Berkenalan Dengan Berbagai Manfaat Dan Khasiat Kunyit Putih

Manfaat dan khasiat kunyit putih – Kebanyakan orang mengenal Kunyit berupa herbal atau bumbu dapur jenis umbi dengan warna kuning jingga dengan rasa dan aroma khasnya. Tak ada yang mengelak manfaat kunyit sebagai bumbu dapur yang menghadirkan sajian dalam warna kekuningan yang menggoda lengkap dengan aroma khasnya. Tak ada pula yang akan mengelak dari manfaat dan khasiat kunyit putih sebagai salah satu herbal dengan efek penyembuhan yang cukup lengkap.

Berkenalan Dengan Berbagai Manfaat Dan Khasiat Kunyit Putih

Berkenalan Dengan Berbagai Manfaat Dan Khasiat Kunyit Putih

Tetapi tahukah Anda mengenai manfaat dan khasiat kunyit putih? Tanaman satu ini ternyata memiliki banyak khasiat dan tak berbeda jauh dengan sepupunya kunyit kuning biasa. Keaiaibannya terletak pada kandungan lendir di dalamnya yang terbukti membuat khasiat kunyit putih bisa bekerja dua kali lebih kuat dengan beberapa khasiat tambahan lainnya. Lendir ini pula yang membuat bila Anda merebus kunyit putih maka air rebusannya akan terkesan kental.

Tanaman ini bahkan memiliki bentuk yang berbeda dengan kunyit kuning yang biasa Anda kenal, meski namanya dikatakan sebagai kunyit putih. Ada beberapa gumpalan dengan surai tipis yang mengaitkannya dengan bonggol umbi. Warnanya keputihan dengan sedikit lendir dan memiliki aroma khas yang berbeda dari kunyit kuning.

Ini pula yang membedakannya dengan temu mangga. Temu mangga justru sekilas memiliki tampilan yang lebih mirip kunyit biasa. Hanya daging akarnya berwarna putih kekuningan dengan aroma buah mangga lembut yang tercium. Kadang orang sering keliru dan mengira kunyit putih sebagai temu mangga, karena menyamakan bentuk kunyit biasa.

Ini karena sebenarnya menurut pandangan biologi kunyit putih justru lebih dekat dengan kencur ketimbang dengan kunyit kuning itu sendiri. Malah temu mangga yang memiliki kedekatan secara biologi dengan kunyit kuning.

Apa yang menjadi andalan dari manfaat dan khasiat kunyit putih yang dalam masyarakat jawa dikenal pula dengan nama temu rapet ini? Rupanya salah satu rahasianya terletak pada kandungan senyawa unik antilipid peroksida.

Senyawa ini merupakan jenis antioksidan yang ampuh menetralkan toksin dan racun dalam tubuh. Sangat baik sebagai antioksidan yang akan bekerja super aktif, sehingga baik untuk membantu mengatasi masalah terkait asam urat, ginjal, hati dan masalah pembulu darah.

Bahkan kemampuannya menyerap racun juga efektif membantu Anda mengatasi racun yang menyebabkan Anda mengalami diare hebat. Bekerja sama efektifnya dengan karbon bahkan lebih efektif dari karbon dalam menyerap racun.

Sifatnya dalam menetralisir toksin, membuatnya bisa bekerja pula untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Karena kelebihan gula dalam darah bisa diterjemahkan sebagai toksin karena sifatnya yang tak lazim berada dalam darah dengan jumlah besar. Itu sebabnya sebaiknya Anda juga tetap mengendalikan konsumsi kunyit putih atau justru Anda mengalami hipo glikemik.

Keluhan keputihan juga bisa diatasi dengan kunyit putih. Karena kebanyakan kasus keputihan sebenarnya adalah reaksi normal tubuh terhadap adanya benda, kandungan asing dalam area genital yang menyebabkan tubuh bereaksi. Kandungan kunyit putih akan menetralisir kandungan asing dalam area ini.

Karena itu, sebaiknya hindari konsumsi kunyit putih ketika Anda sedang hamil. Karena kunyit putih akan membahayakan janin dalam kandungan karena bisa meningkatkan resiko keguguran. Kunyit putih bisa mendorong tubuh menganggap janin sebagai benda asing oleh tubuh.

Rahasia lain adalah kandungan ribosome inactivating protein yang ternyata memandulkan sel abnormal yang sudah mengalami mutasi gen. Sangat cocok untuk mematikan sel kanker sehingga tak mampu lagi tumbuh dan berkembang. Selain itu senyawa unik ini juga mencegah pembentukan sel mutasi baru sehingga mencegah pembentukan kanker baru pada sisi organ lain.

Keberadaan janin dalam tubuh, bisa dianggap sebagai sel bermutasi karena sifatnya yang berbeda dengan sel lain dalam tubuh Anda. Konsumsi kunyit putih akan membuat janin berhenti berkembang dan merusak perkembangan selnya.

Selain itu, karena sifat anti toksinnya yang kuat, hindari mengkonsumsi kunyit putih bersamaan dengan pengobatan lainnya. Pastikan Anda memberi jeda setidaknya 2 jam untuk menghindari kandungan senyawa dalam obat jsutru malah diserap habis oleh kunyit putih.

Baca juga : Manfaat dan khasiat jeruk nipis

Itulah tadi sedikit perkenalan dari manfaat dan khasiat kunyit putih untuk Anda. Sebelumnya, pahami perbedaan kunyit putih dengan temu mangga, karena keduanya kerap tertukar satu sama lain, sebelum Anda melakukan terapi kunyit putih. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.manfaat.co.id

Tag:

apa perbedaan kunyit kuning dengan kunyit putih, beda kunyit putih dan kuning, kunyit putih racun, perbedaan kunyit kuning dan kunyit putih, perbedaan kunyit kuning dan putih, perbedaan kunyit putih dan kuning, perbedaan manfaat kunyit putih dan kunyit kuning
Berkenalan Dengan Berbagai Manfaat Dan Khasiat Kunyit Putih | Hari Murti | 4.5

Komentar :