru ketika Anda berpikir mendirikan usaha periklanan hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah membentuk timwork yang mampu bersinergi antara kreativitas dan aktivitas di lapangan. Sinergi yang baik bukan sesuatu yang muncul instant jadi di awal Anda harus memahfumi keterbatasan dalam timwork
  3. Manajemen
    Timwork Anda bangun untuk berkreasi, dan jangan usik mereka dengan persoalan operasional, kepegawaian atau keuangan. Siapkan tim manajemen terpisah yang akan menjalankan roda manajerial usaha Anda. Tidak harus full tim, karena operasional manajerial usaha periklanan kecil kadang cukup dimotori 2 orang saja sudah cukup.
  4. Sumberdaya
    Sudah dengan timwork, Anda tidak lantas bisa menjalankan prose kreatif dengan lancar, kecuali Anda perusahaan besar dengan sumberdaya lengkap. Mulai dari tenaga desain, fotografer, model dan sebagainya. Untuk itu, perlu pula untuk Anda membangun jaringan koneksi dan suplai sistem untuk memastikan Anda mendapatkan sumber daya untuk proses kreatif Anda, tanpa perlu merekrut mereka secara permanen.
  5. Lokasi dan modal awal
    Sebuah usaha periklanan professional tetap membutuhkan ruang usaha walau tidak harus dalam ukuran besar. Karena sifatnya yang dinamis dan fleksibel, tidak mutlak Anda membuat kantor besar, toh tidak jarang aktivitas produksi justru dijalankan di luar. Tetapi kantor akan memberi citra baik dihadapan calon klien, menjadi markas Anda menjalanakn kerjasama dan kesepakatan dan tentu saja tempat koordinasi yang sehat. Itu artinya Anda butuh modal awal untuk ruang usaha dan segala peralatan dan perlengkapannya.
  6. Pemasaran
    Langkah terakhir adalah pemasaran dari jasa pembuatan iklan. Anda harus peka dengan setiap peluang yang dilempar ke pasar, karena seringnya iklan dilemparkan sebagai proyek. Untuk itu, ada baiknya libatkan tim produksi dalam proses marketing untuk membangun konsep presentasi yang efisien dan tepat. Selalu persiapkan riset awal sebelum Anda menyiapkan satu paket pemasaran pada sebuah perusahaan atau penawaran kerjasama karena dengan begitu Anda bisa menawarkan iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan calon klien. Camkan bahwa kepuasan klien adalah ketika iklan Anda mampu mencuri perhatian pasar dan membuat image dan pesan yang ingin mereka sampaikan ke pasar tersampaikan dengan sempurna.

Artikel lainya: Investasi terbaik

Dan siapkan Anda bertarung dalam dunia persaingan usaha periklanan? kenapa tidak Anda sudah siap dengan semua amunisinya bukan? Jadi tidak bingung mau usaha apa lagi kan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis periklanan, usaha periklanan, bisnis advertising, usaha advertising, bisnis iklan, usaha iklan, cara bisnis periklanan, peluang usaha periklanan, usaha di bidang periklanan, jenis usaha advertising
Bingung Mau Usaha Apa? Coba Usaha Periklanan Yang Potensinya Masih Terbuka Lebar | Hari Murti | 4.5

Komentar :